Monday, August 18, 2014

Novel Rhapsody (by Mahir Pradana)

Cover (Sumber: kubikelromance.com)

Alooooha!!! selamat siaaang!!! hehe
Tadi malem baru aja selesai baca novel inspiratif yang banyak pelajaran hidupnya. Kalian harus baca novel ini ya! Terutama buat traveller-traveller yang suka jalan-jalan keliling dunia. Check this novel out yippie yippie ;)

Judul novel :
Rhapsody
Penulis :
Mahir Pradana
Penerbit :
Gagas Media 
Tahun Terbit :
2013
Tebal :
322 halaman
Harga :
Rp 48000

Singkat cerita, novel ini menceritakan kisah hidup seorang pria Makassar bernama Abdul Latif Said yang biasa dipanggil Al. Pria ini memiliki hobi travelling disela-sela rutinitasnya kuliah jurusan perhotelan di Swiss. Beberapa kota yang pernah dikunjunginya antara lain Praha, Madrid, Kopenhagen, Paris, dan Berlin. Setelah lulus ia mengelola sebuah hostel yang dulunya merupakan hotel milik mendiang ayahnya. Al benar-benar merintis dari bawah bisnis hostel yang diberi nama "Makassar Paradise". Dengan seorang kariawan yang biasa ia panggil "Bebi" (Jangan berpikiran dia seorang perempuan), ia sangat mengharapkan usaha hostel miliknya akan sukses. Tapi kesuksesan tidak akan diperoleh dengan mudah. Pada awal pembukaan hostel Makassar Paradise, jumlah pengunjungnya nyaris tidak ada. Sampai-sampai Al pernah berniat menutup bisnis hostelnya, hingga sebuah keajaiban datang dari seorang pria Spanyol bernama Miguel.


Selanjutnyaaaa, emmm baca sendiri aja deh makanya beli! hahaha pinjem deh pinjem :p
Tenang aja ada bagian percintaannya juga kok. Ya kan dibalik pria yang sukses pasti ada wanita di sampingnya B)

Kelebihan novel ini kalo menurutku selain ceritanya bagus dan sangat menginspirasi yaitu adanya 11 Lessons of life di awal beberapa bab.
1. Do your best to hang on to your dream!
2. Strangers are just families you haven't met
3. Dream needs to be decorated
4. Do not look for an exit strategy! You better try to find a commitment strategy
5. Love is not an easy thing. Be prepared!
6. Everybody loves a joker, but nobody likes a fool
7. Every dream has a deadline, then a good dreamer must ignore the deadline
8. There will always be trouble that makes you so angry that you want to burn the world down. But if the world is burned, where will you live?
9. Miracle can happen twice if you don't stop believing in it.
10. The world is a compilation of dreams that have come true.
11. The most wonderful moments in life is when our dreams finally come true.
Paling seneng sama lesson of life no. 7, 8 sama 9. 
Pernah ngalamin gak? Misalnya gini, kita lagi ada bisnis nih trus rencananya 3 tahun lagi bisnis itu udah gede. Kita udah usaha semaksimal mungkin tapi 3 tahun berjalan bisnis itu nggak maju-maju juga. Jadi gimana? kita mulai usaha baru dengan deadline baru? Jawabannya enggak. Deadline itu cuma parameter yang kita buat sendiri, yang seharusnya kita buat untuk introspeksi diri udah sampe mana sih usaha kita? Kalo ternyata belum maksimal ya harusnya kita belajar lagi, lebih mendalami bisnis kita itu. Memulai usaha baru nggak menjamin kita bakal bisa menepati deadline baru itu lho... masih banyak sih contoh yang lain.

Terus ya kalo kita sedang dalam keadaan terpuruk dan lingkungan sedang tidak mendukung gimana sih rasanya? rasanya pengen benci semua orang yang ada di sekeliling kita kan? Padahal kamu ga punya siapa-siapa selain mereka. Kalo mereka udah bener-bener gaada atau gamau bantuin kamu karena kamu benci mereka, terus kamu gimana?

Tapi sebenernya lesson of life no. 8 bisa dijawab dengan lesson of life no.9. Kalo udah gaada yang bisa bantu, percaya sama keajaiban aja deh wkwkw. Jangaaaan! Iya maksudku jangan cuma percaya-percaya aja. Usahanya mana dong!

Alur dari novel ini campuran, kadang maju, kadang mundur. Walaupun campuran, alurnya sama sekali nggak membingungkan kok.

Tapi di dunia kan nggak ada yang sempurna, begitu juga novel ini. Sebenarnya kekurangan novel ini ga begitu penting. Pada bagian yang menceritakan pernikahan Siska dan Miguel, di novel dituliskan bahwa kakaknya menikah pada bulan Januari, hamil setelah empat bulan menikah, tapi si bayi lahir bulan September. Berarti siska melahirkan pada usia kehamilan sekitar 5 bulan. Kalo bukan penulisnya yang salah membuat cerita yang ambigu, ya aku yang salah mengartikan kalimat.

Oh iya terus, si Al selalu menggunakan sapaan "Gue-Lo" padahal dia asli Makassar. Padahal si Bebi menggunakan logat Makassar dalam cerita. Kalo menurutku sapaan yang lebih pas digunakan adalah "Aku-Kamu".
Ini sih menurutku, pendapat orang kan bisa berbeda-beda. Gimana? Udah ada yang berniat "pinjam"? wkwkw

No comments:

Post a Comment