Sunday, May 31, 2020

Membuat Bunga Mawar dari Pita

Jaman sekarang, banyak banget cara yang bisa dilakuin untuk menunjukkan kasih sayang pada orang-orang terdekat. Selain bertemu atau mengunjunginya, serta menelepon untuk sekedar menanyakan kabar, kita juga bisa memberikan hadiah pada orang-orang terdekat kita. Salah satu hadiah yang pernah aku kasih ke temenku adalah buket bunga mawar buatanku sendiri. Yap, kalo kalian liat di blogku ini, aku beberapa kali bikin postingan tentang scrapbook dan scrapframe buatanku. Aku emang lebih seneng ngasih kado buatan sendiri ke temen. Menurutku, kado yang dibikin sendiri lebih ngena di hati. 

Kalo aku pribadi dapet kado buatan temen, ngerasa terharu aja gitu karena tau doi niat banget bikin sesuatu buat aku. Kado yang dibikin sendiri itu melalui tahapan yang panjang dimulai dari mencetuskan ide, nyiapin alat bahan, bikin, sampe bener-bener jadi. Waktu yang dibutuhin juga gak sebentar. Pokoknya orang yang bikinin kado buat kita, pasti udah merelakan waktu, tenaga, uang, dan pikiran buat ngasih kita sesuatu. That's why aku juga pengen ngasih sesuatu yang bermakna buat temen.

Sayangnya dilemanya adalah, kadang kado yang dibikin sendiri itu gak berguna-berguna banget. Yaaa coba aja panci teflon atau diffuser dibandingin sama hiasan dinding lebih bermanfaat mana? wkwkwk. Tapi gak apa, berdoa aja supaya kita bisa kasih panci teflon dan hiasan dinding secara bersamaan biar kadonya bermanfaat dan ngena di hati. Nah, biar gak bosen, kali ini aku mau ceritain gimana caranya bikin bunga mawar dari pita kain. Nantinya, bunga-bunga ini bisa kalian susun biar jadi buket bunga mawar kaya gini nih. Ini cuma contoh ya gais kalian bisa buat yang jauh lebih bagus lagi ehehehe.
Buket bunga mawar
Selain dari pita, kita juga bisa bikin bunga mawar itu pakai kertas spektra yang dipotong memanjang seperti pita. Bunga-bunga mawar yang ada di scrapframe paper quilling buatanku sama kaya bunga mawar dari pita yang mau aku ceritain ini. 

Bahan dan alat yang perlu disiapin:
- Pita berwarna sesuai selera
- Lem tembak beserta alatnya
- Kawat untuk tangkai bunga
- Gunting

Alat dan Bahan
  • Langkah pertama adalah ambil dan tekuk bagian ujung pita, sehingga hasil tekukannya berbentuk segitiga kayak yang ada di gambar ini. Setelah ditekuk jangan lupa dilem pakai lem tembak biar gak gampang lepas.
Tekukan pertama
  • Selanjutnya, tekuk lagi bagian ujung pita namun cara tekuknya berkebalikan dengan tekukan sebelumnya. Kalo bingung, liat gambar yang ada di bawah ini. Setelah ditekuk, jangan lupa lem.
Tekukan kedua
  • Lem bagian ujung kawat untuk tangkai bunga. Sebelum lem kering, tempel bagian paling ujung pita (tekukan pertama) ke ujung kawat, lalu gulung mengelilingi kawat hingga bagian pita yang sudah ditekuk habis.
Lem bagian ujung kawat
  • Kalau bagian yang sudah ditekuk habis, buat tekukan ketiga yang berkebalikan dengan tekukan pertama. Gulung lagi pita hingga tekukan tersebut habis.
Gulungan pita di kawat
  • Langkah selanjutnya berulang (buat tekukan yang berkebalikan dengan tekukan sebelumnya dan gulung mengelilingi kawat) sampai besar bunga mawar sudah sesuai keinginan kita.
  • Kalau besar bunga mawar sudah sesuai keinginan kita, hentikan membuat tekukan baru, gunting ujung akhir pita, dan lem di bagian pita yang lain. Taraaa! bunga mawar sudah jadi!
Hasil bunga mawar
Sayangnya aku gak ambil gambar ketika proses membuat tekukan dan proses menggulung hingga bunga mawar menjadi besar karena susah. Oh iya, kalau lebar pitanya kecil, nanti hasilnya kaya mawar yang ada di buket bunga yang ada di gambar pertama postingan ini. Kalau pitanya lebih lebar, hasilnya lebih bagus kaya bunga mawar di gambar di atas/ gambar paling akhir. Semoga membantu menginspirasi wkwkwk. 

14 comments:

  1. Beautiful roses.
    It is a very good idea to give as a present hand made flowers.
    Have a nice week :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thank youu. Yea i've given it to my friend 😉

      Delete
  2. Bagus sekali bunga mawarnya mbak, apalagi warnanya pink. Bahannya juga cukup mudah didapatkan, tapi khusus lem tembak disini nyarinya agak susah.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang kalo di mana2 ga nemu, andalannya adalah toko onlineee ehehe

      Delete
  3. Kalau bikin gini sih bisa dibuat bisnis juga, Mbak. Aku masih ingat dulu cari-cari penjual kerajinan bunga gini buat kenang-kenangan di acara sidang atau wisudanya temen. Dan di saat event-event itu, sepertinya kerajinan bunga kyk gini banyak banget dicari soalnya lebih awet daripada bunga beneran. Jadi bisa disimpan deh, buat kenang-kenangan supaya walaupun sudah terpisah jarak mereka gak lupain kita.🤭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul juga ya mbak Roem, jadi bisnis pasti banyak peminatnya, apalagi di event seperti wisuda.😃

      Delete
    2. Iya bener sih, dari dulu pengen coba jualin ginian tapi entah kenapa jiwa entrepreneur saya gak muncul 😂

      Delete
  4. Bunganya cantiik bangeeett....
    Ini mah secial gift, mbak. Yang nerimanya pasti sangat happy...

    ReplyDelete
  5. Mba, kreatif sekaliiiii :D wahhh, pasti nggak mudah buatnya ~ butuh efforts hihi. Ayo semangat buatnya mba, siapa tau bisa jadi bisnis seperti yang mba Roem bilang, saat momen momen wisuda pasti ada saja yang cari kado sesuatu yang unik (bahkan mungkin kado seperti ini lebih laris daripada teflon untuk teman mahasiswa/i) ehehehehe :3

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya ya kalo buat mahasiswa wkwk kalo sengkatan saya sih sekarang lebih menarik teflon mba 😂 saya sudah baca komentarnya mbaa ehehe udah paham sekarang 😂

      Delete
  6. Keren sekali hasil akhir bunga pitanya.
    Cakep kombinasi bunga merah dan hitam begitu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang di gambar warnanya cokelat mas 😂😂😂

      Delete
  7. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete