Sunday, September 16, 2018

Small World Purwokerto vs DeVoyage Bogor, Which One?

Normalnya manusia, pasti pernah merasakan stress. Tugas kuliah numpuk, kerjaan gak beres, masih harus ngurus keluarga (bagi yang udah punya), belum lagi kalo ada masalah sama dosen, sama atasan, masalah sama temen, sama keluarga, or something like sepet liat tetangga yang suka nyinyir, temen yang suka komentar ih mukanya kenapa dah kaya parutan kelapa banyak gitu jerawatnya, terus sodara yang berisik nanya kapan lulus? Kapan nikah? Ih suaminya kok jelek sih nemu di mana? Kapan punya anak? Kapan nambah anak? Kerja di mana ih gajinya kok cuma segitu? Kuliah lagi? Buat apa paling juga kaga kepake… hahaha ya gitu kan kira-kira permasalahan umat di dunia ini? Kalo cuma sekali dua kali gitu sih ga masalah ya, tapi kejadian yang aku sebutin di atas tuh pasti berulang-ulang kali terjadi entah sama orang yang sama, entah beda. Kalo udah kaya gini, pasti rasanya pengen kabur ke manaaa gitu. Eh ini kok seperti aku… sedang curhat sih wkwkwk.
Sebenernya aku bukan tipe-tipe orang yang suka travelling sih. Tapi aku suka main, sama temen. Jadi momen yang aku buat adalah pertemuan dengan teman-temanku. Artinya aku gak peduli tempatnya di mana asal ketemu kamu aku oke, eaaa wkwkw. Walaupun kadang juga bosen dan akhirnya memutuskan untuk mencari destinasi yang lebih oke sih, tapi itu jarang.
Ceritanya, minggu lalu aku baru aja main ke tempat wisata yang bisa dibilang masih baru, di daerah Bogor, Jawa Barat. Tempat ini namanya “DeVoyage”, aku kurang paham sih alamat lengkapnya di mana tapi yang jelas tempat ini deket sama tempat wisata “The Jungle Water Adventure”. Kemaren aku sama temen-temen ke sana naik kereta commuter dari stasiun Pondok Cina terus turun di Stasiun Bogor. Jarak DeVoyage dari stasiun Bogor kira-kira 7 km lah jadi kita pilih order taksi online karena ga terlalu mahal juga jatuhnya. Kalo mau naik angkot, setau aku ada, karena waktu ke sana banyak angkot yang lewat di depan tempat wisata itu, tapi aku kurang paham juga sih.
Berhubung aku ke sana hari Senin yang artinya bukan hari libur, jadi tempat wisata itu ga terlalu rame. Cucok sih secara DeVoyage itu tempat buat selfie sama foto-foto, bayangin aja kalo ke sana hari libur atau weekend, mau foto udah keburu keringetan dulu gara-gara nunggunya lama. Pertama masuk ke tempatnya, langsung kerasa banget sih kalo tempat itu emang didesain agar suasananya ke-eropa-eropa-an gitu deh. Secara keseluruhan, kalo boleh aku bilang, tempat itu adalah taman. Yep, taman yang kalo kita foto di sana berasa lagi liburan di eropa.
Di bagian paling depan tempat wisata ini ada tulisan DeVoyage dengan tagline nya “Holiday, Selfie, and Foodies”. Biasa aja sih sebenernya, tapi kalo ga foto di depan situ kaya ga afdhol aja gitu, karena tulisan DeVoyage seinget aku emang cuma ada di situ. Masuk dari bagian paling depan, kita ketemu parkiran sama café, parkiran ada di sebelah kiri sementara café nya ada di sebelah kanan. Sebelum pintu masuk kita kaya udah dikasih spot buat foto, tapi aku ga terlalu suka sih jadi ga usah lah diupload hehehe.

