Wednesday, February 23, 2022

Pengalaman Ikut Kelas Online Speaking di Mr BOB Kampung Inggris

Zaman sekarang ini, kamu sering ngerasa nggak sih? Ketatnya persaingan hidup secara otomatis menuntut kita untuk bisa melakukan banyak hal. IMHO, sekarang pinter aja tuh nggak cukup. Kita harus punya beragam skill, baik itu hard skill maupun soft skill yang bisa mendukung karir kita. Apapun bidang kita, apapun skill yang kita miliki, pada akhirnya kita akan butuh satu skill utama, yaitu komunikasi.

Yap, komunikasi. Kenapa? Yaaa.. gimana orang lain bisa tau tentang hasil karya besar kita kalau kita tidak mengomunikasikannya?

Via gambar? Emm mungkin ini bisa, tapi ingat, nggak semua orang bisa memahami kita hanya dengan melihat objek visual aja.

Cara komunikasi paling efektif adalah dengan berbicara secara langsung. Emm… wait... wait... disclaimer dulu deh yaa. Di tulisan ini aku nggak bakal bahas teori komunikasi efektif, jadi ceritanya ini pendahuluan yang kepanjangan aja gitu ehehe.

***

Nah ngomong-ngomong tentang komunikasi, kamu setuju kan, saat ini arus informasi itu udah bersifat global? Aku ngerasa banget karena aku sering dihadapkan pada situasi di mana aku harus mencari sumber dari tulisan berbahasa inggris.

website kelas online kampung inggris

Belum lagi tawaran-tawaran mengajar dalam bahasa inggris saat ini juga mulai banyak berdatangan. Sometimes I am kinda frustrated because of this era. Bisa dibilang aku adalah generasi 90-an yang Bahasa inggrisnya pas-pasan.

Untuk skill membaca, menulis, dan mendengar percakapan dalam bahasa inggris, aku nggak terlalu banyak menemukan kendala. Tapiii… untuk skill berbicara dalam bahasa inggris, aku ngerasa skill ku jongkok banget.

Permasalahannya sebenernya sepele sih, aku cuma kurang pede aja menyampaikan sesuatu dalam Bahasa inggris. Yaa gimana, bawaanya takut salah.

Jadi selama ini kalau aku mau presentasi dalam Bahasa inggris, aku harus menyiapkan materi dengan matang, dan membuat script supaya di hari H aku nggak bingung mau ngomong apa.

Nah awal Januari 2022 lalu akhirnya aku nyobain ikut kelas online speaking di salah satu bimbel Kampung Inggris Pare, Namanya Mr. BOB. Sebenernya waktu itu aku iseng sih, karena kebetulan periode itu lagi ada diskon yang lumayan gede.

Untuk kelas online speaking, Mr. BOB menyediakan 4 jenis program:

  1. Baby Talk
  2. Speak Up 1
  3. Speak Up 2
  4. Speak Up 3

Masing-masing program, ada 2 jenis paket, yaitu Regular dan VIP. Reguler itu isinya maksimal 3 orang, sementara VIP yaa kayak privat aja 1 tutor 1 siswa.

Kebetulan waktu itu aku join Speak Up 1 yang Regular. Speak Up 1 tujuannya buat dongkrak PD kita dalam berbicara Bahasa inggris. Biasanya untuk kelas ini biaya kelasnya Rp 750000 untuk 10 pertemuan (@ 60 menit) selama 2 minggu. Tapi waktu itu aku cukup bayar Rp 499000.

Jadi kenapa sih kok ambilnya yang regular? Selain lebih murah, yaa biar punya banyak temen aja dan bisa lebih banyak ngomong pake Bahasa inggris. Sebenernya kebanyakan juga nggak enak sih, makanya kelas regular Mr. BOB ini menurutku pas karena mereka menjamin maksimal satu kelas ada 3 siswa.

Gimana cara daftarnya?

Waktu itu aku DM dulu Instagram @mrbobkampunginggris. Yaa nanya-nanya ada program apa aja. Setelah itu baru deh chat admin via whatsapp. Waktu itu mbaknya agak slow respon akhirnya aku chat nomor yang lain. Tapi setelah itu malah dua-duanya bales di waktu yang sama.

Di whatsapp mereka minta data lengkap kecuali NIK ya wkwk jadi masih aman. Ada beberapa pilihan jam yaitu 14.00; 15.00; 16.00; dan 17.00 WIB.

Aku pilih jam 17.00 WIB karena kemungkinan jam segitu aku udah ada di rumah. Soalnya kalau bolos nggak ada penggantian jam belajar gitu. Kecuali bener-bener mendesak, nah itu bisa diinfokan maksimal H-2 jam sebelum kelas. Itupun maksimal dua kali, dan kelas akan diganti hanya di hari sabtu atau minggu.

Bagi yang mau daftar, dipastikan bener-bener yaa, karena pembayaran bersifat Non-Refundable termasuk jika terjadi Force Majeure seperti bencana alam.

Gimana sistem kelasnya?

Kelas online Speak Up 1

Yang jelas, ONLINE ehehe. Pakainya zoom, link dibagi di hari pertama kita masuk dan itu dipakai seterusnya sampai pertemuan ke-10.

Saat mendaftar aku request tentor perempuan supaya lebih enak ngobrolnya. Dan ternyata doi youtuber dengan belasan ribu subscriber, keren nggak tuh. Boleh dicek “Hi Elbas” :D

Kebetulan saat itu aku dapet temen bapak-bapak yang sibuk banget. Bapaknya selalu dateng telat itu pun hanya di minggu pertama kelas. Minggu selanjutnya aku berasa kayak ambil kelas VIP.

Secara keseluruhan kelasnya seru. Siswa diberikan modul pembelajaran sesuai program yang diambil. Setiap awal kelas, tentor meminta siswa untuk sharing apapun tentang kehidupannya. Jadi bener-bener kita dipersilahkan untuk banyak omong gitu deh.

Nah terakhir, bagi yang minat bisa dicek aja website, akun Instagram atau boleh langsung chat adminnya yaa.

Pesan dariku cuma satu, mau sebaik dan semahal apapun bimbelnya, kalau nggak ada kemauan dari dalam diri kalian sendiri untuk belajar, hasilnya akan sama aja. Jadi kalo udah daftar, yang serius yaa, sayang uangnya ehehehe. Semoga info ini membantu 😊

32 comments:

  1. Aku malah penasaran sejak dulu pengen nyoba kelas langsung tatap muka di Kampung Inggris Kediri ini, soalnya gak begitu jauh dari kotaku sih.. tapi kapan ya 😁 sok sibuk selalu jadi alasan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebetulnya aku dari dulu juga gitu kak. Pengen nyobain ke kampung Inggris, tapi waktu ga pernah cocok. Kalopun cocok, gaada temen jadi takut wkwk

      Delete
  2. Dari dulu pengen dateng langsung ke Kampung Inggris mbak, karena ada temanku yg pernah ikutan, tapi aku tanunya telat banget, setelah aku kerja di jkt jadi waktunya sangat ga memungkinkan hiks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waktu emang jadi masalah utama huhuhu. Emang lebih seru kalo ke sana langsung sii kak, menurutku lebih worth juga. Soalnya kata temen aku, di camp nya juga harus ngmg bahasa inggris. Tapi kalo sekarang2 ini serem sih kan lagi pandemi....

      Delete
  3. Setujuuuu, semua tergantung kitanya juga ya mba.

    Nah kalo soal bahasa asing, memang sih, kalo mau lancar, ya harus berani bicara, supaya bisa bener2 menguasai. Percuma kalo tau teorinya, vocabularies banyak tahu, tapi bicara ogah. Yg ada passif doang kemampuan BHS asing kita.

    Aku dulu awalnya juga paham teori. Tapi pas dikuliah di luar, dan semuanya 100% Inggris termasuk studentsnya orang asing semua, baru ketahuan aku msh lemah di conversation. Akhirnya di kampus aku ambil kelas bahasa setahun, sampe menguasai dan bisa ikutin kuliah.

    Untungnya lulus dari sana aku keterimanya di foreign bank yg mana nasabahnya rata2 bule. Mau ga mau, kepake lagi 😁.

    Sekaraaaaang udah 3 tahun resign, ga pernah ngomong lagi. Udah mulai halting lagi mbaa wkwkwkwkwkw.

    Btw, tadi baca komen mba di postingan blogku, aku sbnrnya aktif tulisan barunya mba. Cuma memang kalo buka blogku dari hp, hrs scrolling sampe bawah , baru kliatan ada 2 kotak yg pertama membahas traveling only, yg kotak kedua di bawah kuliner only 😄. Nah Krn ga ada bahan traveling, akhirnya kuliner yg paling aktif aku tulis skr ini 😁🤭.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Huaaa pernah kuliah di luar ya kak? Sampe sekarang itu cuma mimpi buatku karena kondisi ga memungkinkan 😂 intinya belajar bahasa itu perlu niat dan motivasi yang kuat dari dalam diri masing-masing. Kalo engga yaa, menurutku bakal sama aja.

      Wahhh baiklah nanti bakal blogwalking ke blog kakak lagi deh. Soalnya emang kalo liat dari yang paling atas. Ternyata yang bawah2 itu yg artikel baru2 yaa...

