Friday, August 7, 2015

Review : Novel in a Blue Moon (by Ilana Tan)


“Apakah kau masih membenciku?”

“Aku heran kau merasa perlu bertanya.”

Lucas Ford pertama kali bertemu dengan Sophie Wilson di bulan Desember pada tahun terakhir SMA-nya. Gadis itu membencinya. Lucas kembali bertemu dengan Sophie di bulan Desember sepuluh tahun kemudian di kota New York. Gadis itu masih membencinya. Masalah utamanya bukan itu—oh, bukan!—melainkan kenyataan bahwa gadis yang membencinya itu kini ditetapkan sebagai tunangan Lucas oleh kakeknya yang suka ikut campur.

Lucas mendekati Sophie bukan karena perintah kakeknya. Ia mendekati Sophie karena ingin mengubah pendapat Sophie tentang dirinya. Juga karena ia ingin Sophie menyukainya sebesar ia menyukai gadis itu. Dan, kadang-kadang—ini sangat jarang terjadi, tentu saja—kakeknya bisa mengambil keputusan yang sangat tepat.

***
Pertama kali baca novel ilana tan kalo ga salah waktu SMA kelas X, eh XI? Hmm aku mulai lupa. Anggep aja itu udah lima tahun yang lalu. Dan kalo ga salah juga novel ilana tan yang pertama kali ku baca adalah tetralogi musimnya yang berjudul "Winter in Tokyo". Aku ngga tau di antara novel tetralogi musim ilana tan mana yang paling dulu terbit. Maklum, aku belum terlalu tertarik pada novel metropop. Waktu itu lebih tertarik baca novel teenlit yang ceritanya "remaja banget". Karena sangat terkesan dengan Winter in Tokyo, aku jadi pengen baca ketiga novel lainnya. Dan bagai pucuk dicinta ulam pun tiba, ternyata ada temen yang mau minjemin itu novel. Setelah novel Summer in Seoul dan Spring in London selesai kubaca, aku jadi ngefans gitu ceritanya sama novelnya Ilana tan. Jadilah aku beli novel terakhir yang belum kubaca,"Autumn in Paris", semoga novel ini masih nangkring di rak buku dan ga ilang :|
Jujur aku udah lupa -banget- gimana cerita keempat novel itu. Tapi yang aku inget aku pernah nangis alay bombay setelah baca novel Autumn in Paris. Dan aku merekomendasikan keempat novel ini ke temen-temen yang belum pernah baca novelnya. Dengan kata lain novel tetralogi musim dari Ilana tan bener-bener-keren!!! 
Cukup kagum sama Ilana tan karena setiap tulisannya menurutku punya gaya bahasa yang unik seperti novel terjemahan tapi mudah dipahami. Bahkan sampe sekarang pun dia bertahan dengan gaya bahasa seperti itu, jadi udah ciri khas nya ilana tan gitu ceritanya. Karena udah dapet cap "trusted", aku jadi penasaran sama novel-novel Ilana tan selanjutnya. Dan waktu Ilana tan menerbitkan novel Sunshine Becomes You, aku langsung kepo-kepo deh. Sempet kehabisan juga tapi untungnya kebeli juga hehehe.
Sesuai ekspektasi, novel Sunshine Becomes You ini juga bikin aku nangis alay bombay karena sad-endingnya yang menyebalkan haha. Sayangnya setelah novel ini aku ga pernah denger lagi Ilana tan menerbitkan novel baru. Di samping emang udah jarang baca novel, tugas-tugas kuliah dan kesibukan gak jelas lainnya juga bikin aku gak update sama sekali tentang novel. 
Daaaan ga nyangka pagi ini aku baru aja selesai baca novel Ilana tan yang judulnya In a Blue Moon. Jadi ceritanya aku cuma nemenin temen beli buku bahasa jerman. Terus pas lagi liat-liat novel aku langsung tertarik sama novel ini. Covernya terlihat meyakinkan ahahaha apalagi ditambah dengan kenyataan bahwa novel ini karangan Ilana tan yang sudah aku beri label "trusted". Pas beli novel ini aku berekspektasi bakal ketawa-ketawa ga jelas kalo itu happy ending dan bakal nangis alay bombay kalo itu sad ending. 
Aku baca lembar per lembar dengan semangat membabi buta *halah, sampe di halaman terakhir aku cuma bisa bilang "oh..." maksudku adalah, "Oh segini aja?"
Novel ini bagus, aku masih bisa senyum-senyum gemes waktu Lucas Ford genit-genit gimana gitu sama Sophie Wilson dan si Sophie masih jaim-jaim terpanah asmara *ini aku ngomong apa*. Tapi menurutku novel ini ga terlalu membuatku penasaran, ceritanya rada klise. Dan konfliknya biasa aja, tidak cukup menegangkan seperti novel-novel sebelumnya. Bahkan aku sempet bertanya-tanya sebenernya konfliknya di sebelah mananya. Endingnya juga ga jelas, padahal aku udah berimajinasi nantinya si Miranda bakal berbuat nekat menjebak Lucas (lagi) dan menyebarkan gosip lebih parah dari yang ada di dalam novel dan menyebabkan kedua kakak Sophie menjadi tidak percaya pada Lucas. Aku membayangkan Ilana tan akan menuliskan bagaimana kejamnya kedua kakak Sophie pada Lucas. Yahhh tapi ternyata Ilana tan tidak menulis sejauh itu...
Bagi yang belum baca ga ada salahnya sih kalo pengen baca, tapi saranku jangan berekspektasi terlalu tinggi aja gitu. Yaudah deh gitu aja wkwkw bye bye! :D

14 comments:

  1. Sama, saya juga baca novel Ilana Tan waktu SMA. Awalnya cuma coba-coba, penasaran kok bisa booming gitu. Tapi karena salah satu dari tetralogi itu bagus setelah saya baca barulah saya lanjutkan yang lainnya. Sampai ke sunshine becomes you, tapi yang kumcer belum. Tos, saya juga suka Ilana Tan, terutama dari gaya bahasanya.

    Terus ngeliat ada yang promoin tulisan tentang buku Ilana Tan di BE saya jadi tertarik. Barulah saya tahu kalau ada buku barunya. Covernya juga cakep tuh. Tapi setelah baca review-mu jadi agak kurang optimis nih saya. Antara ingin beli dan tidak.

    Btw, ini pertama kali mampir, jadi salam kenal ya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tapi dicoba aja siapa tau selera orang beda2 kan wkwk
      Makasih sudah mampir =D salam kenal juga :)

      Delete
  2. Waaaahhh! Demen novel Ilana Tan juga kak??! Padahal baru kmren aku liat novel ini di gramed...... Aaaaaakk... Kpengen banget beliiii.... tp duit thrku udh abis:')

    Aku pertama baca novel Ilana Tan pas SMA kls 2 (2thn lalu) karna tmenku berbaik hati mau minjemin novelnya, dan kbtulan dia pnya smua novel Ilana Tan.. Asiiikk.. :D yg paling kusuka yg Winter in Tokyo sama Spring in London.. Cerita si kembar ini sangat unik, paling mnegangkan pas bca ditengah2nya.. Happy ending pula. Klo Autumn in paris kan bkin nyesek:( Ohiya Sunshines becomes you... Novel yg paling sweet banget deh menurut aku :') Aku stuju kak, gaya bahasa Ilana Tan kyak novel trjemahan, tp mudah dimengerti..

    Nanti deh klo aku ada duit lg mau beli novel in blue moon ini :) AKu gak baca postingan kakak yg nyritain endingnya ini, maaf ya :Dv tkutnya ntr gaseru klo udh ketebak ini sad ending atau happy ending, seruan nebak sndri. Hehee
    Ngomong2, bukunya Ilana Tan cuma sedikit ya kak? Baru ini2 doang? ada yg season to remember cuma quote2 doang._.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yaudah kalo udah baca ditunggu reviewnya ya wkwk iya yg season to remember denger2 bukan novel tapi aku ga pernah liat bentuknya kaya gimana hehe

      Delete
  3. Wah pecinta novel Ilana Tan. Aku sih gak bisa dibilang pecinta banget. Tapi ya kalo dibilang cinta sama karyanya, bisa jadi. Pertama kali baca aku malah pas kuliah. Keempat novelnya aku pinjem hehe. Tapi over all dari 4 season itu aku paling suka yang Paris. Entah kenapa, cara Ilana Tan bikin galau pembacanya itu smooth banget. Jadi semacam diiris urat nadinya perlahan-lahan. Sakitnya kerasa bangeeett, loh! Hahaha.

