Monday, July 23, 2012

INFO DARI TWITTER: Singkatan di Dunia Kedokteran

Rusuh di twitter lagi! Entah kenapa jam onlen-ku itu jam-jam rusuh. Hmm, nggak sengaja baca di timeline. Kalo baca, liat, denger, kata "MUNAFIK" itu sekarang rasanya jleb banget. Yaaa mungkin bukan buat aku, tapi aku peka banget sama itu kata. Speechless sampe. #3kata: Aku nggak munafik :'( 
Yaudah yaudah dari pada ngomongin munafik yang nggak jelas itu, mendingan aku bagi info aja deh ke kalian. Nggak sengaja baca tweetnya @ko_ass. Adminnya lagi ngadain kuis gitu. Lumayan loh buat pengetahuan, terutama yang mau jadi dokter biar nggak cupu-cupu banget. Nih pertanyaannya:
  1. Apa kepanjangannya BNO?
  2. Apa kepanjangannya IVP?
  3. Apa kepanjangannya OK?
  4. Apa kepanjangannya VK?
  5. Apa kepanjangannya STOVIA?
Jawabannya dateng 30 menit kemudian. Tapi kalian tenang aja aku nggak akan nyuruh kalian nunggu. Langsung ada nih jawabannya:
  1. BNO: Blass Nier Oversich, yang artinya foto abdomen. Bukan Blast, bukan Blash, bukan Oversicht, bukan Overzicht.
  2. IVP: Intra Venous Pyelography, pemeriksaan radiografi pada sistem urinaria dengan menyuntikkan zat kontras melalui vena. Bukan Pyelogram.
  3. OK: Operatiekamer (Bahasa Belanda) yang artinya Ruangan Operasi. Bukan Operation, bukan Kamar.
  4. VK: Verloskamer (Bahasa Belanda) yang artinya Ruang Bersalin. Bukan Verlosskamer, bukan Verloskramer apalagi Vagina Kamar.
  5. STOVIA: School tot Opleiding van Indische Artsen (Sekolah Pendidikan Dokter Hindia) yang merupakan cikal bakal FKUI.   
Abis itu aku sengaja buka-buka google. Yaa siapa tau ada singkatan-singkatan lain. Ternyata emang ada lho.Nih kalian click sini aja
Nah ini, aku kasih tau judulnya deh, baca ya, lucu, aneh juga, pengetahuan lah yang penting. "BH Berasal dari Kata Belanda".
YOU SHOULD READ IT!
Kadang aku takut juga, udah banyak cari tau tentang fakultas kedokteran eeh besok endingnya gak jadi masuk FK. OMG Jangan peliiis--" Doain masuk ya ya ya???

No comments:

Post a Comment