Sunday, May 20, 2018

MASIH KEPO SAMA JURUSAN KIMIA MURNI?

Sebelum aku ngetik panjang kali lebar, mungkin kalian bisa baca dulu postingan aku yang setipe dengan ini. Klik aja sini. Sebenernya tulisanku yang ini ga akan beda-beda jauh sama postingan sebelumnya. Aku cuma mau nambahin aja sih, for your information ternyata masih banyak dedek-dedek maba yang butuh pencerahan tentang jurusan kimia murni. Semenjak aku nyantumin ID LINE di kolom komentar, mulai banyak dedek-dedek yang nanya via chat.
Aku ga merasa terganggu sih dengan chat kalian, justru salut karena kalian antusias dalam menyambut dunia perkuliahan kalian. Dan menurutku tahun pertama kuliah itu emang wajib kalian bener-bener mengetahui apakah jurusan ini cocok buat kalian atau tidak. Kalo kalian ngerasa ga cocok, boleh banget kok tahun depannya kalian daftar di tempat lain. Itu akan jauh lebih baik daripada kalian memaksakan diri untuk lanjut tapi kalian ga enjoy. Nanti jangan sampai kalian lulus dan bilang “aku mau cari kerja kantoran aja, ga mau ngurusin bahan kimia lagi”, “males ah kerja di lab”, “kerja di lab capek, gajinya kecil” dan lain-lain.
Banyak kok temen-temen yang ikut tes lagi di tahun keduanya karena merasa ga cocok. Bahkan ada yang coba di tahun ketiga. Kalo ini sih menurutku, membuang-buang waktu yak. Meskipun ga ada yang salah dengan keputusannya. Tapi alangkah lebih baik kalau kita benar-benar mendefinisikan apa yang kita mau sedini mungkin, ga usah buru-buru asal tetep inget waktu. Aku sendiri sih tipe-tipe orang yang males ribet lagi dan males buang-buang waktu. Pada waktu itu aku berpikir, perjalananku buat bisa masuk ke jurusan ini tuh ga gampang. Aku harus gagal dulu berkali-kali (waktu itu di SNMPTN dan SBMPTN aku daftar jurusan pendidikan dokter), jadi ketika pada akhirnya aku masuk jurusan kimia aku langsung mikir “Oh ini berarti pilihan Allah buat aku, berarti aku harus bener-bener tanggung jawab di sini”. Sampai saat ini pun, aku masih suka berurusan dengan bahan-bahan kimia.
Oh yaaa, perlu aku jelasin di sini karena kebanyakan dari dedek-dedek yang nanya ga baca postingan lainnya. Sekarang aku masih kuliah di jurusan magister ilmu kimia UI, dan baru masuk awal tahun 2018 ini. Aku lulus dari jurusan kimia Undip pertengahan tahun 2017 lalu. Jadi setelah lulus aku langsung daftar buat kuliah lagi. Memang sih aku belum pernah merasakan bekerja, tapi aku cukup sering mendengar cerita dari banyak temanku tentang perjuangan mereka dalam mencari pekerjaan, dan bertahan setelah mendapat pekerjaan itu. Apalagi teman-teman kuliah S2 sekarang juga banyak yang sudah bekerja, baik PNS, ataupun karyawan swasta, bahkan ada juga yang sudah jadi manager di tempat kerjanya. She always told me how to attract recruiter or how to survive on your job.
Jadiii buat kalian yang sekarang sudah diterima di jurusan kimia, di univeritas manapun kalian diterima, gunakan satu tahun kalian untuk memahami diri kalian sendiri. Point utama kuliah di jurusan kimia murni adalah, kalian dididik untuk menjadi peneliti. Kalian akan diajari ilmu-ilmu dasar sains yang kata orang-orang sih ga kepake di dunia kerja. Sebenernya bukan ga kepake, tapi lebih karena kalian sendiri yang menghindari pekerjaan-pekerjaan berbau ilmu dasar seperti itu. Kalo udah kaya gitu, patokannya balik lagi ke tujuan hidup kalian, mana sih yang lebih nyaman dan lebih kalian sukai.
Dari yang nanya ke aku, hampir semua mempertanyakan tentang prospek kerja lulusan kimia. Ga ngerti lagi deh postinganku sebelumnya kurang menjelaskan apa lagi hahaha. Maap-maap aja soalnya ngerasa udah ngelejasin gitu. It’s okay tenang aja aku bakal jelasin lagi. Mungkin ke bagian yang lebih spesifiknya lagi aja ya. Kalo kalian lulus sebagai sarjana kimia, pekerjaan yang bisa kalian daftar di perusahaan biasanya adalah bagian research and development dan quality control/assurance,biasanya kerjaan quality control juga mirip-mirip sama analis kimia. Gini aja deh gampangnya kalo kalian mau tau seberapa banyak peluang pekerjaan untuk kalian, buka aja website-website seperti jobstreet.co.id, karirglobal.id, id.indeed.com, id.jobsdb.com, studentjob, dan sebagainyahhhh. Setelah buka, cari aja deh pake kata kunci S1 kimia, lowongan kimia, analis kimia, research and development, atau quality control.
Kalau kalian mau lebih visioner lagi, baca juga persyaratan yang dibutuhkan untuk melamar pekerjaan itu apa aja. Dari situ kalian bisa lebih merencanakan lagi apa aja yang harus kalian lakukan selama kuliah. Kalau dari pribadi aku sendiri sih hal yang harus kalian perhatikan selagi kuliah, pertama perhatikan IPK. Walaupun banyak orang bilang IPK itu ga penting, tolong jangan dipercaya. Yang engga penting-penting banget itu IPK di atas 3,5. Syukur Alhamdulillah kalo bisa, tapi biasanya susah. Kenapa aku bilang IPK itu penting? Itu syarat sister, walaupun ada minimalnya dan sampai dengan saat ini IPK 2,75 masih bisa diterima, tapi kita kan ga tau kedepannya gimana. Jadi persiapkan aja yang terbaik selama kalian bisa.
Kedua, jangan lupa berorganisasi. Biasanya anak kuliahan pada ikut BEM atau himpunan jurusan, kalo aku sih dulu lebih memilih organisasi yang berorientasi ke penelitian. Simple aja, aku masuk ke jurusan kimia yang dididik jadi peneliti. Menurutku sedikit banyak aku harus coba yang namanya membuat karya ilmiah. Untuk bisa membuat itu, aku harus mengenal orang-orang yang bisa mengajariku ke arah sana. Alhamdulillah aku berhasil masuk di organisasi riset jurusan dan fakultas, mengenal orang-orang yang expert di bidang riset, dan sempat menjadi finalis di beberapa kompetisi. Aku ga mengharuskan kalian ikut organisasi riset juga kok. Aku hanya menyarankan jangan sampai kalian hanya sibuk dengan kuliah aja tapi lupa berorganisasi. Karena perusahaan juga sedikit banyak mempertimbangkan kemampuan organisasi kalian.
I'm so happy to show it to you (please click me)