    Tapi cerita lain juga suka kok. Kalo yang ini aku malah gak tau. Lagi nggak up to date banget sama novel baruuu huhu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk iya pada nangis kok baca autumn in paris. Sebenernya aku juga gatau kalo ga nganterin temenku kemaren hehe

      Delete
  4. Hai salam kenal

    Ilana tan ini masih misterius ya, gak tau dia ini benar-benar ada atau nggak. Wajahnya kayak apa aja gak tau, tapi terlepas dari itu karyanya emang bagus-bagus. Karyanya yang sunshine itu mau dibikin film lho.

    Eh ini emang blognya pakai font warna item ya jadi gak keliatan tulisannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Oh iya ya aku ga pernah tau ilana tan kaya apa. Emang di jakarta dia gapernah ngadain meet n greet gitu kaya penulis2 lain?
      Eww kalo sunshine becomes you dijadiin novel mau liat ah wkwk
      Eh emang iya ya? Kok di aku warnanya cokelat. Ga tau ah template nya sering error2an berubah2 sendiri kadang ada tanda peringatannya kalo udah gitu pasti aku balikin ke template defaultnya huft

      Delete
    2. boro2 mng, doi aja ketemunya cuma sama si editor :'( jujur aku penasaran banget ilana itu kaya gimana

      Delete
  5. Illana tan ini novelis yang hits baget ya, tapi aku belum pernah baca karyanya. Nggak gaul banget yak -_____-

    Serius gara gara novel kamu bisa nangis? menjiwai sekaliii, aku aja nggak pernah nangis kalau baca novel yang kata orang orang sedih

    aaaaaak kenapa di akhir akhir postingannya ada spoiler :|

    ReplyDelete
  6. waduh llana tan lagi.. dulu waktu gue aktif di wb, tiap kali buka link review buku, kalau nggak llana tan.. ya si orizuka. gitu-gitu terus deh novelisnya.. kalau saya nggak terlalu hobi baca novel begini. paling novel 3600 detik, udah pernah baca belum? atau.. novel summer breeze.

    ReplyDelete
  7. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  8. sama banget nih kita hahaha aku juga awal baca ilana pas kelas X dan itu awalnya baca winter in tokyo, langsung jatuh cinta dan sampe sekarang ilana tetep novelis favorit aku no 1 hehe

    btw emang iya sih cerita in a blue moon agak kurang greget konfliknya, tapi ga tau kenapa itu novel jadi novel favorit aku banget dalam sebulan bisa dibaca nyampe 3x hahaha. Yang bikin jatuh cinta itu si lucas fordnya, romantisnya parah ih apalagi kata2 nya tentang Sophie ke Miranda, haduh parah deh envy nya jadi sophie. pengen minta lucas nya :'D

    ReplyDelete
  9. Iyaa kak. Saat itu aku kelas 2 SMA. Ada temanku yang nge recommand novel Ilana Tan, awal nya aku kurang tertarik masih banyak buku2 remaja alay yg belum aku baca hehe. Eh one day aku udah gak tau lagi mau baca apa.. di wattpad pun –saking sering baca novel– alur2 cerita nya terasa membosankan. Kayak... baru beberapa part baca, aku kek udah tau aja nanti end nya kayak gimana.

    Nah. Tiba2 aku kepikiran kata teman ku yg minta aku baca novel Ilana Tan. Waktu itu novel pertama yang aku baca adalah Winter in Tokyo. Dan itu,,, summmpaahh. Aku sukka bangett trus lanjut ke yg lain. Dari situ , Ilana Tan adalah novelist terfavorit aku.

    ReplyDelete