Sunday, May 12, 2019

Pertanyaan Seputar 'Kuliah di Jurusan Kimia Murni, Why Not?'

Selamat pagiiiiii! Gak nyangka aku udah hiatus dari blog selama beberapa bulan (hmm ‘hiatus’ bahasanya). Beberapa bulan ini emang aku agak sok sibuk di dunia nyata, do’ain aja yaa semoga berkah urusannya, aamiin. Tahun 2019 udah masuk bulan kelima tapi postingan pertama aja baru pagi ini dipublish hahaha. Meskipun libur dari dunia blog, aku gak pernah libur dari pertanyaan-pertanyaan seputar jurusan kimia (^)
Sejak aku publish postingan berjudul ‘Kuliah di Jurusan Kimia Murni, Why Not?’ tahun 2017 lalu, dalam jangka waktu tertentu pasti ada dedek-dedek gemes yang chat aku via LINE. Iya emang, aku emang sengaja kasih ID LINE aku di kolom komentar supaya kalo aku ga buka blog, kalian bisa nanya via LINE. Walaupun LINE juga jarang dibuka sih hehehehe. Buat yang nanya nomor Whatsapp aku dan gak aku kasih, maaf banget yaaa, Whatsapp itu udah penuh sama grup-grup yang kadang bikin kesel juga karena berisik *eh. Sebisa mungkin aku bales kok chat kalian walaupun lama.



Aku paham rasanya galau mau kuliah apa, di mana, gimana, bingung kita bakal bisa ngejalaninnya atau engga, tapi gatau mau nanya siapa. Soalnya aku juga pernah mau daftar ke kampus pascasarjana yang sekarang ini, tapi satu-satunya yang bisa aku tanyain cuma senior yang ga aku kenal. Waktu itu feedback mba nya menurutku kurang. Sempet ada per-dramaan block-blockan instagram gara-gara menurut mba nya aku mengganggu, aku dianggap gamau confirm follow request padahal karena belum ngecek, hikss.
Pada saat itu, aku yang ada di posisi penanya, kesel banget sama mba nya karena gamau bantuin orang yang kebingungan tanpa arah hahahaha. Pada saat itu yang bisa aku tangkap dari mba nya adalah “let it flow aja, kamu bakal bisa ngejalanin semuanya kok, jangan semuanya dipikirin”. Jujur aku ga puas sama jawaban mba nya. Kenapa? Karena aku ingin tau lebih. Masa studiku bakalan cuma 2 tahun, jadi aku harus dan wajib tau apa yang harus kusiapkan supaya aku ga kudet. Pada saat itu aku sudah tau pasti topik penelitian apa yang akan kuambil, aku sudah tau aku ingin belajar apa, aku ingin menjadi apa, jadi informasi yang aku butuhkan adalah “apakah semua yang kuinginkan itu ada di kampus ini?” tapi tidak terjawab, baiklah, semua sudah berlalu, aku sudah melewatinya, semoga ini tidak termasuk ghibah, naudzubillah, astaghfirullah.
Ternyata, setelah aku berada di posisi mba nya, aku merasa mba nya ga salah sepenuhnya. Macem-macem deh kasusnya, kadang ada yang menanyakan sesuatu tapi sebenernya hal itu sudah kutulis dalam blog. Ada juga yang nanya-nya ambigu, ada yang nanya-nya terlalu jauh. Kalo terlalu jauh, aku takutnya setelah kujelaskan kalian bakalan makin bingung. Nah yang paling bikin kesel adalah kalo nanya nya gak sopan. Sejujurnya aku bingung kalo jawab pertanyaan kalian. Takut kalo salah jawab, jadinya malah mengubah takdir orang. Bisa aja orang tadinya pengen jadi gak pengen, padahal dia cocoknya di situ. Bisa juga sebaliknya. Kali ini akan kurangkum pertanyaan-pertanyaan yang lumayan sering kalian tanyakan.

Pertama,
Kuliah jurusan kimia murni gimana ya kak? Kalo udah nanya kaya gini, biasanya aku jawab ‘Gimana apanya?’. Gimana itu bisa menjelaskan segalanya, mungkin maksud si penanya emang ‘ya terserah elu ajah kak mau jawab tentang apanya dulu’ tapi ya gitu suka aku balikin lagi biar si penanya mengutarakan maksudnya dengan jelas. Kalo ditanya jawaban sebenarnya, aku bakal bilang, rasanya nano-nano. Seru sih, tapi juga bikin pusing, tapi sih ini aku banget, jadi ya no prob lah, aku bakal berjuang melaluinya.

Kedua,
Kuliah jurusan kimia murni susah gak kak? Pengen banget rasanya langsung jawab ‘SUSAH BANGET!’ tapi kalo aku jawab kaya gitu, bisa-bisa gaada yang mau kuliah jurusan kimia. Lagipula, susah atau gampang itu relatif. Seandainya aku bilang kuliah kimia itu susah, lalu kalian mencari-cari jurusan lain yang kata orang-orang gampang, padahal itu bukan passion kalian, berarti aku menyesatkan kalian dong. Lalu kalo aku bilang gampang, dan orang-orang daftar kimia semua, ternyata gak semua capable di sini, dan banyak orang stress aku juga menyesatkan dong. Makanya tiap aku dapet pertanyaan ini, aku selalu jawab relatif. Intinya kalian harus suka dulu sama jurusan ini. Namanya proses belajar itu gaada yang gampang. Pemenang olimpiade kimia pun pasti pernah merasakan kesulitan, tapi karena dia suka, ada keinginan lebih untuk belajar, yang tadinya gak paham jadi paham dan gampang juga kan (´ڡ`)
Misalnya kalian kenal 5 senior dengan jurusan yang berbeda-beda, kalo kalian tanya susah atau enggak kuliah di jurusan itu, pasti semua bakal jawab susah. Ya karena itu, proses belajar gaada yang gampang. Kalo gampang, kalian udah paham, ngapain kuliah lagi? Selama ini, orang mengatakan kuliah di rumpun sosial humaniora lebih gampang dibanding saintek. Tapi aku juga pernah denger, temen aku sebenernya gak seneng dengan pandangan itu. Karena apa? Yang dia rasakan ga begitu, dia merasakan kesulitan juga, ya kasarnya ‘enak aja lu, gue jungkir balik kuliah di sini tapi lu bilang gampang?’. Jadi sekali lagi, susah atau enggak itu relatif, yang penting yakinkan dulu apakah benar passion kalian ada di kimia? Kalau udah yakin, selamat! Tapi kalau belum yakin, coba jalan-jalan dulu ke jurusan lain siapa tau lebih cocok.

Ketiga,
Aku pengen kuliah jurusan kimia kak, tapi nilai aku jelek-jelek, gimana ya kak? Begini dik, setahu kakak, buat masuk ke perguruan tinggi itu ada beberapa jalur. Yang pakai nilai itu cuma satu, kalau belum berubah namanya, SNMPTN. Bagi yang masih kelas X atau XI, kalian masih bisa perjuangkan belajar yang rajin supaya nilai kalian bagus. Bagi yang sudah kelas XII dan merasa nilai kalian tidak layak, berdoa aja yang kenceng, yakin kan sama kekuatan do’a? Allah pasti memberikan yang terbaik untuk kalian dik. Husnudzon aja sama Allah. Sambil belajar yang rajin untuk jaga-jaga seandainya Allah pengennya kalian berjuang lebih di jalur SBMPTN (Ujian tulis, kalau belum berubah namanya). Soalnya aku dulu juga gak langsung diterima, aku harus tes berkali-kali sampai pada akhirnya keterima di jalur UM, itu udah jalur akhir banget. Ini karena ngeyel daftar kedokteran padahal passionnya bukan di sana. See? Nilai raport dan UN aku sama sekali ga kepake pada saat itu.

Keempat,
Aku pengen kuliah jurusan kimia kak, tapi aku gak pinter, aku gak punya skill kak… dulu aku juga gak tau apakah aku punya skill yang cukup untuk kuliah jurusan kimia. Dulu, di rumah aku sering banget mecahin piring sama gelas kaca, sampe-sampe aku dibilang ‘miss gubrak’ sama adek aku sendiri. Liat isi laboratorium kimia yang alatnya kebanyakan dari kaca, panik dong takut mecahin. Pada akhirnya mecahin juga sih, tapi ga masalah kan hahahahahaha, asal jangan sering-sering aja. Cukup sekali dua kali aja. Ga seru juga kan kalo gak mecahin apa-apa. Belum sah kerja di lab katanya wkwkwkwk.

Selain pertanyaan-pertanyaan itu, masih ada juga yang nanya tentang mata kuliah apa aja yang ada di jurusan kimia murni, prospek kerjanya, dan lain-lain. Kalo masih ada yang nanya ini, biasanya aku suruh baca lagi postingan aku sebelumnya, karena apa? Karena aku udah jelasin lengkap tapi kalian gak baca huhuhu.
Oh iya, waktu itu ada juga mahasiswa kimia murni semester 5 yang chat aku karena dia lagi down. Aku ikut seneng karena dia mengatasi ‘down’ nya dia dengan banyak membaca tentang jurusan kimia, dia mencari penyemangat biar ga down lagi. Pada akhirnya semua pasti akan pernah mengalami yang namanya down, putus asa, merasa salah jurusan, dan lain-lain. Setiap orang berbeda-beda tapi intinya karena mereka mulai lelah dengan banyaknya tekanan yang ada. Saran aku jangan pernah lepas berdo’a, refreshing sejenak, jangan ngilang lama-lama dari kampus, cari temen yang bisa menyemangati, kalo bisa mengajari juga. Tetep semangat yaaa!!!! Semoga membantu

Baca juga:

No comments:

Post a Comment