Sunday, February 28, 2016

Randomness Story-A college life-Road to S.Si

Helaaaaaaaw, time goes by so fast gengs... tau-tau udah 2016 yaaa 
Ga kerasa udah masuk aja semester enam (((SEMESTER ENAM))), banyak yang bilang sih ini semester penentu kapan el mau angkat kaki dari kampus dan dapetin selembar kertas penuh makna (read: ijazah). Semoga aja aku ga makin sering khilaf bobok di kelas, telat, atau bolos, atau lupa belajar, atau sengaja gak belajar, dan segala kekhilafan lain yang secara-paksa-dianggap-wajar, yang biasa terjadi di semester-semester sebelumnya, aamiin fiuh doa yang cukup panjang ya gengs. Jangan lupa plis do'ain muti bair cepet lulus dan gak mengalami presipitasi berlebihan di kampus, okay? muah! 
Udah lama ya ga posting di blog, huhu mau cari alasan kayanya ga perlu deh. Muti kan dah sering cari-cari alasan, sudah cukup aku hanyut dalam dunia fana ini, sudah cukup aku menipu diriku sendiri, hmm apasi mut ga jelas banget.
Biasanya tiap masuk ke tahun baru, aku selalu nge-review ya apa aja kekacauan yang telah kuperbuat, yang atas izin Allah terjadi di muka bumi ini *halah. Tapi sekarang udah masuk bulan kedua, akhir lagi. Kayanya udah ga cocok buat nulis-nulis yang begituan. Maapkan muti ya 2015, bukan ku tak ingin mengingatmu. Thank you so much, tahun 2015 adalah tahun di mana aku dapet banyak pengalaman baru.
Pengalaman paling teringat sepanjang masa adalah pengalaman presentasi di PIMNAS 28 Universitas Halu Oleo Kendari, Sulawesi Tenggara, di depan manusia-manusia berlabel mahasiswa yang cerdas, super-duper kreatif, yang bikin nervous, dan insya Allah bisa menjadi penerus bangsa inih di masa yang akan datang wkwkw, kok aku geli ya ngetik dengan bahasa seperti ini. Pengalaman tak terlupakan lainnya adalah dapet nilai D untuk pertama kalinya, dan kuharap untuk yang terakhir kalinya juga. Agak lebay sih tapi hmmm dapet nilai D ini bener-bener mengguncang jiwa, you know that kesalahan yang aku lakuin ga se-fatal itu. Nah dua pengalaman itu bener-bener seperti dua kutub berkebalikan. Namanya juga hidup, pasti ada seneng ada susahnya, kalo seneng terus ga ada feel nya ya kan gengs wkwkw.
But life must go on, now lemme tell you my first experience ngekost di Jekardah, ngegawl sama analis-analis di laboratorium bea cukai, dan ngebolang di Bandung. It's gonna be a long story gengs. Pengalaman seru di awal tahun, pembuka buat pengalaman-pengalaman seru lain di tahun 2016 ini. Wait-wait, udah tau kan ya dari pertengahan Januari sampe pertengahan Februari ini aku punya kosan baru, di Jakarta. Ceritanya sih dalam rangka Praktik Kerja Lapangan yang cuma 1 SKS tapi ribet banget ngurusnya itu loh. 
Dulu aku pengeeen banget ngerasain PKL di Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia a.k.a LIPI Serpong. Dua tahun yang lalu sempet ngadain kunjungan ke sana. Alatnya lengkap, penelitian yang dilakuin juga sangat menarik perhatianku, walaupun labnya agak berantakan gitu sih  ʃ(˘ƪ)  ups...
Ternyata eh ternyata setelah daftar PKL di sini, PHP nya kebangetan banget. Muti yang engga sabaran ini dengan mengucap Bismillah mengundurkan diri dan daftar di tempat lain, yang tak lain tak bukan adalah Balai Pengujian dan Identifikasi Barang (BPIB) Jakarta. Aku ga ngerti-ngerti banget ini balai macam apa wujudnya, yang kutau cuma ini laboratorium punya ditjen bea cukai, tau tempat ini juga karena pernah denger dari temen itu aja sih.
Proses daftarnya juga cepeeeet bangeeeet, nelpon-bikin proposal-kirim-konfirmasi semua cuma dalam waktu 2 minggu. Disaat temen-temen lain masih nunggu kepastian tempat PKL, aku udah leha-leha santai kaya di pantai getoh. Alhamdulillah yah  (♥♥,) 
Ga kerasa, tau-tau udah tanggal 21 Januari ajah. Waktunya muti dan heralda go to Jekardah by gumarang train via Semarang Tawang railway station. Okaaay ini juga pengalaman pertama naik kereta eksekutip, sekaligus pengalaman kedua naik kereta api dalam kurun waktu 20 tahun lebih 4 bulan masa hidupku wkwkw. Saran, jangan pernah naik kereta eksekutip gumarang karna sama capeknya kaya naik kereta ekonomi. Kalo lagi ga buru-buru banget mending naik bus atau pesawat aja sekalian. Nyampe nya juga telat, harusnya sampe di Stasiun Pasar Senen jam 3 pagi, kemaren aku nyampe jam 4. Tapi kalo kemaren sih malah menguntungkan biar ga kelamaan di stasiun-nya.
Singkat cerita, tanggal 25 Januari aku mulai PKL di BPIB. Bangunannya ga terlalu gede sih, banyak tulisan bea cukai nya gitu, tulisan BPIB-nya malah kecil wkwk. Hari pertama dateng jam 07.10, karena abis gerimis jadi pegawai yang dateng baru dikit. By the way, aku baru tau seragam yang dipake mereka item-tem sama kaya seragam yang dipake Silphong, temen seumur hidup akuh hahaha. Banyak yang bilang "Yaiyalah kan mereka pegawai bea cukai", maklumin muti plis, muti kan ga tau.
Setelah menunggu selama 50 menit, akhirnya kita bertiga (note: kita PKL bertiga, yang satu namanya tomah, dia nyusul karena rumahnya Tangerang) disuruh naik ke atas. Kita dijelasin nananina lalalala tentang aturan PKL di BPIB. For your information, mereka bener-bener ramah. Dua minggu pertama kita ngikut analis, banyak barang yang di analisis di sini. Pokoknya semua jenis barang ekspor-impor ada deh. Mau barang mentah kaya bijih plastik, surfaktan, pewarna, pelumas dan zat aditif pelumas, alkohol, pasir besi, zircon, pupuk, pestisida, besi, baja, gandum sampai barang jadi kaya sepatu, tas, selimut semuanya adaaaaa. Dan yang bikin mata ijooooo adalah instrumen yang ada di sana bener-bener lengkapppp, SEM-EDAX, FTIR, GC, MS, XRF, XRD, HPLC, LCMS, AAS, TG-DTA, AAA, OES, UV-VIS, dll. 
Gausah ditanya dapet ilmu apa, yang jelas banyak. Aku baru tau teknik pengenceran itu ribet banget. Harus di lap dulu lah, pelan pelan, kalo filtrasi harus pake ganjel. Semuanya harus serba tepat, apalagi kalo pengujian yang dilakukan sifatnya kuantitatif. Ku rada lelah di awal, jenuh di tengah, tapi secara keseluruhan, aku seneng bisa belajar bareng mereka. Ngerasain gimana frustasinya cari judul, nge-lebur pasir besi pake api yang membara yang bikin baper takut mati terus kena api neraka *halah, sampai akhirnya aku memutuskan buat ambil judul analisis surfaktan.
Terimakasih buat Pak Delfiendra, Pak Sofian, Pak Sapta, kak Wina, kak Christin, kak Chendra, kak Chila, kak Wewe, mas Faisal, mas Irhas, kak Devi, kak Herwin, mba Dinda, mas Jono, mas Joni dan semua penghuni BPIB, kusayang kalian hehe {} Makasih buat ilmunya, waktunya, keputriannya tiap jum'at siang, ngaji nya, sholat jama'ahnya, makan siangnya, snack pagi nya, ultramilk nya wkwkw. Ku kan segera kirimkan laporan fix nya setelah acc dosen hehehe.




