Sunday, November 21, 2010

Mengetahui Bakat Anak melalui Scan Sidik Jari

A. Pendahuluan

Pada zaman modern seperti sekarang ini, orang tua sangat perlu mempersiapkan masa depan putra putrinya dengan baik. Hal tersebut perlu dilakukan agar putra putri mereka mudah dalam melangkah di masanya nanti. Selain itu, hal tersebut dilakukan agar orang tua tidak kesulitan atau merasa kebingungan karena masa depan putra putrinya telah dipersiapkan terlebih dahulu.
Salah satu cara untuk mempersiapkan masa depan putra putri mereka adalah dengan merencanakan pendidikan putra putri mereka. Di mana putra putri mereka akan bersekolah, di mana putra putri mereka akan kuliah, itu harus mereka persiapkan terlebih dahulu. Agar putra putri mereka tidak salah dalam melangkah, orang tua perlu mengetahui bakat dan minat putra putrinya. Biasanya, orang tua lebih memilih melakukan serangkaian tes psikotes untuk mengetahui bakat putra putrinya. Akan tetapi, cara tersebut dinilai kurang efisien. Untuk itu, sekarang muncul alternatif baru untuk mengetahui bakat putra putri mereka, yaitu dengan menggunakan scan sidik jari.

B. Manfaat Scan Sidik Jari

Scan sidik jari adalah cara untuk mengetahui bakat seseorang dengan mengintepretasikan sidik jari mereka. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah meletakkan jari di atas alat scan sidik jari. Setelah itu, sidik jari orang tersebut akan nampak dengan jelas di monitor komputer. Langkah yang terakhir adalah sidik jari yang terlihat pada monitor komputer diintepretasikan oleh petugas yang sudah ahli dalam bidang ini.
Sudah banyak lembaga di Indonesia yang melayani scan sidik jari. Biaya yang diperlukan untuk sekali melakukan scan sidik jari berkisar antara Rp 200.000 s.d. Rp 600.000. Rata-rata dari lembaga tersebut juga melayani konsultasi dari orang tua mengenai bakat dan minat putra putri mereka serta apa pendidikan yang harus ditempuh oleh putra putri mereka. Dengan scan sidik jari, para orang tua hanya membutuhkan waktu yang relatif singkat untuk mengetahui bakat anaknya.
Keuntungan lain yang dapat diperoleh yaitu orang tua dapat mengetahui tingkat kecerdasan putra putrinya. Keakuratan scan sidik jari dalam menerjemahkan bakat seseorang adalah 90%. Hal tersebut berarti hanya ada 10% prosentase kesalahan yang mungkin terjadi pada alat scan sidik jari.

C. Penutup

Jadi pada dasarnya, alat scan sidik jari sangat diperlukan oleh semua masyarakat. Hanya saja biaya yang diperlukan bisa dikatakan mahal oleh masyarakat menengah ke bawah. Hal tersebut membuat masyarakat merasa ragu untuk mengeluarkan uangnya. Akan tetapi tidak ada salahnya jika para orang tua mencoba alternatif baru dengan menggunakan scan sidik jari untuk mengetahui bakat putra putrinya. Jangan sampai putra dan putri yang mereka sayangi salah dalam melangkah menuju masa depannya. Karena masa depan yang cerah sangatlah penting untuk kelangsungan hidup putra putri mereka.

Penulis : Mutiara Hapsari
Kelas : X-3
SMA 1 KUDUS
2010 / 2011

No comments:

Post a Comment