Sunday, September 25, 2016

Hiasan Dinding Paper Quilling

Minggu pagi enak nih kalo dipake buat bikin sesuatu yang menghasilkan. Kali ini aku mau bahas tentang paper quilling. Aku lumayan sering sih bahas paper quilling. Mulai dari bentuk yang sederhana, sampai yang lumayan ribet. Walaupun hanya dalam beberapa postingan aja. Terakhir aku bikin postingan tentang cara membuat bentuk bunga. Nah kali iniii, aku pengen kasih referensi aja hasil karya akuh yang menurutku paling ribet bikinnya, yang harus mengerahkan seluruh tenaga, waktu, harus ekstra sabar, dan jangan lupa ide kreativitasnya.
Ide ini juga berkat ikut workshop paper quilling bareng mba asri beberapa bulan yang lalu sih. Ini dia! Jenis alat dan bahan yang aku pake udah pernah aku jelasin ya di siniii. Cara bikinnya gini, pertama kalian beli kertas A4 tebal warna putih, atau terserah kalian warna apa. Cari jenis font yang sekiranya lebar per hurufnya cukup untuk dimasuki kertas quillingnya. Kaya yang ada di gambar. Jangan pilih jenis font huruf seperti Times New Roman, atau Arial, atau Comic Sans. Buat di corel draw kalo pengen ukurannya tepat seperti yang kalian inginkan. Kalo ga bisa, pake word biasa juga gapapa.
Setelah itu tempelkan kertas quilling lebar 5 mm dengan posisi berdiri, maksud aku engga sejajar sama kertasnya. Kalo aku pilih warna hitam biar bisa jadi pembatas hurufnya. Aku berharap kalian mengerti maksudku huhuhu. Isi bagian dalam hurufnya dengan bentuk sesuka kalian. Kalo aku sih senengnya bikin gulungan S yang banyak. Gulungan S pernah aku bahas juga ya ehehe.

Perlu kalian tau, bentuk ini cuma referensi buat kalian aja. Selebihnya, terserah kalian, kreativitas itu gaada batesannya ya. Untuk bentuk kupu-kupunya, mungkin lain waktu aku bakal jelasin secara detail. Kalo mau cepet, buka youtube aja, banyak kok tutorial-tutorial paper quilling.

Untuk membuat logo, dan tulisan-tulisannya, caranya print biasa aja kok pake kertas HVS, bentuk sesuka kalian juga. Cara menempelkan tulisannya yang penting setelah gulungan-gulungan S memenuhi ruang kosong tertempel rapi, barulah tulisannya ditempel.


Bagian tersulit adalah bagian ruang kosong antara satu huruf dengan huruf lainnya. Sebenernya cuma nempel biasa, tapi harus ekstra hati-hati dan sabar. Karena jarak kertas satu dan yang lain cukupbisa dibilang sangat mepet heheu. Mirip sama kaya bentuk pelangi, bentuk pelangi yang aku bikin ini jaraknya agak lebaran jadi lebih gampang dibuat. Dan tantangan buat kalian adalah, gimana cara nempelin semua kertas itu tanpa belepotan lem-nya. SO, WANNA TRY THIS AT HOME?

Bonus nih, siapa tau bisa jadi referensi lain... mungkin lain kali aku juga akan kasih tau cara buat bentuk bunga yang kaya di bawah ini, kalo sempet hehe. Selamat mencoba :3


1 comment:

  1. kreatif banget ini.. cocok buat hiasan dinding di rumah ya.

    ReplyDelete