Monday, April 9, 2018

RASANYA CARI KOST DI UI?

Kata orang-orang, nyari tempat kost itu sama kaya nyari jodoh. Setiap orang punya standar kost idamannya masing-masing. Ada yang nyari berdasarkan harga, jarak atau lokasinya, kebersihannya, penghuninya, tetangganya, sampai pemiliknya. Biasanya itu aja sih yang jadi patokannya, gausah lah sampe ngeliat rumahnya hadap ke mana, keramiknya warna apa, berapa jumlah anak tangganya, cat temboknya merk apa, atau jenis menu masakan warteg di sekitarnya, hmm... bakal lebih ribet dari nyari jodoh ini sih jadinya.
Sebagai pendatang baru di Depok tercinta ini, daku akan menceritakan pengalaman mencari kost di sekitar UI. Cerita ini berawal saat aku membuka pengumuman SIMAK Pascasarjana UI bulan Desember lalu. Kalo inget perjuangan sampai ke Depok waktu ujian SIMAK satu bulan sebelumnya, dan inget kejadian-kejadian menyebalkan yang menyertainya, sejujurnya keputusan untuk berkuliah di tempat ini antara iya dan tidak. 
Ketika memutuskan untuk berkuliah di tempat ini, banyak kekhawatiran yang tiba-tiba muncul di benak. Pertanyaan-pertanyaan seperti "yakin nih kampus sana lebih bagus?" "yakin kuliah jauh?" "hidup di sana mahal loh, sanggup?" "mau pulang berapa bulan sekali?" "harga tiketnya mahal ya?" "orang sana galak-galak loh, berani?" "di sana sering macet ya?" "hati-hati ya di sana banyak penjahat" dan sebagainya.
Sebenernya aku belum ngerti-ngerti banget sih sama daerah UI. Tapi setidaknya, pengalamanku ini bisa jadi sedikit gambaran buat dedek-dedek, temen-temen, atau bapak-ibu mahasiswa baru yang ingin mencari kost di daerah UI. Sebelum kita melangkah lebih jauh lagi, mari kita lihat peta Universitas Indonesia bagian Depok ini.



Seumur hidupku, aku belum pernah liat kampus yang lebih luas dari UI. Kira-kira ada gak ya? Dari gerbang utama sampe ke FMIPA aja, jaraknya bisa sampe 4,5 km sendiri. Emm kata gugelmaps sih. Kalo mau ukur sendiri juga boleh sekalian jogging atau lari pagi. Karena luasnya yang udah kaya sawah nenek moyang tetangga, ngerti kan konsekuensinya? kita kudu bener-bener milih tempat kost yang posisinya kalo bisa paling deket ke kampus kita. Sebenernya jauh-deket juga relatif sih, setiap orang bisa beda-beda pendapatnya.
Seinget aku, tempat kost di UI ini dibagi jadi beberapa wilayah. Ada tuh yang namanya Kutek, bukan kutek warna warni yang dipake di kuku itu ya ceu ini beda jauh. Kutek ini punya kepanjangan Kukusan Teknik. Yaa dari namanya juga udah ketauan kan tempatnya deket sama Fakultas Teknik. Deket juga sih sama FEB, secara mereka sebelahan, berdampingan, berpasangan, gak kaya kita mas, selalu berjauhan... halah.
Ada juga yang namanya Kukel, singkatan dari Kukusan Kelurahan. Posisinya deketan sama Kutek. Tapi sayangnya aku kurang ngerti di mana batas kutek dan kukel itu dan kenapa istilahnya kudu beda-beda. Kayanya sih Kukel ada di daerah yang deket pintu masuk kukusan. Yang ketigaaaa, daerah Barel, alias Balik Rel. Balik rel ini yang dimaksud adalah daerah samping stasiun UI, atau sepanjang rel antara stasiun UI-Pondok cina(?) Daerah ini deketan sama Fakultas Hukum, Ilmu Komputer, dan FISIP. Kayanya itu aja sih, coba tolong dikoreksi kalo ada yang kurang wkwkwk.
 Ada satu daerah lagi namanya Pocin, Pondok Cina. Ini nama kelurahan di deket UI sih. Kantor kelurahannya ada di deket kosan aku donggg. Tapi kayanya kalo ngomongin kosan, Pocin yang dimaksud adalah daerah deket stasiun Pondok Cina. Stasiun Pondok Cina sendiri, deket sama fakultas Kesehatan Masyarakat sama Rumpun Ilmu Kesehatan, dan terakhir, FMIPAq. Oke, aku akan memulai cerita singkatku mencari kosan waktu itu.
Sesuai penjelasanku di atas, kampus FMIPA ku ini bisa lah dibilang deket sama daerah Pocin. Oh ya, jangan pernah kalian berpikiran deket itu maksudnya tinggal melangkah 10 kali terus kalian bisa langsung sampe ke fakultas kalian. Deket di sini artinya kalian tetep harus naik Bus Kuning UI, HAHAHAHA. Kecuali buat anak Teknik yang ngekos di Kutek, anak FH FISIP FASILKOM yang ngekos di Barel, kalo buat merekaaa, kayanya bisa lah ya jalan kaki sampe kampus.
Nah kalo Pocin-MIPA ini, kita tetep kudu jalan dan terus naik Bus Kuning. Kayanya mau ngekos di manapun kalo ga bawa motor berarti kalian pasti akan ngerasain namanya naik Bikun. Secara MIPA posisinya gaenak banget ke mana-mana jauh karena di belakang. Tapi seenggaknya Pocin ini jarak terdekat versiku kalo mau ke MIPA.
Dengan semangat menggebu-gebu kutelusuri sepanjang jalan kenangan sekitar stasiun Pondok Cina. Satu, dua, tiga kosan kulalui tanpa menemukan kecocokan. Entah terlalu mahal, terlalu kecil, terlalu kotor, terlalu serem, dan terlalu-terlalu lainnya yang tidak bisa kusebutkan satu per satu. Akhirnya aku pilih buat cari kosan di seberang jalan masuk stasiun Pondok Cina. Posisi tepatnya ada di jalan margonda. Mulai dari Jalan HM Tohir/Kapuk, Yahya Nuih, sampe Karet tapi ga nemu juga yang cocok.
Aku cuma nyari di tiga gang itu karena posisinya emang paling deket stasiun Pocin. Dan di deket situ ada tempat buat puter balik tepatnya di deket Mall Detos. Fyi, jalan margonda itu searah, kalo mau puter balik ribet asli jauh soalnya :( Sempet nanya ke asrama UI karena frustasi ga nemu yang cocok padahal hari itu juga kudu dapet kosan. Sayangnya asrama UI tidak menerima maba mahasiswa bangkotan macam aku ini gaes. Sedih...
 Finally, ku memutuskan buat cari kosan pake aplikasi di HP. Tau kan yang mami-mamian itu tuh wkwkwk. Bukan bermaksud iklan sih tapi menurutku itu aplikasi emang bermanfaat khususnya buat para pencari kost yang ga punya banyak waktu buat muterin seisi Depok. Meskipun kadang alamatnya beda, fasilitas kost beda, harga beda, tapi menurutku perbedaannya ga terlalu signifikan. Malah kadang ada pemilik kost yang baik hati menawariku kost setelah aku ketauan buka profil kost pemiliknya. 
Meskipun aku menemukan kost yang sesuai dengan seleraku, kekurangan-kekurangan yang bikin ga betah di kost itu tetep ada. Pada dasarnya emang kesempurnaan hanya milik Allah, dan kekurangan itu milik kita hahahaha. Sebulan pertama tinggal di Depok, aku bener-bener ga beli apa-apa buat menata kamarku supaya keliatan rapi. Pikiranku selama sebulan pertama adalah: AKU MAU PINDAH!
Sayangnya sampe aku bayar kost 3x pun aku ga pindah-pindah. Banyak lah alasannya, ga nemu kost yang cocok lah, mager mindahin barang lah, sampe yaudah lah sini aja. Ini karena ngekos di tembalang dan Depok sungguhlah berbeda teman. Sampe sekarang masih aja kangen sama suasana tembalang, makan di tembalang, temen-temen di tembalang, semuanya serba tembalang. Ga nyangka sih soal kost aja aku bisa semello ini wkwkwk. Jangan ditiru ya teman-teman, kakak-kakak, adek-adek. 
Kayanya udah dulu kali ya, fyi aku udah bikin draft buat entry ini dari bulan Januari tapi ga selesai-selesai due to masa adaptasi di depokqucinta ini. Ga kerasa tahun 2018 udah jalan empat bulan aja. Kadang mikir kemaren-kemaren ngapain aja mut dan sekarang udah dapet apa? Kalo inget aku ga menghasilkan apa-apa setahun terakhir ini berasa daku adalah remahan rempeyek siap buang.
Tapi kata @yeahmahasiswa di twitter sih, kalo hidup lo berasa kayak remah-remah, ingatlah bahwa remah-remah roti masih bisa jadi tepung panir dan remah-remah biskuit bisa dipake bikin cheese cake yang harganya mahal. gitude, semoga membantu! bye! :)

1 comment:

  1. Trading Online Terpercaya & Berbasis di Indonesia
    Profit Lebih Mudah dan Besar
    Yukk mulai trade
    Transaksi Aman dan Paling Cepat hanya di Hashtag Option
    Ada BONUS 10%**T&C
    Deposit dan Penarikan Mulai dari 50 Ribuan
    Segera kunjungi di www.hashtagoption.com

    ReplyDelete