Sunday, May 22, 2022

Scrapframe: Hiasan Bunga Klobot untuk Kado Emas Batangan

Setelah liat judul, kira-kira ada yang punya kebiasaan kayak aku nggak yaa di sini?

Scrapframe bunga klobot

Dari zaman masih sekolah, aku seneng banget ngasih kado ke temen hasil buatan tangan sendiri. Pertama kali aku kenal istilah scrapbook, aku langsung ngerancang kado ulang tahun scrapbook buat temen-temen. Beberapa ada yang aku tulis di blog ini.

Pengetahuanku bertambah, selanjutnya aku kenal istilah pop up book. Bisa ketebak kan yaa, selanjutnya aku langsung putar otak buat kado pop up book. Sebenernya rada alay tapi ya gimana yaaa masih bocil juga waktu itu hehehehe…

Awal-awal kuliah, aku mulai kenal istilah paper quilling. Aku inget banget bela-belain ikut workshopnya padahal biayanya lumayan sih, soalnya dulu masih anak kost-an. Karena paper quilling merupakan suatu teknik membuat hiasan dengan kertas, jadi untuk aplikasinya, aku masih suka buat scrapbook juga.

Seiring berjalannya waktu aku mikir, kalau buat scrapbook terus bisa-bisa aku nggak ngapa-ngapain dalam waktu lama. Soalnya scrapbook kan buku, jadi ada beberapa halaman yang harus dihias setiap halamannya.

Akhirnya aku memutuskan buat scrapframe. Yaa intinya menghias juga sih tapi pakainya frame. Aku cukup bertahan lama dengan teknik paper quilling. Tahun terakhir aku kuliah, kayaknya aku bisa buat belasan scrapframe pakai teknik paper quilling. Scrapframe itu aku kasih ke temen buat kado sidang ataupun wisuda.

Waktu lanjut kuliah, aku sering liat orang-orang buat bouquet bunga pakai bunga kering. Istilah kerennya sih “dried flower” gitu. Akhirnya aku terinspirasi buat scrapframe pakai bunga dan daun kering. Waktu itu aku ngga modal, pakainya daun sama bunga yang ada di halaman rumah.

Nah kali ini aku rada-rada niat nih beli bunga kering di ecommerce buat ngehias scrapframe. Karena udah nggak zaman wisuda-wisudaan lagi, fase selanjutnya, yang aku buat adalah kado nikahan temen (ʃƪ)

Kado yang sering aku buat scrapframe adalah kado emas batangan, bisa dari Antam maupun UBS. Aku bener-bener udah nggak pakai teknik paper quilling lagi karena itu takes time banget. Sekarang kan udah sok sibuk sama kerjaan gitu yaaa…

Aku pernah buat kado emas batang versi buru-buru jadinya kayak gini…


Scrapframe kado emas versi buru-buru 1

Scrapframe kado emas versi buru-buru

Buat temenku yang dapet kado ini, I’m so sorry wkwk yang penting emasnya kan yaaaa ~(\ ‾o‾)/

Pertengahan tahun lalu, aku rada niat buat scrapframe, pakai mini bouquet dari bunga mawar kering. Tapi bouquetnya kegedean, alhasil kegencet kaca dan jadilah begini…

Scrapframe kado emas bouquet kegencet

Balik lagi ke scrapframe yang baru banget aku buat dua minggu lalu. Scrapframe yang aku buat terakhir kebetulan pakai bunga kering hasil beli di toko ijo. Bunga kering yang aku beli, dibuat dari bahan klobot atau pembungkus tongkol jagung. Untuk membuat scrapframe ini, alat dan bahan yang dibutuhkan adalah :

  1. Kadonya pliss
  2. Bingkai foto 3D (pigura mahar) ukuran 20x30 cm, kedalaman 3 cm
  3. Kertas manila ukuran 20x30 cm
  4. Bunga klobot
  5. Hiasan bunga lainnya
  6. Lem kayu fox (warna lemnya putih)
  7. Lakban bening
  8. Gunting
  9. Double tape timbul
  10. Laptop & printer

Langkah pertama yang harus kalian lakukan, tentu menyiapkan alat dan bahan. Untuk gunting, laptop dan printer nggak harus punya kok. Pinjem punya tetangga juga boleh, kalo nggak dibolehin yaaa mampir di jasa print-print-an deket sekolahan atau kampus aja.

Bahan yang diperlukan minus bunga

Untuk bunga klobotnya, kalian bisa cari di toko ijo maupun toko kuning dengan kata kunci “Bunga Klobot” atau “Bunga Klobot Mahar”. Setelah itu silahkan menyelam sedalam-dalamnya untuk mencari produk dan harga yang paling cocok. Kemarin aku dapet paketan harga bunga klobot Rp 21000. Menurut aku itu cukup untuk membuat satu scrapframe bahkan lebih.

Setelah alat dan bahan ready, kalian bisa pakai laptop atau PC untuk membuat tulisan yang kalian inginkan. Mungkin tulisan “Happy Wedding”, “Happy Engagement”, “Happy Birthday” atau tulisan nama temen kalian seperti ini.

Tulisan untuk hiasan frame

Saat membuat tulisan usahakan udah ada sedikit bayangan desain scrapframenya bakal sepeprti apa yaa…

Untuk tulisan “Happy Wedding” dan tanggal pernikahan, aku lebih cocok sama yang font-nya tegak. Beda dengan tulisan nama temen aku yaa, soalnya aku pakainya yang font latin. Nggak ada alasan sih, cuma ngerasa lebih cocok kalo gitu aja.

Tulisan yang udah aku buat, aku print biasa pakai kertas manila, atau bisa juga pakai kertas buffalo. Untuk pemilihan warnanya bebas sesuai selera.

Karena aku pakai printer biasa, jadi yaa hasil cetaknya biasa aja juga. Supaya ada kesan mengkilap di hasil cetakannya, aku lapisin tulisan pakai lakban bening baru setelah itu aku gunting. Wujudnya kayak gini sebelum digunting.

Lapisan lakban pada tulisan

Setelah aku gunting, supaya saat dipasang terlihat timbul, aku pakai double tape timbul. Bahkan aku double lagi karena double tape yang aku beli nggak terlalu tebal.

Pemasangan double tape timbul

Langkah selanjutnya adalah yang paling menentukan hasil karya kalian. Yaps, menentukan desain atau letak kado beserta hiasannya. Seharusnya langkah ini dilakukan di awal, supaya waktu buat tulisan juga nggak bingung.

Biasanya saat menentukan desain, aku tata tulisan, kado, dan hiasannya dulu tanpa menggunakan lem. Jadi bisa diubah-ubah seandainya nggak cocok. Nggak lupa aku ngefoto desain sementara supaya nggak lupa tata letaknya.

Desain sebelum ditempel

Setelah yakin, aku mulai tempel-tempel satu per satu bahan-bahannya tadi. Termasuk kado emas batangnya yaa. Di balik emas, aku tempel juga double tape timbulnya.

Jujur nempelin bunga klobot dan bunga kering lainnya itu tantangan tersendiri buatku. Waktu udah ditempel, bunganya lepas-lepas sendiri jadi perlu kutahan pakai perangkat lain seperti ini. Beda banget lah waktu ngehias pakai paper quilling yang langsung nempel waktu di lem.

Tantangan saat menempel T.T

Aku nge-lem semuanya pakai lem fox putih karena salah satu keunggulan lem fox putih yang aku pakai adalah, warnanya bening ketika kering. Jadi kalau belepotan, nggak terlalu merusak pemandangan kadonya.

Setelah beberapa jam, aku baru berani mengangkat kertasnya dan memasukkan ke dalam pigura. Kira-kira ini hasil jadinya. Gimana menurut kalian? Ada yang aneh nggak yaaa?

Hasil jadi sebelum masuk frame

Semoga bisa menjadi referensi buat kalian yaa hehe…

13 comments:

  1. Mantap, ananda. Kreatif banget. Hasilnya sangat bagus. Terima kasih telah berbagi pengalaman

    ReplyDelete
  2. Kreatif mbaaa 👍😍😍. Akupun skr kalo ngasih kado nikah enaknya udh pake LM aja, apalagi Krn rutin beli juga. Tapi ga pernah aku hias2 beginiiii 🤣🤣🤣. Maklum anaknya ga kreatif 😅. Ini Minggu depan asistenku nikah padahal, ngeliat ini kok jadi pengen ngasih LM nya dihias juga 😄😍.

    ReplyDelete
  3. cantik banget... memang tantangan pakai bunga kering atau bahan alami itu pas bagian nempelnya.. aku juga suka bikin2 begini tapi gak pernah diseriusin, paper quilling juga belajar sendiri dari video2 di IG gara2 3 tahun lalu anakku ada tugas prakarya paper quilling begini, ngegulungnya pun manual pake jari.. wkwkwk sampe pedes tangan. Abis itu ada temennya si kakak yang minta dibikinin jg. Sekarang sih blm nyentuh beginian lagi

    ReplyDelete
  4. Membaca judulnya jadi ingat rokok, rokok klobot. Jangan-jangan klobot itu nama lain dari kulit jagung ya?

    Kreatif bisa bikin hiasan seperti itu, kalau saya paling baru bikin juga udah pusing duluan, maklumlah selain malas saya juga kurang kreatif pernah dulu bikin buket buah buat dikasihkan ke teman yang mau nikahan baru setengah jalan udah pusing nyusunnya dan ujung-ujungnya suruh teman yang ngerapiinnya.. wkwkwk

    ReplyDelete
  5. Mbs asli keren banget mba, dulu jaman sebelum SMA aku juga suka ngasih kado hasil karyaku sendiri, maklum masih banyak waktu buat bikin ini itu, sejak kuliah jadwal jd padat merayap, udah ga ada waktu buat ruang reaktif wkwk

    Kalau scarpbook aku masih suka same skrg mba, masih suka nempel2 foto anak dll wkwk, udah emak2 padahal.

    Kmrn aku liat tetanggaku juga ngasih kado lahiran bayi bentuknya plek ketiplek kaya gini mba, LM sama bunga2, bedanya cuma ketambahan foto si bayi aja.

    Aku udah berpikir juga buat ngado kaya gini kalau ada yg merit atau lahiran hihi, cuma udah males bgt bikinnya sekarang, apalagi sama yg nrima pasti di bongkar tuh, kagak dipajang karna mau disimpen LMnya kan wkwkw ya itu hak mereka sih, ngeri amat lagian LM dijadiin pajangan yak hahhaa

    ReplyDelete
  6. Aku dulu waktu kecil, juga suka bikin prakarya untuk kuhadiahkan ke orang. Tapi setelah beberapa lama, ada perasaan yg timbul dari pandangan orang di sekitarku, seolah mereka bilang, 'Nggak punya duit buat beli kado ya, makanya bikin sendiri..' itu sesuatu yg nggak nyaman bagiku. Dan karena berbagai sebab lain, aku meninggalkan hobi prakaryaku. Selanjutnya ya beli kado aja lebih praktis

    Sekarang aku ketemu banyak orang yg ternyata masih menghargai usaha mmebuat kado sendiri. Bayangkan waktu, jerih payah, dan perhatian serta niat baik dari si pembuat kadountuk orang yg akan diberi. Hanya hati yg bisa merasakan ketulusan dari itu semua

    ReplyDelete
  7. kreatif banget, aku waktu sekolah dulu nggak asing dengan bunga klobot, karena pernah berkreasi juga. Tapi belum pernah coba bikin beginian
    sekarang tatanan variasi mahar keren-keren, aku suka heran kenapa orang-orang pada kreatif semua,nemu aja idenya
    sukses terus mba

    ReplyDelete
  8. emas batangan kecil kecil kayaknya lagi populer,
    sering dijadikan souvenir.
    ada yg dr UBS ad yg dr Antam

    ReplyDelete
  9. Cantik banget kado-kado specialnya, ada emasnya juga, super keren.
    😍😍

    ReplyDelete
  10. eh kreatif dan bener jugaaa ya... sebelum fix, fotoin aja dulu desain sementaranya. jadi bisa ada perbandingan ya, lebih oke yang mana.

    ReplyDelete
  11. aku lebih fokus pada emas batangan daripada hiasannya hehe...

    ReplyDelete
  12. Klo cwo biasanya kurang peka dgn printilan2 gini. Fokus pada keping emasnya aja :)

    ReplyDelete
  13. waah mantepp mba. Kreatif sekali. Kalo saya disuruh buat beginian, kayaknya dah nyerah deh. capek hahaa

    ReplyDelete