Wednesday, March 8, 2017

Do It Your PAPER QUILLING PROJECT

When i'm doing a project and it doesn't have any correlation with my #campuslyfe, i always yelling to myself not to regret it. Please, don't ever regret it! Although it takes time, make you tired, don't make it a reason to put off your thesis -i-mean-skripsi-for-you-hey!-bachelor-fighter! 
I have a good quotation for you : 
Time you enjoy wasting, is not wasting time.
By the way anyway awkay, kali ini aku bakal kasih penjelasan bagaimana cara membuat bentuk bunga dengan teknik quilling paper. As always, karena membuat kreasi dengan paper quilling adalah hobi yang wajib disalurkan dan menulis di blog ini juga merupakan sebuah keharusan, well, harusnya sih, walaupun realita mengatakan sebaliknya. Kesibukan kuliah mengalahkan segalanya, ea. hehehe.
Pertama-tama, yang harus kita lakukan adalah menyiapkan alat dan bahan. Alat yang kita butuhkan ada jarum quilling, pinset, gunting, tusuk gigi, dan penggaris berlubang. Sedangkan bahan yang kita perlukan adalah kertas A4 warna yang udah dipotong dan siap digulung, jangan lupa lem fox putihnya ya.

Kertas yang sudah siap digulung tadi bisa langsung digunting satu sisinya. Tapi kalau kita menginginkan bentuk bunga dengan dua warna yang berbeda, bisa kita gabungkan dengan lem dulu kertas warna yang kita inginkan.
Menggunting satu sisi di sini maksudnya adalah menggunting secara keseluruhan satu sisi kertas dengan jarak antar potongan sekitar 2 mm. Ingat, jangan sampai kertasnya terpotong semua. Hanya satu sisi saja yang dipotong.


Setelah selesai memotong, kertas bisa langsung digulung. Ingat teknik menggulung yang pernah diajarin mba asri waktu workshop kan? Jadi ujung kertas dilem dulu melingkari setengah ujung jarum quilling, baru setelah itu kita bisa menggulung melingkari dua bagian ujung jarum quilling.

Kertas yang sudah digulung kemudian dilem ujung akhirnya dan ditekan bagian sisi yang sudah dipotong. Taraaaaa, jadi deh bentuk bunga. 


Bentuk bunga tadi bisa digunakan sebagai hiasan agar hasil karya dari quilling paper kita terlihat bagus. Mungkin dua hasil kreasi ini bisa dijadikan referensi bagi kalian yang ingin mencoba, terakhir, selamat mencoba! :)


20 comments:

  1. Keren (y)
    Kreatif banget ya.. Kalau dilihat-lihat sih mudah sepertinya. Tapi kurang tahu kalau di praktekan :)
    Itu yang bawah burung hantu ya, keren juga. Aku suka.

    Oh, iya. Salam kenal ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Emang harus sabar sih, aku sendiri kalo lagi gak mood juga hasilnya jelek hehe
      Salam kenal juga, terimakasih sudah berkunjung hehe

      Delete
  2. dibuka dengan quotes yang sepertinya adalah mahasiswa tingkat akhir :D
    untuk handcraftnya, kayaknya cuma buat yang telaten aja deh..
    untuk tangan grasak grusuk kayak aku jadinya ga bisa diharapkan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaaak, maba dong, mahasiswa bangkotan wkwk
      Dicoba aja dulu, buat untuk orang tercinta, kan jadi dibuat dengan kasih sayang siapa tau hasilnya jadi bangus 😅

      Delete
  3. Teh kalo beli kertas quilling dimana sih.
    dari dulu selalu pengen nyoba gulung-gulung kertas kayak gini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu kertas A4 biasa koook, banyak di toko alat tulis, yakin lah. Kalo males potong kertasnya mungkin bisa dicoba di toko yang jual bahan untuk handycraft gicuuu.

      Delete
  4. paper quiling?? setau aku itu namanya kertas KOKORU...ehehehehe

    kertas kokoru memang mudah dikreasikan, ada yang buat ular, gajah, dan lain lain. bentuk profesionalnya bunga seperti diatas. plus bisa dikasih manik manik sebuah mata.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bedaaa, kertas kokoru lebih tebel dan bergelombang, iya emang bisa dibuat bentuk2 kaya gitu. Cuma aku ga terlalu suka aja, kertas kokoru punyaku aja bertahun2 ga kepake. Maklum tiap ada barang lucu dibeli gatau gunanya apa, alhasil nganggur deh 😅

      Delete
  5. kreatif sekaliiii!
    suka ama hasilnya, jadi ky barang berkelas xD
    itu bisa tuh buat dijadikan sebagai ladang usaha, hehe kalau mendekati waktu2 wisuda bs banyak dpt orderan :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaaaa! udah banyak temen yang nyaranin buka orderan. Tertarik sih, tapiiii masih belum berani. Tipe2 orang yang ga tega nodong temen buat bayar. Lagipula masih rusuh penelitian juga... Hehe

      Delete
  6. Kalau baca tutorialnya sih kayaknya mudah sekali ya mbk, tapi saat diparaktekkan rasanya sulit hihihi, emang gak bakat dan males aja mungkin ya hahahaha.

    Btw kreatif sekali ini karya tanganmu mbk, bisa dijadiin bisnis nih. Bener juga kata Citra Pradipta bisa dijadiin ladang usaha pas mau wisuda nih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ih gampang tau, tapi ya itu emg butuh kesabaran dan ketelatenan hehe
      Mungkinnnn kapan2 bisa beneran dijadiin ladang usaha 😁

      Delete
  7. Widiih kreatif banget. Gua baru tau caranya dengan baca blog ini. Lumayan tuh jadiin hal kreatif kamu buat dapetin rezeki.
    Eh, gua kan baru baca blog disini. Nah, lain kali bisa dikasih tau "trik menggulung yg diajarin mba asri waktu workshop" itu yang kayak gimna? Kalo pernah ditulis atau ada videonya bisa di kasih tau di artikel yang kamu tulis. Biar orang yang baru pertama baca bisa ngeliat maksud kamu itu :D
    Cuma saran, selebihnya semoga kamu tetep kreatif.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada linknya sih,pernah aku tulis di blog ini tapi mau cantumin link nya kemaren buru2, sampe sekarang belum sempet ngeditnya wkwkwk sok sibuk gicu wkw
      Aamiin terimakasih sarannya 😀

      Delete
  8. Kertas quiiling ya itu nama kertasnya?
    Itu kertas jenis apa? Belinya di mana?
    Hehe aku baru tau jenis itu

    Anyway aku juga suka bikin bikin craft gitu, tapi biasanya pake kain flanel,kain perca atau kertas berkas gitu. Belum pernah coba pake kertas itu. Tapi kayaknya hasilnya lucu deh. Jadi oenasara oengen coba juga

    ReplyDelete
  9. Ntap! Kreatif banget nih. Hihi
    Buat kado ke pacar bisa kali ya, hihi

    Liatnya sih simpel, tapi klo gue yang coba dengan hal kreatif yang cemen mah gue rasa bakalan sulit. Haha

    ReplyDelete
  10. what a creativity, what a handmade. kriatip yak buatan tangannya itu, pasti nilai keseniannya dulu waktu di seolah bagus-bags :))

    ReplyDelete
  11. Eh baru buka postingan yang ini, ternyata ada tahap buat bunga dll juga. Bagus banget Mba

    ReplyDelete