Friday, July 1, 2022

Yordanian Sea Salt Shampoo & Conditioner Scarlett (Review)

Bagi yang udah pernah buka blog aku, pasti tau kan beberapa waktu lalu aku udah pernah review tentang face care dan body care dari Scarlett. Nah, kali ini aku mau coba review tentang hair care dari Scarlett.

Yordanian Sea Salt Hair Care

Sebelumnya, aku bener-bener nggak tau kalau Scarlett punya produk hair care juga. Produk hair care Scarlett yang aku udah coba ini ada 2 jenis yaa, yaitu shampoo dan kondisioner. Setau aku sampai dengan saat ini Scarlett cuma punya satu varian shampoo dan kondisioner.

Varian shampoo dan kondisioner dari Scarlett adalah Yordanian Sea Salt. Jujur, aku langsung kepo sebenernya ada apa dengan Yordanian Sea Salt sampai Scarlett buat dia jadi varian pertama shampoo dan kondisionernya.

Ternyata, Yordanian Sea Salt atau yang lebih dikenal dengan “Garam Laut Mati” ini memang punya banyak banget manfaat. Ini karena banyak mineral yang terkandung dalam garam ini seperti sodium, iodin, kalsium, zink, dan lain-lain.

FYI, laut mati emang terkenal dengan kadar garamnya yang tinggi. Sampai-sampai katanya nih kalo berenang di sana, kita bisa dengan mudah mengapung.

Nah terus nama Yordanian dari mana yaaa? Jadi, kebetulan Laut Mati itu terletak di perbatasan antara Yordania, Israel dan Palestina. Yaudah gitu aja yaa latar belakang Yordanian Sea Salt ini.

Balik lagi ke produk hair care Scarlett, aku gausah jelasin lagi kan yaa, semua produk Scarlett ini sudah aman karena sudah terdaftar di BPOM. Nomor registrasinya seperti biasa juga tertera di kemasannya. Kalo kalian coba ngecek review produk hair care Scarlett ini, poinnya sekitar 4 dari 5. Cukup tinggi juga kan gengs (^^)

Perlu didisclaimer dulu kali yaa, di sini aku merasa nggak ada masalah berarti di rambutku. Rontok iya, kadang berketombe, berminyak juga tapi nggak parah jadi aku biasa aja juga. Mungkin yang paling bikin aku agak risih bagian berminyaknya karena selama ini tiap aku ngeringin rambut habis keramas, pasti tanganku kayak berminyak juga. Bisa jadi ini efek aku pakai jilbab jadinya rambut lebih gampang lepek.

Daripada kepanjangan langsung aja reviewnya yaaa!

****

Yordanian Sea Salt Shampoo

Aku yakin banget di sini siapa sih yang nggak tau shampoo itu apa? Sederhananya, shampoo adalah sejenis sabun yang biasa dipakai untuk membersihkan dan merawat rambut. Kegiatan mencuci rambut yang biasa disebut keramas ini bervariasi tiap orang.

Ada yang keramas tiap hari, ada yang 2-3 hari sekali, ada yang seminggu sekali bahkan lebih. Tenang aja teman-teman, sebetulnya nggak ada aturan pasti berapa kali kita harus keramas setiap minggunya. Itu bener-bener disesuaikan dengan kebutuhan kita.

Bagi yang ngerasa sehari rambutnya udah lepek dan berminyak banget, boleh tiap hari keramas. Soalnya aku juga gitu, aku pernah 2 hari sekali keramas, pernah juga seminggu sekali aja.

Kemasan

Agak beda dengan kemasan shampoo lain, shampoo dari scarlett ini dikemas dalam botol berbahan PET yang transparan dengan tutup jenis flip top berwarna putih. Karena transparan, kita bisa langsung tau tekstur dan warna shamponya seperti apa. Untuk ukurannya, botol ini bisa menampung shampoo sampai volumenya 250 mL.

Kemasan Yordanian Sea Salt Shampoo

Seperti biasa, semua kemasan produk Scarlett pasti ada sticker hologram untuk mengecek keaslian produk di https://verify.scarlettwhitening.com/

Di bagian belakang dan depan botol shampoo ini juga ada tulisan Scarlett yang dicetak timbul. Nggak lupa, ada nomor registrasi BPOM beserta QR code-nya, keterangan bahan, dan juga cara pakai produknya. 

FYI, kemasan ini merupakan kemasan baru. Dulunya, shampoo dan kondisioner Scarlett dikemas dalam sebuah jar. Sebetulnya lebih unik kemasan yang dulu, walaupun tetep lebih aman yang sekarang sih yaa ehehe.

Komposisi Lengkap

Aqua Demineralisata, Sodium Laureth Sulfate, Acrylates Copolymer, PEG-12 Dimethicone, Lauryl Betaine, Fragrance (parfum) Components and Finished Fragrance, Cocoamidopropyl Betaine, Triisopropanolamine, Sodium Sulfate, Sea Salt, Sodium Chloride, DMDM Hydantoin, Tetrasodium EDTA, Cl 74180

Bisa dibilang, komposisi produk shampoo ini nggak sebanyak produk perawatan yang lain. Di kemasan jelas tertulis Sea Salt ada dalam bahan produk ini yaa.

Dari bahan-bahan tersebut, secara keseluruhan produk memiliki manfaat sebagai berikut:

  • Membantu mengurangi kadar minyak berlebih di kulit kepala
  • Membantu mengurangi kulit kepala atau ketombe
  • Membantu menstimulasi pertumbuhan rambut
  • Membantu memperkuat folikel rambut
  • Membantu membuat rambut jadi lebih bervolume

Warna, Tekstur, dan Aroma

Dari wujudnya, Yordanian Sea Salt Shampoo ini berwarna biru bening dengan tekstur cair namun agak kental. Ada aroma wangi seperti melati saat kita pakai shampoo ini. Karena produknya shampoo, jadi aku ngerasa wangi-nya nggak membuatku terganggu sama sekali. Justru aku suka karena rambutku juga jadi wangi gitu.

Warna dan tekstur shampoo

Nah sebelum aku baca komposisi lengkapnya, aku kira produk ini nggak pakai SLS karena waktu aku pakai, busa nya nggak terlalu banyak. Ternyata tetep pakai juga tapi mungkin sedikit jadinya nggak terlalu membuat berbusa.

Cara Penggunaan

Di kemasan, sudah tertulis cara penggunaan Yordanian Sea Salt Shampoo. Aku yakin semuanya udah tau. Sebelum pakai shampoo, biasanya aku bilas dulu rambutku. Baru deh aku tuang shampoo ke telapak tangan secukupnya, lanjut dioles dan diratakan ke seluruh rambut dan kulit kepala.

Kalau udah rata, jangan lupa dibilas yaa shampoonya tadi.


Yordanian Sea Salt Conditioner

Bisa dibilang, kondisioner adalah produk pelengkapnya shampoo. Ada yang mengatakan bahwa kondisioner dipakai biasanya untuk melembabkan rambut. Hal ini karena ada kemungkinan rambut kehilangan kelembaban saat proses keramas.

Sebetulnya, kondisioner bisa juga loh dipakai tanpa keramas. Tapi karena nggak biasa, jadi aneh gitu yaa kalo pakai kondisioner tanpa keramas. Selain itu manfaatnya juga akan lebih banyak kalau dipakai setelah keramas.

Aku pribadi emang kadang mager sih pakai kondisioner. Alasannya buang-buang waktu aja gitu ehehehe. Jadi aku tipe yang jarang pakai kondisioner. Tapi aku mengakui, kalo pakai kondisioner, rambut rasanya jadi lebih bagus, lebih enak gitu.

Kemasan

Kebetulan, Yordanian Sea Salt Conditioner ini dikemas dalam botol transparan ukuran 250 mL dan berbahan PET.  Karena sama persis kayak shampoonya, jadi aku skip aja yaa pembahasannya.

Kemasan Yordanian Sea Salt Conditioner

Komposisi Lengkap

Aqua Demineralisata, Catearyl Alcohol, Fragrance (parfum) Components and Finished Fragrance, Cetrimonium Chloride, Amodimethicone, Propanediol, Sea Salt, Guarhydroxypropyltrimonium Chloride, Polyquaternium-10, DMDM Hydantoin, Cl60725

Bisa dilihat yaa, bahannya ada yang beda dari shampoo-nya. Yang jelas, produk kondisioner ini juga mengandung Sea Salt.

