Wednesday, May 20, 2020

Membuat Variasi Bunga dengan Teknik Paper Quilling

Buat bikin scrapframe, scrapbook, atau karya sejenisnya, kalo pakai paper quilling, pasti aku bakal butuh bunga atau daun sebagai hiasan. Seringnya aku bikin langsung banyak biar pas dibutuhin aku bisa langsung pake, gak harus bikin-bikin dulu. Jadi kaya bikin stok gitu, gini nih.

Stok bunga dengan paper quilling

Di blog ini aku pernah bikin tutorial ala-ala cara bikin bunga pakai teknik paper quilling. Ternyata setelah aku baca-baca lagi, jadinya agak jijik sama tulisan sendiri hahaha. Tapi tulisan seadanya itu masih bisa dibaca dan diikuti kok gais jadi aku merasa kurang perlu buat ngedit ulang alias sebenernya mager. Meskipun sebenernya butuh usaha ekstra buat memahaminya kayanya sih wkwkw.

Kali ini aku bakal jelasin cara bikin bunga pakai teknik paper quilling lagi, jenis bunganya antara serupa tapi tak sama kalo dibandingin dengan bunga yang sebelumnya. Bunga kali ini punya dua lapis mahkota. Bentuknya kaya bunga melati yang mahkotanya banyak tapi bagian tengahnya gak bolong.

Kalo dipersingkat, aku bisa bilang, dari bunga yang sebelumnya, kita tinggal buat satu lagi dengan ukuran yang lebih besar. Setelah itu kedua bunga ditempelkan dengan posisi yang berbeda, voilaaa jadi deh. Gak, gak, tapi aku akan sedikit lebih niat menjelaskan dengan contoh gambar seadanya.

Bahan yang diperlukan?

Sama kaya yang aku jelasin disini.

Untuk mempermudah, sebaiknya kalian ingat-ingat teknik dasar paper quilling seperti yang ada pada gambar di bawah ini. 

Teknik dasar paper quilling

Nah untuk membuat bunga melati ala-ala ini, yang dibutuhkan adalah bentuk gulungan padat tertutup dan gulungan longgar tertutup. Kita cukup buat gulungan padat tertutup sebanyak satu buah, dan gulungan longgar tertutup sebanyak 10 buah (dengan keterangan, 5 untuk ukuran besar dan 5 untuk ukuran kecil).

Gulungan tertutup bisa disebut gulungan 3, gulungan kecil bisa disebut gulungan 1, dan yang besar disebut gulungan 2. Keterangannya ada di gambar berikut.

Jenis gulungan yang diperlukan

Setelah 11 gulungan tadi selesai dibuat, tekan bagian tengah gulungan 1 dan gulungan 2 agar bentuknya menjadi seperti gulungan 4.

Sebanyak 5 buah gulungan 4 yang berukuran sama, di lem bagian ujungnya sehingga menjadi bentuk bunga nomor 5. Lakukan hal yang sama pada 5 buah gulungan 4 yang lain, jadi sekarang ada 2 buah bunga nomor 5.

Bunga nomor 5

Tempelkan gulungan 3 di bagian tengah bunga nomor 5 (yang ukuran kecil) sehingga menjadi bunga nomor 6.

Bunga nomor 6 dan 7

Tahap terakhir, tempelkan bunga nomor 6 dengan bunga nomor 5 (ukuran besar) sehingga menjadi bunga nomor 7 atau yang tadi udah kusebut dengan bunga melati ala-ala.

Gampang kan gais? Selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment