Wednesday, December 13, 2017

Pengalaman Ikut SIMAK Pascasarjana UI

Setelah lulus dari perguruan tinggi, rata-rata orang pasti berpikir apakah dia akan melanjutkan kuliah lagi atau bekerja terlebih dulu. Bahkan beberapa juga nambahin nikah di daftar pilihannya. Berhubung aku masih LDR-an sama jodoh tak kasat mata, jadi nikah dicoret dulu lah ya gamungkin juga nikah sama kucing tetangga. Aku sendiri cukup galau menentukan pilihan mana yang paling tepat buatku. Padahal juga udah dari setahun yang lalu semedi mencari inspirasi, muhasabah diri, mencari jawaban terbaik untuk saat ini.
Memang dari dulu jawaban yang aku dapatkan adalah lanjut kuliah lagi. Tapi untuk sampai pada titik ini, banyak persimpangan yang harus aku pilih untuk aku lalui. Ya gitu deh, sama kaya waktu ngerjain skripsi, nangis sudah bukan hal yang aneh lagi.
Dari awal, aku cuma pengen lanjut kuliah di magister kimia UGM. Bener banget! Selain kampusnya yang lebih bagus dari kampusku waktu kuliah sarjana, tempatnya ga jauh-jauh banget dari rumah, dan kotanya juga hmmm menurutku nyaman untuk ditinggali, dijadikan rumah kedua untuk sementara waktu. Sayangnya aku baru tau kalo UGM cuma buka pendaftaran setahun sekali. It means aku harus nunggu setahun lagi biar bisa kuliah di kampus ini. Dan belum tentu juga diterima. Singkatnya, magister kimia ITB ternyata juga ga buka pendaftaran di semester ini. Dari sekian banyak kampus, hanya UI dan ITS lah yang masuk kriteriaku. Nanti aku bakal jelasin keduanya, tapi sekarang aku mau jelasin yang UI dulu ya!

Sumber: simak.ui.ac.id

Jadi gini, kalo bahas SIMAK Pascasarjana UI, yang paling dicari oleh peserta adalah informasi terkait dengan persiapan sebelum tes, dan suasana saat tes berlangsung. Sesudah tes butuh gak yaaa? Menurutku setelah tes kita cukup hanya dengan berdoa sungguh-sungguh dan mengharap hasil yang terbaik dari Allah. Sejujurnya aku ga nyangka juga bakalan daftar di kampus UI. Masalahnya ini kampus lumayan jauh dari rumah. Dan kalo bayangin daerahnya yang deket Jakarta bawaannya ga tenang gitu.
Periode semester gasal 2017/2018 ini kemaren mulai dibuka pendaftarannya tanggal 2 Oktober s.d. 3 November 2017. Kebetulan jurusan kimia yang aku daftar ga terlalu ribet gitu syaratnya. Jadilah aku gercep langsung daftar online di minggu pertama pembukaan pendaftarannya. Menurutku, UI tuh kampus paling ga ribet dalam dunia persyaratan berkasnya wkwkwk. Kalo kampus-kampus lain kasih persyaratan sertifikat TOEFL dan TPA, UI cuma ngasih syarat upload ijazah dan transkrip. TOEFL dan TPA dijadikan berkas optional. Kalo punya ya monggo silahkan diupload, kalo engga yaudah gausah ribet tes di tempat lain. Toh SIMAK pascasarjana UI ini emang cuma terdiri dari TPA dan Kemampuan Bahasa Inggris. Weits sorry loh yang udah pernah tes, bukan bermaksud meng-cuma-kan soal sesulit itu wkwkwk tapi dalam konteks jenis tesnya, UI memang tidak memberikan tes kompetensi sesuai bidang masing-masing seperti kampus-kampus lain semacam UGM, ITB, dan ITS. Ada sih tes sesuai kompetensi bidang, tapi hanya beberapa prodi. Pokoknya kalo soal syarat top lah aku yakin tidak memberatkan calon peserta tes.
  Semua data untuk pendaftaran online diisi di website penerimaan.ui.ac.id. Oiya mau ngasi tau supaya kalian ga melakukan kekonyolan yang haqiqi sepertiku. Ketika kalian mau upload foto, pastikan kalian crop foto kalian sampe wajah kalian terlihat close-up. Soalnya kalo ga close-up pasti jadi ga simetris gitu fotonya dan foto waktu pendaftaran denger-denger bakal dijadiin foto kartu mahasiswa hahahaha. Waktu itu aku ga ngerti main upload aja jadinya miring tapi bodoamat, pas di ruangan liat kartu peserta lain taunya pada close-up sedihlah dinda mengetahui hal ini ┌("˘o˘)┐

Setelah semua data terisi dan berkas sudah diupload, seingat aku ada tanda verified gitu barulah kita bisa bayar biaya pendaftarannya. Untuk prodi S-2 Kimia, biaya pendaftarannya sebesar Rp 750.000. Sebagian besar sama sih segitu, seingat aku yang bayarnya Rp 1 Juta itu cuma pendidikan profesi, sama kedokteran. Mungkin nanti bisa dicek lagi kalo kalian mau daftar. Setidaknya kalian tau biayanya sekitar itu. Harusnya, kalo semua data telah terisi dan biaya pendaftaran telah dibayarkan, tahap selanjutnya adalah mendownload kartu tes. Tapi lagi-lagi aku ga terlalu memperhatikan hal ini. Ingat, lembar pendaftaran dengan kartu tanda peserta ujian itu beda ya teman-teman. Yang dipakai saat ujian ya kartu tanda peserta ujian. Dan ingat, downloadlah sebelum batas akhir pendownloadan karena kalo melebihi batas akhir, kita gaakan bisa download. Kalo qepo, gini nih wujud nyata kartu tanda peserta ujiannya.



Sejujurnya persiapan aku seminggu sebelum tes ga bisa dibilang niat karena tiap ngerjain soal-soal TPA dikit bawaannya ngantuk entahlah salah siapa bunda mengandung –halah-. Tapi ini jangan ditiru ya teman-teman, soalnya aku kaya begitu karena udah belajar TPA sebulan sebelumnya, waktu iseng nyobain tes CPNS yang gak lolos itu tuh hehehe. Sama kebetulan dua minggu sebelum tes aku ikutan tes TPA di ITS, jadilah rasanya udah jenuh-jenuh cantik manis manjah buat belajar TPA lagi. Belajar bahasa inggris pun seadanya juga. Pokoknya tes ini aku ngerasa persiapanku ga maksimal. Agak deg-degan juga karena baca-baca di blog orang kayanya soal SIMAK Pascasarjana UI itu susah banget (˘ε˘ƪ) Aku banyakin doa aja waktu itu hehehe, emang ga patut ditiru ini manusia perusak moral penerus bangsa wkwkw.
Taraaaa!!! Pas Hari H, tanggal 12 November 2017, aku benar-benar membuktikannya. Membuktikan bahwa soal SIMAK Pascasarjana UI emang susah. Menurutku dua-duanya susah, yakin, ga boong. Soal TPA nya terdiri dari 3 macam, yaitu kemampuan verbal, kemampuan kuantitatif, sama penalaran/ logika. Bentar-bentar mau ketawa dulu boleh? Wkwkw
Jadi pas ngerjain soal kemampuan verbal, seingat aku gaada tuh soal sinonim antonim. Adanya soal hubungan kata dan soal cerita yang panjaaaaaang banget kaya kereta. Biasanya sih aku masih bisa mikir pake otak waktu ngerjain soal hubungan kata. Tapi waktu itu tuh rasanya kaya, hmmm is this really for me? Should I finish it? Mau lambaikan tangan malu, ngerjain juga bingung. Alhasil aku ngerjain semua soal pake hati, eaaaak.
Lanjut ke kemampuan kuantitatif. Kata kaka kaka unyu yang menuliskan pengalaman SIMAK UI-nya di blognya, dia cuma bisa ngerjain belasan soal dari total kalo ga salah 30 soal. Bener sih, aku membuktikannya. Walaupun aku udah ngerjain soal yang menurutku gampang terlebih dulu, pada akhirnya aku juga ngerjain cuma belasan soal. Itu soal matematika dasar sebenernya, kalo kalian udah belajar contoh soal TPA Bappenas, bisa lah ngerjainnya. Tapi waktu itu aku nekat, di 5 menit terakhir aku isi semua soal yang belum kuisi dengan jawaban andalan. Setiap 5 soal, aku isi dengan jawaban yang sama. Kalo ga A semua, B semua, C semua, ya D semua. Walaupun ada pengurangan nilai, tapi itukan 4 berbanding satu. Nah dalam lima soal, menurutku ga mungkin gaada satu yang bener. Kalo ada satu yang bener berarti aku udah kantongin nilai 4, tinggal 4 soal lainnya gimana. Kalo pait-paitnya keempatnya salah semua, kan nilai akhirnya nol. Tapi kalo ada satu yang bener, nilai akhirnya kan 8-3 = 5. Jadi pilih mana? Ga dikerjain semua atau pake cara andalan kaya aku? Hahaha tuh kan aku ngajarin yang aneh-aneh lagi hufty.
