Wednesday, October 3, 2018

SUKA DUKA PEJUANG KRL JABODETABEK

Setelah kurang lebih satu semester hidup di Depok, aku mulai terbiasa dengan kebiasaan orang-orang yang ada di sini. Macet di mana-mana, kalo berangkat kuliah harus lebih pagi biar ga telat, maklum aku kan pejuang pintu perlintasan KRL hahahaha. Kalo pas kereta ga lewat, berangkat ke kampus bisa tuh 10 menit, tapi kalo keretanya lagi banyak, yang tadinya 10 menit bisa jadi 30 menit nyampe ke kampus. Padahal dulu kalo ke kampus, dengan jarak yang sama, aku bisa berangkat lima menit sebelum jam masuk. Wah tapi jangan dicontoh ya, berangkat ke kampus emang harusnya pagi sih biar kalo ada apa-apa tetep bisa dateng tepat waktu. Selain macet, aku juga jadi terbiasa dengan yang namanya naik KRL. Moda transportasi ini termasuk moda transportasi favorit warga jabodetabek gais.

Selain Pejuang KRL, ada juga Pejuang Pintu Perlintasan KRL lho hahahaha

Gimana engga jadi favorit, bayarnya aja murah banget. Jarak kudus-semarang mentok-mentok bayar cuma Rp 4000. Tapi yaaa karena favorit itu, KRL jadi kaya ga pernah sepi gitu deh. Terutama kalo jam berangkat dan pulang kerja. Jangan harap deh bisa duduk. Kalo bisa duduk pun, bakalan susah keluarnya karena penumpangnya banyak pake banget. Untungnya aku ga harus merasakan itu setiap hari karena aku kan belum kerja. Tapi kalo main ke mana-mana ya tetep naik KRL, dan seringnya sih emang berdiri.

KRL kucinta ❤️
Darimu aku belajar tidur sambil berdiri...

Pengalaman paling aku inget pas naik KRL adalah waktu aku mau pulang ke kampung halaman. Kebetulan aku dapet kereta yang berangkatnya jam 20.30 WIB. Berhubung aku dari depok, jadi aku berangkat kira-kira 2,5 jam sebelum waktu berangkat kereta. Itu artinya, aku berangkat setelah sholat maghrib di kosan. Aku naik KRL tujuan Jakarta Kota dan turun di Manggarai, setelah itu turun untuk ganti kereta tujuan Jatinegara dan turun lagi untuk ganti kereta tujuan Stasiun Pasar Senen.

Stasiun Pondok Cina di Waktu Malam

Waktu aku naik dari Stasiun Pondok Cina, jumlah penumpangnya masih biasa-biasa aja. Setelah turun di stasiun Manggarai dan naik KRL tujuan Bekasi (tapi transit di Jatinegara) aku ga menyangka kalau KRL bakal seramai itu. Bayangin aja, orang-orang masuk dengan cara dorong-dorongan, dan saling berteriak satu sama lain.
Si A : “WOI UDAH DONG, PENUH NIH KERETA!”, 
Si B : “BISA DIEM GAK SIH? GAK PERNAH NAIK KERETA YA?”
Si A : “ADUH SAKIT NIH! JANGAN DORONG-DORONG BISA GAK SIH?”
Si C : “BISA DIEM GAK SIH!!!!
(Dan akhirnya si A pun dibully, sekian terimakasih)
Ngeliat orang ribut kaya gitu, entah kenapa aku jadi pengen mentertawakan diri sendiri. Entahlah, aku ngerasa gak cocok hidup dengan cara seperti ini, tapi gapapa, hidup memang penuh perjuangan. Aku yang berniat masuk terakhir dan mencari posisi di dekat pintu KRL pun akhirnya kedorong masuk ke tengah gerbong KRL -KE-TENGAH-GERBONG-KRL!. Padahal aku cuma berniat naik dari Manggarai ke Jatinegara di mana itu cuma berjarak satu stasiun aja.

Gerbong KRL di kala senja... 

Di dalem KRL pun aku sama sekali ga bisa gerak, karena saking penuhnya KRL. Bahkan untuk balik badan pun aku tak mampu. Aku yang panik takut ga bisa keluar KRL di Jatinegara pun bertanya pada bapak-bapak di depanku gimana caranya aku keluar dari tempat ini. Dan si bapak pun menjawab, “Nanti kalo pintunya di buka, bisa keluar kok mba”, oke aku pun tenang, dan akhirnya beneran bisa keluar sih, aku ga ngebayangin gimana kalo aku ga bisa keluar. Berarti aku harus turun di stasiun berikutnya dan ganti jalur buat balik ke stasiun Jatinegara.

Suasana di dalam KRL
(Btw ini jumlah penumpang yang normal, yang lagi rame ga sempet foto hehehe)

Singkat cerita, aku sampai di Stasiun Pasar Senen satu jam sebelum jam keberangkatan kereta. Alhamdulillah, ga telat. Karena kejadian ini, aku terus bertanya pada diri sendiri, apakah setelah lulus nanti aku bakal melanjutkan perjuanganku di sini atau mencari pekerjaan yang kuinginkan dengan kembali ke kampung halaman. Buat kalian yang tiap hari harus pulang-pergi naik KRL, tetap semangat! Kalian adalah pejuang KRL yang tangguh! Semoga apa yang kalian lakukan menjadi berkah bagi diri kalian sendiri, keluarga dan orang-orang terdekat kalian. Fighting! ❤️

Baca juga:
- Pengalaman Kuliah Magister Ilmu Kimia di UI

2 comments:

  1. KRL sarana transportasi yg favorit ya jadi nggak pernah sepi.

    ReplyDelete
  2. Haahahaa KRL Jakarta itu keras bet ya kayaknya :D

    ReplyDelete