Gambar: Pintu Masuk Utama DeVoyage 

Sama seperti tempat-tempat wisata lain (walaupun ga semua sih), di DeVoyage ini kita ga boleh bawa masuk makanan ataupun minuman. Jadi minuman yang udah kita bawa bisa dititipin ke tempat penitipan barang dekat loket. Sedih ga sih gagal total usaha pengiritan ini huff. Nah, setelah bayar tiket masuk, kita baru boleh masuk ke area utama DeVoyage (yaiyalah masa ga bayar, penting banget ga sih penjelasan satu ini wkwkw). 
Ketika pertama masuk, pasti yang pertama kita liat adalah miniatur menara Eiffel. Aku sebutnya miniatur ya karena ukurannya lebih kecil dari aslinya. Kalo replika itu ukurannya sama persis, gitu sih setau aku. Ini adalah salah satu spot foto yang tidak boleh ditinggalkan, tapi spot foto paling oke di tempat ini adalah di dekat sungai buatan yang banyak perahu khas eropa, hmm italia setauku. Tapi itu bukan perahu gondola khas Venesia sih, tapi apa ya duh ga ngerti namanya. Atau pemilik DeVoyage niatnya bikin gondola tapi gagal? *mikir keras*. Nah, spot ketiga paling oke di tempat ini adalah foto di depan gedung-gedung atau rumah bergaya khas eropa. Udah deh, intinya tempat ini cuma 3 spot itu hahahaha. Yaaa tapi gedung-gedung atau rumah di sana dibuat banyak sih jadi bisa deh pilih-pilih gedung yang paling eropa banget di mana. Di sana, ada beberapa gedung untuk wahana permainan yang kalo kita mau masuk harus bayar dulu. Berhubung aku dan temen-temen lagi kere jadi kita memutuskan buat ga masuk ke sana.

Gambar: Miniatur Menara Eiffel

Gambar: Sungai dan Perahu Ala-ala Eropa 

Gambar: Gedung-gedung ala Eropa

Ceritanya kita lebih pilih makan di sana karena udah laper pake banget, tambah dehidrasi karena panas. Aku pikir makan di sana bakal mahal banget kaya di tempat wisata lain. Tapi ternyata satu porsi chicken katsu dihargai Rp 25000, berhubung aku sangat dehidrasi, aku pesen dua minuman, satu botol Fruit tea seharga Rp 10000 dan es cokelat seharga Rp 20000. Kalo fruit tea standar lah ya botolnya, tapi es cokelatnya gelasnya gede dan enak kok, jadi ga nyesel-nyesel banget lah makan di sana. Meskipun itu juga ga bisa dibilang murah tapi setidaknya mahasiswa kere masih mampu lah. Kalo ditotal, pengeluaranku ke DeVoyage ini ga sampe Rp 100.000 gais. Rinciannya yaitu KRL pp Rp 8000, taksi online pas berangkat Rp 33000, pas balik Rp 26000, tiket masuk DeVoyage weekday Rp 25000 (kalo weekend Rp 35000), tambah makan minum. Karena bareng temen, bayar taksinya jadi patungan gitu, ehe.

Gambar: Suasana Ala-ala Eropa

By the way, miniatur menara Eiffel yang ada di DeVoyage ini mengingatkanku sama tempat wisata lain yang ada di Purwokerto, Jawa Tengah. Namanya Small World. Keduanya sama persis merupakan tempat yang cocok buat foto-foto. Bedanya sama DeVoyage, Small World ini isinya miniatur bangunan-bangunan terkenal yang ada di dunia ini, jadi ga cuma eropa. Menara pizza, koloseum, gedung opera di Australia, Taj Mahal, menara Eiffel, Windmill Belanda, Rumah Jepang dan China (seinget aku), patung liberty di Amerika, sampe dengan Monas juga ada di sana. Tapi seingetku candi Borobudur belum ada sih. Sayangnya aku ga bisa cerita banyak soal Small World karena aku pergi ke sana bulan Januari 2017, udah satu setengah tahun lebih kan ya. Tiket masuk Small World waktu itu Rp 20000 saat weekend, dan Rp 15000 saat weekday.

 Gambar: Miniatur Rumah Tradisional Jepang, hmm atau Cina? Korea? Jepang kali ya...

 Gambar: Miniatur Patung Liberty

 Gambar: Miniatur Rumah Tradisional Cina, kali ya? wkwkwk

Gambar: Miniatur Menara Eiffel

Menurutku, Small World ini lebih menarik dibanding DeVoyage karena spot fotonya banyak dan berbeda-beda. Kalau DeVoyage karena konsepnya village yaaa isinya cuma gedung-gedung yang antara satu sama lain cuma beda dikit. Paling dibedain di warna, bentuk atap, dan jendelanya aja sih. Alhamdulillah aku masih ada fotonya biar kalian bisa membandingkan. Jadi buat kalian yang jauh dari Bogor, Small World ini bisa jadi lebih dari sekedar alternatif tempat wisata. Apalagi Small World ini juga dekat dengan tempat wisata Baturraden. Makan tempe mendoan krispi pake sambal kecap di sana juga enak loh. Jadi menurut kalian mending yang mana?

11 comments:

  1. epic banget kak gambarnya, apalagi yang rumah kuning (orange) itu loh haha jadi pengen kesana, pernah ke bogor juga cuman ngga sampe devoyage
    Sama konsep villagenya keren banget, penasaran sama detail arsiteknya.
    nice post!

    ReplyDelete
  2. Devoyage pernah denger bahkan lihat foto-fotonya berseliweran di instagram. Tapi belum sempat kesana. Yang di Pwt juga. Tapi aku kalah cepat sama ibuku yang sudah kesana. Keren memang.

    Dan di Jogja sendiri ada juga, belum lama ini aku kesana, next deh di bikin diarynya..he

    Bagusnya kalau gak pagi sore ya, Teh ke tempat seperti ini. Kalau siang panas sih..he. Mulai banyak memang tempat wisata konsep seperti ini. Bahkan sekolah menengah atasku kalau stadytour ke Jogja. Tempat seperti itu sudah menjadi yang wajib untuk dikunjungi juga :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah ibunya gaul juga ya wkwkw oh ya? Di jogja ada juga? Tapi aku belum pernah denger sih, mungkin lain kali bisa share infonya hehehe

      Delete
  3. Mendingan De Voyage spot foto beda beda hehehe jadi teringat Bon Voyage bahasa perancis atau bahasa apa ya pokoknya eropa-eropa lah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih yg spot fotonya lebih banyak kan small world kak huhuhu

      Delete
  4. Baru tau ada tempat wisata d bogor yg deket sma stasiun bogor. Tau gitu, kemaren sempetin kesana.

    Gue kira boleh bawa makanan ke dalem. Kan asik tuh biar berasa piknik juga. Hemat. Ank kost banget emg mental gue.

    Mending ke small world deh mnrut gue. Sapa tau kan, foto" didepan miniatur bangunan ikonik d dunia, bisa foto d tempat aslinya juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bogor yg banyak terkenal tuh yg deket2 puncak gitu ya? Ke puncaknya aja jauh kalo dari depok 😐

      Delete
  5. Pas searching, De Voyage itu aslinya bahasa Perancis. Artinya perjalanan. Dengan tema seperti itu, cocok sekali dengan apa yang disajikan. Monumen besar dari berbagai negara. Meski, tulisan "miniatur yang ukurannya lebih kecil" adalah kalimat pemborosan. Terlebih daripada itu, ceritanya menarik. Kayak ngikutin orang tour~

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sampe di search segala artinya wkwk makasih koreksinya hehehehe semoga cepet ke de voyage juga!

      Delete
  6. Aamiin, iya kak aku sebenernya juga belum terlalu terbiasa sama suasana di jawa barat, bagiku, jawa tengah lebih indah hahahaha

    ReplyDelete