Saturday, January 1, 2022

Random Question, Sharing Blogger Boleh Tidak?

Sebelum banyak bercerita, mungkin biar lebih afdhol aku mau nyapa siapa pun yang membaca tulisan ini. Haloooo semua, siapa pun kalian, semoga kalian selalu bahagia, selalu diberi kesehatan, dan dikelilingi oleh orang-orang baik aamiin. Harapan aku buat postingan ini adalah semua pertanyaan terkait blog terjawab oleh kalian. Plisplisplis do’aku semoga tulisan ini banyak yang baca ehehehe.

Kalau kalian lihat di blog ini, mungkin kalian berpikir aku pasti udah paham banget tentang seluk-beluk blog. Sebenernya memang blog ini dibuat pada tahun 2009, di pelajaran TIK waktu aku masih SMP. Seiring dengan berjalannya waktu, ternyata aku keterusan bikin postingan di blog. Dari yang awalnya curhatan gak jelas, lama-lama pengen bikin tulisan yang bermanfaat buat orang lain.

Meskipun sampai saat ini masih buat tulisan di blog, bisa dibilang aku ini blogger pemalas. Tahun 2021 adalah tahun termalasku menulis di blog. Yaaa kalo mau buat alasan sih bisa aja tinggal bilang sibuk kerja, tapi yang lain kan juga ada kesibukan dan masih bisa rutin nulis di blog. Gara-gara ini aku jadi belum terlalu paham otak-atik blog aku sendiri.

Ehmm belum terlalu paham bukan berarti belum pernah belajar yaa…

Selama ini aku juga belajar bagaimana mengubah tampilan blog agar lebih menarik, belajar juga kira-kira bagaimana cara menulis yang baik dan benar. Persoalan se-sepele “mau buat tulisan pakai gaya bahasa apa?” itu juga sering banget terpikir.

Karena blog ini dibuat dari aku sekolah, dan sekarang aku udah kerja, di blog ini jadi ada banyak artikel yang bervariasi genre dan tema-nya. Mulai dari tulisan tentang pelajaran sekolah yang masih umum, hobi aku bikin kerajinan tangan, cerita perjalananku ke suatu tempat, sampai berbau kimia, semua ada di blog ini.

Nah pertanyaan pertamaku, menurut kalian kalo tulisan aku bervariasi kayak gitu gimana yaaa? Ada saran kah?

Karena tiap blogwalking aku selalu insecure, boleh tipsnya gak yaaaa, di mana sih kalian belajar otak-atik tampilan blog biar menarik? Jujur aku pengen banget ubah tampilan blogku biar mobile phone friendly. Soalnya tiap aku bikin tulisan pakai laptop, waktu dibuka pakai HP jadi agak berubah gitu. Kadang gak rapi juga. Udah coba ubah desain yang langsung dari blogspot, tapi kok masih agak berantakan yaaa. Tampilan yang kalian liat saat ini adalah tampilan dalam kepasrahan, alahh alahh...

Mohon sarannya yaaa teman-teman ehehe terimakasih 😊

5 comments:

  1. Blognya adah rapi kok. Cuma di hpku tulisannya kecil banget. Terima kasih telah berbagi. Selamat malam, Mbak

    ReplyDelete
  2. wah sama nih aku juga kenalan sama blog dari smp tapi vakumnya lama banget dan balik ngeblog lagi jaman kuliah eheh 😆

    ini aku lagi buka di laptop udah oke sih tampilannya. cuma tulisannya rada terlalu kecil hehe.
    buatku genre gado-gado juga nggak masalah kok. karena aku pun begitu 🤣
    tapi kalo mau fokus 1 niche juga lebih bagus sih 'katanya'. tapi menurutku asal kamu happy bikinnya ya ikuti aja 😁

    kalo masalah template jujur aku pun masih belajar. apalagi ngedit HTML blog yaampun gapaham-paham banget. mungkin bisa baca atau liat tutorial di youtube?

    ReplyDelete
  3. Wah mantap, bikin blog waktu masih SMP dan dirawat sampai sekarang.

    Ehm, kalo soal tampilan blog aku nyerah mbak, aku juga masih pakai template orang lain, tidak bisa utak atik tema apalagi bisa mobile friendly.

    Soal tema gado-gado ya, kalo aku sih bebas mbak, tidak spesifik mau tulis apa di blog, nantinya malah seperti berkurang kreativitas nya. Tapi katanya blog yang bahas satu tema lebih SEO, tapi jika tujuan blog untuk sekedar menulis seperti aku, tema gado-gado menurutku tidak apa-apa kok.

    ReplyDelete
  4. Ga ada salahnya kok mba kalo tema di blog kita gado2, mungkin bahasa kerennya Niche lifestyle 😁. Krn banyak blogger lain yg aku liat seperti itu juga. Yg lebih penting sebenernya, konsisten aja menulis 😄.

    Tapi kalo soal tampilan blog, duuuuh aku mah gaptek. Selama ini utk urusan maintenance, tampilan, dan bayar annual fee nya aja aku bayar temen yg memang dari awal dia yg membuat blogku. Tugasku cuma update, menulis, dan bayar si temen. Masalah teknisnya, itu aku serahin ke yg ahli 🤣. Tinggal bilang aja mau yg gimana 😁

    ReplyDelete
  5. Wow mantul banget uda kenalan sama dunia blog sedari SMP! Aku baru memulai saat aku ospek di kuliahan hehe Meski sebetulnya uda pengen nulis dari SMA sih, tapi baru kesampaian pas ospek itu. Mirip kaya kamu, karena merupakan tugas ospek, jadilah bikin blog dan keterusan nulis sampe sekarang hehehe

    Blog yang isinya campur-campur ga masalah sih menurutku. Blogku sendiri juga isinya campur-campur. Dari pengalaman saat ospek dulu (kan emang bikin blog tuh sebagai tugas nulis resume tiap hari saat ospek), pengalaman saat kuliah, kerja, review film, update kehidupan, tips-tips de el el. Yang penting mah kitanya happy aja nulisnya ehehehe

    Kalau soal template blog, blognya sudah bagus kok. BTW aku baca blog ini via laptop yakk.. Utak atik blog pun aku sendiri, makanya domain juga masih gratisan, pake blogspot juga wkwkw karena menurutku blogspot paling enak buat otak atik yang gaptek ngoding hehee Templatenya juga pake yang gratisan, nyari di mana ya waktu itu... aku uda lupa namanya haha maafkan

    BTW salam kenal ^^

    ReplyDelete