      Delete
  4. Baca terakhir nya makjleb banget, memang betul semuanya tergantung kemauan kita, kalo memang niat belajar agar pintar bicara bahasa Inggris pasti bisa, apalagi dibimbing sama yang sudah ahlinya. :D

    Tapi kalo aku jangankan ngomong, suruh baca tulisan bahasa Inggris masih harus mengandalkan google translate, tapi kadang ada tulisan yang tidak bisa di copy paste, akhirnya nyerah deh.😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaps, kalo niat dan motivasinya kuat, ga perlu bayar mahal-mahal udah bisa sendiri tuh. Sekarang di internet, YouTube udah banyak materi tentang bahasa Inggris itu. Buat speakingnya, kan bisa dilatih pertama dengan ngomong depan kaca ehehehe

      Delete
  5. Betul sekali. Seindah apapun kita bermimpi tanpa dikasih tdhu orang lain tak ada yang peduli. Jadi kumukasi itu amat penting.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaap betul Bu. Bahkan sekarang juga banyak kursus-kursus public speaking, yaa biar bisa berbicara di depan umum dengan baik. Komunikasi penting banget:)

      Delete
  6. Senengnya dapet tutor face to face buat speaking and listening. Apalagi ada youtubenya, bisa dijadikan ekstra pembelajaran.
    Ponakanku dikirim mamanya ke kampung Inggris, tapi ga tau niatnya apa waktu pergi, karena pulang pulang bahasa inggrisnya tetap aja "gitu-gitu"...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seneng tapi kadang malu juga ehehehe. Pinter-pinternya kita buat mengendalikan diri, biar ga terlalu malu tapi ga terlalu sok tau juga wkwk tapi kata tutornya banyak omong makin bagus. Ya mungkin karena programnya speaking sih ehehe

      Mungkin ponakannya masih malu2 untuk bicara, atau peningkatannya bagian writing sama reading jadi kan ga keliatan...

      Delete
  7. Seru kayaknya, bisa belajar bareng sama orang-orang dengan minat sama. Apalagi bahasa Inggris termasuk ke dalam soft skill yang menunjang pekerjaan di era digital.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seru bangettt, soalnya bisa sharing pengalaman juga sih. Kalo sharing bisa dicoba juga pake bahasa Inggris krna minatnya sama, ehehe maybe...

      Delete
  8. Beberapa kali selama pandemi ikut kelas daring, ada yang masuk, ada juga yang mungkin menurutku kurang nyaman hehehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak faktor sih yg menentukan kelas online itu bakal "hidup" atau enggak. Mulai dari guru, teman-teman, dan diri kita sendiri bagaimana menyikapi nya. Ketiganya punya peran masing-masing membuat kelas lebih nyaman...

      Delete
  9. Bimbelnya udah bagus tapi kitanya malas-malasan belajarnya ya susah juga sih.
    Jadi kudu imbang bimbelnya oke, kitanya semangat buat belajar maka bisa dapat ilmunya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nahh, dan ini sebetulnya berlaku pula untuk kelas offline. Nggak cuma online aja. Kadang ada yang dateng les cuma untuk nurutin ortu, atau yaah asal berangkat aja ga niat mau belajar sungguh-sungguh. Hasilnya.. bisa diprediksikan sendiri deh wkwk

      Delete
  10. Setuju banget, percuma bimbel bagus tapi niat untuk belajar ga ada sekali. Bahasa inggris memang sangat penting sebagai penunjang berkomunikasi. Belajar paling sederhana yaa membiasakan diri untuk ngomong dalam bahasa inggris.

    Artikel yang menarik mbak mutiara :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkw nah berarti apapun harus diawali dengan niat baik ya mas. Terimakasih sudah berkunjung 😅

      Delete
  11. Kemampuan bahasa Inggris saya yang paling mending cuma membaca, karena niat saya dari awal yang penting tuh saya mampu membaca buku-buku berbahasa Inggris. Sampai di kemudian hari, ketika saya melamar pekerjaan menjadi penulis artikel, saya betul-betul mati kutu ketika tesnya meminta saya bikin artikel singkat dengan suatu kata kunci dalam dua bahasa yang durasinya 1,5 jam. Indonesia sih lancar, sementara yang Inggris grammar saya ternyata kacau banget. Alhasil dua tahun terakhir ini mulai belajar komunikasi lagi, minimal melatih kepercayaan diri dengan mengobrol via discord bareng teman main game asal Thailand, Vietnam, Jepang.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nah kan, kerja apapun sekarang harus prepare kalau kondisi memaksa kita buat bisa bahasa Inggris. Tapi kalau buat nulis mungkin masih bisa diakal-akalin ya, pake aplikasi gitu...

      Delete
  12. seru bangettt

    Coba yah kalau aku nggak kerja
    Pengen juga nih ikut ini huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Lhoo jangan salah, aku juga kerja kak hehe. Tapi pulangnya sore sih, jadi ikut kelas jam 5 sore masih keburu. Kalo pulangnya yang sore banget menjelang maghrib, yaa susah. Tapi coba dikonfirmasi ke admin barangkali bisa gitu hehe

      Delete
  13. Interesting post.
    Greetings from Poland :)

    ReplyDelete
  14. Menarik dan alami juga produk dari Scarlett ini yaa mbak dan variannya juga banyak, Sehingga kita tak perlu ragu menggunakannya termasuk pada wajah kita.😊😊

    ReplyDelete
  15. Waah asik juga yaa mbak tatap muka sambil belajar bahasa inggris, Atau bisa juga belajar bahasa inggris sambil bertatap muka.😁😁

    ReplyDelete
  16. Scarlete sedang naik daun ya, Mbak Mutiara. Terima kasih telah berbagi informasi. selamat malam.

    ReplyDelete