Wednesday, May 20, 2020

Scrapframe : Paper Quilling untuk Kado Pernikahan

Setiap orang punya hobi masing-masing. Sebenernya aku juga gak ngerti-ngerti banget hobiku itu apa, ya karena aku suka ngelakuin banyak hal. Kadang aku suka baca novel, kadang nonton film, ngatur-ngatur template di blog juga gak jarang bikin aku bahagia hahahaha. Hobi lain yang masih aku lakuin sampe sekarang adalah bikin scrapframe. Kalo dulu-dulu aku selalu bikin scrapframe dengan teknik full paper quilling, sekarang antara lebih canggih atau lebih mager, aku gak full pake teknik paper quilling.

Hasil scrapframe
Kali ini aku bakal certain gimana caranya bikin scrapframe pake cara campuran. Hmmmm bingung juga nyebutinnya. Gambar dasarnya aku bikin pake Corel Draw, biar ada kesan timbul otomatis pake teknik gunting tempel juga dong, trus ada bagian yang aku bikin pake teknik paper quilling. Aku juga pake hiasan tambahan yang beli via ecommerce, jadi kayak waktu bikin scrapbook dulu. Gambar di atas adalah contoh bentuk jadinya yaaa. Ceritanya ini hasil bantuin temen bikin kado nikahan buat temennya. Jadi berasa pigura seserahan sih wkwkwkw.

Gimana cara bikinnya?
Yang harus kalian siapkan adalah,
  • Kertas buffalo atau manila warna putih, lebih baik manila karena buffalo ada sedikit corak-coraknya biasanya.
  • Printer
  • Hiasan akrilik (tulisan Bismillah dan replika emas)
  • Gunting, lem, selotip, double-tape timbul, jarum quilling
  • Kertas spektra yang udah dipotong-potong lebar 0,5 cm
  • Pigura
Kalo kalian udah nyiapin alat dan bahannya, kalian bisa mulai dengan cari gambar dasarnya. Jadi gambar bunga-bunga di sela-sela frame warna emas itu aku gak bikin sendiri. Boleh kalian bikin sendiri, tapi ribet. Jadi aku pilih buat cari gambarnya di internet dan edit sebagian aja. Kalo kalian cari di google, banyak gambar-gambar semacam itu. Tapi kadang ukurannya kecil, jadi kalo diprint kadang pecah gambarnya. Nah maka dari itu, aku cari yang bisa diedit pakai corel. 
Salah satu website yang menyediakan gambar editable semacam ini adalah Freepik. Gampangnya, cari aja di google pake kata kunci berakhiran Freepik. Di sini aku contohin pake kata kunci “Flower Wedding Invitation Freepik”, maka yang muncul adalah semacam ini.
Hasil pencarian di google
Setelah kalian pilih gambar yang paling oke menurut kalian, klik aja sampai masuk ke website Freepik-nya. Di website itu, cari tulisan download terus tinggal download aja. Sayangnya, di Freepik ini gak semua gambarnya bisa didownload. Sebagian (dan yang bikin kesel adalah gambar yang bagus-bagus) gak bisa didownload alias kita harus jadi member premium dan bayar buat gambar itu.
Website Freepik
Hasil download-an Freepik ini ada dalam folder berformat .zip dan di dalam folder itu ada beberapa file. Seinget aku, biar bisa diedit pake corel, yang dipakai adalah file dengan format .eps. Aku gak edit banyak sih, cuma nambah bunga nya pake cara copy-paste, ganti tulisan nama, tanggal, dan pesan-pesan aja. Kalo udah tinggal di export aja gambarnya, terus tinggal diprint gitu. Jangan lupa print dua kali, karena yang satu bakal dipake buat ngasih kesan timbul.
Jadi gunting aja bunga, dan bagian tanggal serta pesan-pesannya, lalu tempelin double-tape timbul di balik kertas, baru ditempel di gambar full-nya. Nah, ada lagi nih. Biar bunga-bunganya keliatan mengkilat kayak pake kertas sticker, sebelum gunting, aku tempelin dulu pake selotip, setelah itu baru ditempelin ke gambar full-nya.
Hasil print dan gunting
Untuk hiasan tulisan Bismillah dan replika emas, temen aku sih yang beliin via ecommerce. Cari aja pake kata kunci “Bismillah akrilik” dan “Replika emas batangan” kayak gini nih. Hiasannya udah siap tempel, kita cuma tinggal lepasin plastik di baliknya, biar perekatnya bisa berfungsi dan hiasan bisa menempel dengan baik.
Hasil pencarian replika emas batangan
Hasil pencarian tulisan Bismillah akrilik
Kalo printilannya udah semua, tinggal ngisi bagian namanya. Di sini teknik paper quilling aku pake buat ngisi tiap huruf-hurufnya aja. Sisanya aku cuma nempelin kertas spektra 0,5 cm dengan posisi berdiri. Di sinilah kesabaran kalian bakal bener-bener diuji hahahaha. Pertama, bikin bagian luar dari hurufnya aja kaya gini.
Hasil membuat bagian luar huruf
Kalo udah, isi tiap hurufnya dengan teknik yang sama. Setelah diisi jadinya kaya gini. Aku sih lebih suka bikin tulisannya dulu, baru tempel-tempel bagian lain. Tapi itu tergantung masing-masing orang, sesuai selera aja gitu. Setelah jadi, tinggal dimasukin aja ke pigura yang udah dibeli. Jangan sampe salah ya, cari pigura yang 3D. Cari aja pake kata kunci “pigura seserahan” atau “pigura mahar”, hmmm harganya jelas lebih mahal dari pigura biasa.
Hasil mengisi bagian tengah huruf
Kalo dijelasin singkat juga ya, tapi bikinnya harus sediain stok kesabaran sebanyak-banyaknya. Butuh kerapian dan ketelitian biar lem-nya gak ke mana-mana. Percaya gak percaya, cuma segini penjelasannya ehehehe sekarang giliran kalian untuk mencoba. Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment