Saturday, May 21, 2016

Membuat Bentuk Bunga dengan Teknik Paper Quilling

Selamat pagiiiii, selamat menikmati weekend (((buat yang hari sabtu libur aja sih)))
Jadi minat buat paper quilling nih? Kali ini aku akan menjelaskan gimana sih cara buat bentuk bunga dengan teknik paper quilling. Aku ga akan menjelaskan alat dan bahan yang diperlukan karena sebelumnya udah pernah posting tentang alat bahan buat paper quilling. Kalau ada yang belum tau buka sini ajaaaa.
Cara membuat bentuk bunga dengan teknik paper quilling ini gampang kok. Kemaren kan aku udah post gambar bentuk-bentuk dasar pada teknik paper quilling. Nah untuk membuat bentuk bunga ini, secara singkat yang harus kita buat adalah bentuk gulungan longgar dan dari gulungan longgar ini kita bisa buat bentuk marquise yang mirip daun atau apalah namanya ga terlalu paham juga. Oke langsung ajah ini dia caranya :
1. Selipkan kertas spektra ke sela-sela jarum quilling, setelah itu lem bagian ujungnya supaya tidak mudah lepas.

2. Tunggu sampai kering baru mulailah menggulung. Gulungnya gulung biasa lah. Ini wujudnya kalo dilihat dari sisi yang berbeda.

3. Gulung-gulung-gulung-gulung sampai ujung kertas, jangan lupa pegang yang bener biar ga lepas wkwk karena kalo udah lepas sakitnya tuh di sini sis :")

4. Upssss masih sama hahaha ini yang di gambar masih tahap menggulung juga kok. By the way udah pada tau kan kenapa itu kertasnya bisa warna ijo sama kuning jadi satu? Yap, dilem! Yayay lah mau diapain lagi kalo ga dilem. masa setaples (((SETAPLES))).

5. Hasil gulungan tadi dilepas dari jarum quilling dan agar hasil ukurannya sama, masukkan ke lubang yang ada di penggaris. Terserah mau yang mana sesuai kebutuhan aja. Abis itu dilem deh. Yang bentuk lingkaran itu namanya gulungan longgar. Ingat, gu-lu-ngan long-gar!

6. Tekan gulungan longgar tadi di dua tempat yang berseberangan, biar bentuknya jadi begini. Ini mirip bentuk marquise, tapi sepertinya bukan. hmmm yang penting bentuknya seperti ini ya sista. Jangan lupa buat yang banyak minimal lima, biar bisa disusun jadi bunga.

7. Terakhir! Susun gulungan bentuk daun ini menjadi bentuk bunga, jangan lupa lem bagian bawahnya. Taadaaaa ini dia!

Udah ngerti kan sekarang cara buatnya? Kalo belum, coba diliat-liat lagi gambarnya. Soalnya aku pikir itu sudah bisa menjelaskan dengan detail bagaimana cara membuatnya. Yang tadinya ga minat buat, ada yang berubah pikiran ga? Selamat mencoba :)

2 comments:

  1. Eh baru tau saya kalau fungsi dari penggaris yang ada lingkarannya itu kek gitu, kwkwk kreatif mbak bisa bikin bunga bunga lucu gitu.

    ReplyDelete
  2. bagus. kreatif juga, cocok buat ngajarin anak TK nih tips bikin bunganya. Mkasih dan salam kenal

    ReplyDelete