Nah, secara keseluruhan, manfaat dari produk ini adalah :

  • Mengurangi minyak berlebih di kulit kepala
  • Membantu merawat rambut yang mudah rontok dan patah
  • Mengurangi ketombe
  • Memperkuat folikel rambut
  • Menstimulasi pertumbuhan rambut

Warna, Tekstur, dan Aroma

Beda dari shampoonya, Yordanian Sea Salt Conditioner ini memiliki wujud yang seperti pasta berwarna pink keunguan. Ada yang bilang pink cotton candy gitu deh. Sama seperti kondisioner pada umumnya, wujud kondisioner memang selalu lebih padat dibanding shampoonya.

Warna dan tekstur Yordanian Sea Salt Conditioner

Untuk aroma, hampir sama yaa dengan shampoonya. Tapi jujur aku lebih suka aroma kondisionernya. Jadi bagi yang pengen rambutnya ber-aroma sama seperti kondisioner, wajib selalu pakai kondisioner setelah pakai shampoo.

Cara Penggunaan

Bagi yang masih bingung gimana cara pakai kondisioner, kalian bisa baca tulisan di kemasan kondisionernya yaa.

Kondisioner disarankan dipakai setelah keramas, artinya dalam keadaan rambut yang masih basah. Setelah itu kalian bisa oleskan kondisioner dari tengah hingga ujung rambut. Tunggu selama beberapa menit supaya kondisionernya meresap.

Sambil nunggu beberapa menit, kalian bisa juga loh menghitung berapa lama waktu yang diperlukan untuk memenuhi isi bak mandi kalian jika debit airnya 1L/ menit. Itung-itung bantuin emak memprediksi kapan harus mematikan kran bak mandi jadi nggak perlu teriak-teriak. Pengalaman shay, ehe.

Kalau sudah, jangan lupa dibilas yaa. Membilas kondisioner ini memang membutuhkan kesabaran lebih. Karena pasti kalian merasa walaupun udah dibilas beberapa kali, rambut rasanya masih licin dan penuh dengan sabun.


Kesan Penggunaan

Secara keseluruhan aku suka dua produk hair care dari Scarlett. Yang bener-bener aku rasain adalah waktu mengeringkan rambut, rasanya udah nggak se-berminyak biasanya sih. Tapi memang aku lebih merekomendasikan kalau dua produk itu dipakai semua.

Oh yaaa hampir lupa, dari segi aroma-nya aku juga suka banget. Nggak terlalu menyengat tapi kerasa. Kemarin waktu aku pakai, kebetulan hampir seminggu aku baru keramas lagi.

Selain karena mager, aku juga ngerasa rambutku masih nyaman (nggak lepek ataupun berminyak). Jadi gimana? Mau coba pakai nggak?


Untuk mendapatkan produk shampoo dan kondisioner dari Scarlett, seperti biasa, kalian bisa beli di website resmi Scarlett. Harga di website resminya Rp 75.000. Tapi jangan khawatir, kalian bisa juga beli di e-commerce resminya Scarlett.

Malahan sekarang Scarlett aktif banget di TikTok loh, bisa kalian cek kali aja pas live jadi kalian bisa nanya-nanya langsung terkait produknya. Silahkan dicobaaaa 😊

Semoga membantu yaa reviewnya!

2 comments:

  1. Aku cocok pakai produk-produk Scarlett, mulai dari facial wash, serum, cream, body scrub hingga body lotion-nya yang wangi banget. Jadi penasaran pengen ikutan pakai conditioner-nya, soalnya rambutku gampang kusut tiap habis keramas hihi. Nice review!

    ReplyDelete
  2. Satu2nya produk Scarlett yg aku ga bisa coba itu hair care nya... Sedih sih, padahal pengen, cuma memang rambutku sensitif nya bangeeeet mba. Rontok parah kalo ga cocok Ama shampo. Sekarang ini kebetulan udah Nemu yg cocok, makanya aku ga berani utk ganti ke shampo lain atau sekedar coba2 😄.. takutnha malah rontok lagi 🤣

    Tapi aku percaya Scarlett mah baguuus produknya. Tergantung cocok atau ga sebenernya.

    ReplyDelete