Ketiga, maganglah! Biasanya anak kuliahan libur semesternya lama kan ya. Nah manfaatkanlah libur itu sebaik-baiknya. Carilah pengalaman kerja yang sesuai dengan passion kalian. Biasanya sih kampus sudah menyisakan beberapa sks untuk magang. Tapi menurutku selagi kalian bisa magang lebih dari satu kali, maganglah! Karena aku dulu sama sekali ga berpikiran ke arah sana. Kalau ada uang lebih, ikutlah seminar atau pelatihan-pelatihan yang menunjang pekerjaan kalian nanti.  Kalau ga ada uang, carilah wkwk. Kalian masih bisa part time di toko-toko atau juga bisa ngajar di bimbingan belajar. 
Keempat, semangat! Semoga tulisanku ini bisa memotivasi kalian. Sukses yaaa!

Baca juga :

8 comments:

  1. Ternyata anggota grup BE juga ya kak? Gue lupa2 inget sih. Hehe

    Salut nih dari 2009 udah maen ngeblog. Bersyukur bgt, bw kali ini nemuin 2 blogger angkatan 2009. Btw, maaf kak keluar dari topik. wkwkwk...

    ReplyDelete
  2. Mnrt kk, seru ga sih ambil jurusan kimia murni? Prospek kerjanya kmna aja?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seruuu dong hehe, ya macem-macem yang jelas hampir semuanya di lab. entah jadi analis, peneliti, kalo di perusahaan bisa bagian quality control/RnD, pengembangan metode analisa, dll hehe

      Delete
  3. Trading online Terpercaya Berbasis di Indonesia
    Tingkatkan kualitas Trading mu bersama HASHTAG OPTION
    Broker Terpercaya di Indonesia
    Transaksi mudah dan aman
    Minimal Deposit hanya Rp. 50.000,- sudah dapat BONUS Depo awal 10%** T&C Applied
    Dapatkan juga BONUS Referral 1% dari profit investasi tanpa turnover

    Proses penarikannya Cepat banget lohhh.....
    Deposit & Penarikan paling Cepat dengan metode yang sama via Bank lokal
    Ada Akun pembelajaran untuk kamu yang ingin berlatih

    Segera Daftarkan diri anda sekarang juga di https://platform.hashtagoption.com/site/signup

    ReplyDelete
  4. Salut dengan tulisannya. berhasil mengokohkan pijakan kaki saya untuk tetap lanjut menempuh pendidikan S1 Kimia Murni. Thank.

    ReplyDelete
  5. Hallo selamat malam kak..
    Sebenarnya ini baru pertama kalinya saya baca blog kakak..
    Kak, syaa boleh minta id line kakak gk?
    Kebenaran saya mahasiswa kimia murni juga. Ada beberapa hal tentang kimia yang mau saya tanyakan ke kakak🙏🙏
    Bisa yah Kak🙏

    ReplyDelete