Sebulan di Jakarta, sayang dong kalo engga main-main sama sekali. Kemaren sempet makan di MOI, main ke kota tua bareng temen-temen SMA, trus ada part dua nya pula bareng temen-temen kuliah. Setiap minggu dijemput budhe pakdhe diajak nginep ke cengkareng, mampir ke rumah budhe di pasar rebo, makan ke daan mogot mall, jalan-jalan ke Bintaro Jaya Xchange, menyelundup ke STAN, kosan tikong, naik bus wisata sampe masjid Istiqlal, naik metromini, naik KRL, busway, bajaj, taksi, jalan kaki sampe ITC, laundry yang harganya 2x lipat dari laundryan semarang, ngerasain makan kere lauk ikan teri, buang duit delivery KFC sama solaria. Hmm... Jakarta, kamu cukup nano-nano juga ya rasanya. Dan kalo engga di jakarta, aku ga akan ngerasain ngekost abis 2,1 juta rasa 700rb karena dibagi tiga wkwkw.







Belum puas main-main di Jakarta, akuh nekat beli tiket kereta buat ke Bandung. Ga ngerti apa-apa nurut aja kata temen buat "turun di kiaracondong" dan positif thinking Bibil Bisma Pandu bakal menjemputku di Stasiun. Untung mereka baik wkwkw. Terimakasih jalan-jalan Bandung-Lembang nya, beras gorengnya, merelakan agenda demi nemenin muti, merelakan kosan diberantakin oleh makhluk asing, merelakan bensin, tongsis dan uang buat beli jajan hwehehe ˘ʃƪ)

 Warung Pasta 



Dusun Bambu Family Leisure Park - Lembang


 Taman Begonia - Lembang


Alun-alun Bandung

Alhamdulillah akhirnya kelar spamming di blog tercinta, bye! see ya semangat kuliah :D

4 comments:

  1. Halo kak mau tanya, kan kakak blg waktu mau pkl di situ kakak tlp ke sana ya, nah pertanyaan apa aja yg kakak ajukan buat seputar pkl kakk? Mohon dibalas ya kaak hehe terima kasih:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maaf ya baru baca hehe, aku cuma ngirim proposal aja kok, jgn lupa disertai surat pengantar dari kampus juga...

      Delete