Terakhir, kemampuan penalaran. Sebelum-sebelumnya, aku pernah browsing bagaimana cara menyelesaikan soal logika dengan cepat. Beberapa artikel menunjukkan dengan pola, yang ada rumusnya. Tapi waktu aku ikut tes TPA di ITS, aku merasa itu ga cocok sama sekali, dan akhirnya skor TPA di ITS ku waktu itu jelek. Berdasarkan pengalaman itu, waktu ngerjain soal SIMAK, aku bener-bener baca semua soalnya dan ngerjain sesuai dengan kemampuan logikaku. Ga akan lah pake rumus-rumus lagi. Alhamdulillah aku bisa ngerjain semua soal penalarannya. Waktu itu masih ada sisa waktu beberapa menit. Aku buka lah soal kemampuan kuantitatif sapa tau gitu bisa ngerjain satu soal kan lumayan. Tapi belom juga ngerjain, udah ditutup dulu sama pengawasnya, katanya ga boleh sih heu.
Waktu itu jeda antara tes TPA dan bahasa inggris kalo ga salah sekitar 30 menitan. Gatau kayanya ga kerasa gitu tau-tau udah disuruh masuk lagi aja. Belom juga ilang trauma ngerjain soal TPA yang susah itu, ternyata soal bahasa inggris yang menjadi tumpuan harapanku juga sama aja memberikan harapan palsu. Baik writing/ structure/ reading, semuanya susah. Tapi menurutku bagian reading lah yang lebih susah. Bahkan dari soal tes TOEFL ITP, soal bahasa inggrisnya UI ini menurutku lebih susah loh. Bagian readingnya itu, kaya soal UN bahasa indonesia tapi diinggriskan. Kalian bener-bener harus sering baca-baca artikel bahasa inggris yang berat kaya jurnal atau prosiding. Dan kalo kalian ngerti artinya pun ga ngejamin bakalan yakin 100% sama jawaban kalian. Gimana ya, pilihannya tuh mirip-mirip satu dengan yang lain. Tau lah soal UN bahasa Indonesia kaya gimana. Jam 12.00, pengawas benar-benar mengambil lembar jawaban para peserta. Dan saat itulah penderitaan kami berakhir. Banyak raut  wajah pasrah berkeliaran, mungkin mereka juga stress ngerjain soal pikirku.
Aku pikir sebulan bakal berasa lama banget. Taunya, tanggal 11 Desember pun saat ini sudah lewat 3 hari. Ceritanya pengumuman UI dan ITS kebetulan ada di hari yang sama. Lupa apa yang aku pikirkan saat itu, yang jelas aku berniat buka pengumumannya bersamaan. Biar kalo ga lolos langsung tau lah ga ngarep-ngarep lagi. Ternyata pengumuman UI bisa diliat mulai jam 10.00 sementara ITS belum tau pasti. Antara deg-degan sama pasrah jadi satu. Niat buka pengumuman sore-sore hilanglah sudah, berganti dengan rasa penasaran yang cukup besar akan pengumuman SIMAK UI ini.
Alhamdulillah, setelah aku masukin nomor tesku, aku tidak mendapatkan ucapan permintaan maaf dari server penerimaan UI. Ya! Aku diterima! Antara nyangka ga nyangka sih. Alhamdulillah. Intinya aku bersyukur, banget malah. Apalagi kalo inget soal tesnya yang susah kaya ngelupain kamu mas, iya kamu hahaha. Untuk mewujudkan gerakan no pict hoax, aku akan mengupload pengumuman kelulusannya. Cekidot!


Kayanya segini dulu aja info dari aku, semoga membantu ya, semangat! Kalo ada kata-kata yang sekiranya tak enak di hati, maafkanlah. Tidak ada manusia yang sempurna, tirulah yang baik, tinggalkan yang buruk. Be smart netijen kay! wkwkw ƪ(ε

Baca juga:

- Pengalaman Kuliah Magister Ilmu Kimia di UI

34 comments:

  1. Selamat kak udah keterima di kampus UI. Luar biasa!

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kak, maaf mengganggu. Mau nanya, kakak waktu ikut simak UI, soal TPA diisi semua kah? 100 soal diisi semua kak?

      Makasih kak.

      Delete
    2. Iya tp ada yang cap cip cup gitu deh heheh

      Delete
  2. Keren, nggak apa2 gk di UGM juga, tapi memang gitu. Rencana kemana, tapi Allah tahu yang terbaik. Dan kalau UGM, bisa lah liburan maen ke UGM, sekalian jalan-jalan di Jogja..Sukses selalu ya, Teh..

    ReplyDelete
  3. Kak mau nanya, itu setelah lulus simak yg tpa dan b.inggris, apa sudah resmi menjadi mahasiswa kimia ui S2 ? atau ada test lagi setelah itu ? seperti wawancara dan sebagainya ? baru dinyatakan resmi menjadi mahasiswa kimia s2 ui ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo di fmipa sih gaada tes lagi setelah itu hehe tp dinyatakan resminya setelah daftar ulang dan bayar

      Delete
    2. Oh iya kak mau nanya lagi, nanti mahasiswa s2 di ui boleh ikut kegiatan2 di ui misalnya jadi bem atau ikut olimpiade ui layaknya mahasiswa s1 ga sih kak ?

      Delete
    3. Setauku kalo organisasi boleh2 aja tapi organisasi buat mahasiswa pascasarjana sama yg sarjana itu beda. Pokoknya kalo ada event kan nanti dijelasin pesertanya dari mana aja.

      Delete
  4. Kak, 'amunisi' referensi buku apa aja yang kaka pakai untuk tes pascasarjana

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emm apa ya wkwk pelajari contoh soal TPA Bappenas aja, kalo toeflnya, salah satu buku yg kubaca itu toefl killer dari penerbit inspira, tapi untuk contoh soalnya, buku itu kurang sih menurutku. Contoh soalnya justru malah aku belajarnya dari aplikasi yang kudownload dari playstore 😂

      Delete
    2. nama aplikasi nya apa mba yang di playstore?

      Delete
  5. kak maaf mau tanya, boleh mnta link tpa yang bappenas ngk?terima aksih sebelumnya kak

    ReplyDelete
  6. Boleh minta soal tanya mbak?, :)

    ReplyDelete
  7. Bisa minta copy soal TPA dan English Pascasarjana UI mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emmm menurut saya, soal TPA nya mirip dengan TPA versi Bappenas, kalo bahasa inggrisnya, mirip dengan versi longman. Coba cari-cari aja di google mana tau ada hehehehe

      Delete
  8. mba, bener ga klo tes simak s2 ui itu cuman formalitas aja?? udah pasti lulus ya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kata siapa? Ada kok yang ga diterima

      Delete
    2. Kak, apa benar seleksi masuk pasca kimia gak ada wawancara, hanya lewat jalur Simak???

      Delete
  9. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  10. Kak mau tanya, itu yg di upload scan potokopi ijazah yg di legalisir atau scan ijazah asli??

    ReplyDelete
  11. Kak, mau nanya. Hari belajar Pasca Kimia UI itu apa saja ya? Dan jam berapa aja rentangnya? Makasih Kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kamis-sabtu biasanya. Senin-rabu untuk yang matrikulasi.
      Kalau jam nya bisa pagi-sore jam 5.

      Delete
  12. maaf mba, untuk pasca kimia UI apa ada kuota mahasiswa yang bakal diterima?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh kurang tau ya. Tapi sejauh ini mahasiswa yang masuk tiap semester kurang lebih 30an

      Delete
  13. Kak, maaf mau nanya.
    Ini kakaknya ikut pendaftaran yang semester genap?

    Berarti magister Kimia di UI buka 2 kali pendaftaran per tahunnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaa betul, semua bisa dicek di penerimaan.ui.ac.id

      Delete
  14. Menurut mbak Mut, lebih susah mana masuk ui vs its secara tes?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tes nya, susah di UI 😭
      Tapi kalau di UI karena ga tau pendaftarnya berapa, jadi ga bisa bener2 bandingin hehe

      Delete