Tuesday, June 23, 2015

The Chemistry of Your Fruits!

Pernah denger kalimat "No life without chemistry"?
Aku pertama kali denger waktu PMB jurusan 2 tahun lalu. Waktu itu bu dosen yang ternyata dosen biokimia bilang, kimia itu dipake di mana-mana. Jadi kalian (re: meeeeeee! and all of college students majoring in chemistry) should be proud of ur major. Kalo inget waktu jaman SMA, aku memandang kimia sebagai pelajaran ipa yang paling gampang dikerjain soal-soalnya setelah pelajaran biologi. Waktu itu aku ga ngerti apa-apa lah soal kimia, aku lebih suka pelajaran biologi. Orientasiku cuma bisa ngerjain soal UTS, UAS, lulus UN dan SBM..ah kalo yang terakhir males nyebutnya. 
Praktikum yang aku inget jaman SMA cuma praktek buat koloid, ya inget lah secara waktu itu aku disuruh maju sama gebetan hahaha jadi yang diinget gebetannya bukan praktikumnya hix sedih. Tapi aku inget banget waktu guru biologi 'show' ala ala magician nuangin indikator fenolftalein ke larutan berwarna putih and then tralala seketika larutannya berubah jadi ungu. Ternyata sekarang udah jadi hal yang biasa, banget. 
Alhamdulillah sekarang sudah lebih memaknai kimia. Iya iya aku masih ngga ngerti sebenernya bentuk isomer optis dari glukosa kaya apa, aku masih ga ngerti senyawa apa aja yang bentuk kristalnya cubic closed packed atau face centered cubic atau apalah, aku masih ga ngerti rumus-rumus kinetika fasa cair pake nya gimana, aku mah apa hanya remah remah rempeyek :( maksudku aku udah tau lah ilmu ku itu bisa diaplikasikan ke mana.
Jadi kalo dulu sempet bertanya-tanya "Jurusan KIMIA MIPA" itu kerjanya apa, sekarang udah engga lagi. Semua pabrik butuh orang kimia, LIPI, BPOM, BLH, PDAM, Rumah sakit, Lab Forensik, ih masih banyak lagi, jadi guru juga bisa, dosen, wiraswasta. Lapangan pekerjaan udah banyak, tinggal do'a usaha kita nya aja yang dibanyakin.
Nah sekarang aku mau buktiin kalo kimia itu bener-bener ada di mana-mana. Pernah kepikiran ga sih dalam buah-buahan yang kita makan ada apa aja? Apa sih senyawa yang ada di dalamnya, kok bisa buah-buahan ada yang manis ada yang asem? Aku sih ga pernah kepikiran. Baru setelah baca tweet dari @compoundchem aku jadi kepikiran wakakak. Jujur salah ya? 
Jadi ceritanya dulu ga sengaja nemu akun itu di twitter, terus liat updatean nya hwww akun ini menarik banget yo. Kalo share ilmu, pasti disertai gambar yang menarik. Dan ternyata akun-akun berbau kimia gitu banyak banget tapi sayangnya aku belum nemu yang berbahasa indonesia. Aku jadi menyimpulkan sendiri deh bagaimana orang-orang di luar sana memperhatikan sains. Well semalem aku jadi inget aku mimpi dapet nobel heh mimpinya tinggi banget ya muti nehinehi gaboleh nanti kalo jatuh sakit-_-
Langsung aja deh ya aku ambil 3 contoh buah-buahan yaitu stroberi, semangka, dan alpukat. Senyawa yang membuat aroma, warna, dan rasa dari masing-masing buah berbeda lho. Aroma stroberi berasal dari senyawa furaneol dan metoksifuraneol yang konsentrasinya akan naik ketika buah semakin matang dan mencapai konsentrasi maksimum saat semua bagian buah sudah matang. Aroma semangka berasal dari senyawa (Z,Z)-3,6-nonadienal. Warna dari stroberi berasal dari antosianidin dan pelargonidin 3-glukosida sedangkan warna dari semangka berasal dai likopen. Senyawa likopen juga ada pada buah tomat. Bentuk strukturnya bisa dilihat di gambar yang aku dapet dari akunnya @compoundchem 


Sementara alpukat, warna dari alpukat berasal dari senyawa turunan fenol. Senyawa ini akan berubah menjadi kuinon saat bereaksi dengan oksigen di udara. Perubahan senyawa ini menyebabkan warna alpuat berubah menjadi cokelat. Enzim yang membantu perubahan warna pada alpukat ini yaitu enzim polifenol oksidase. Keterangan lebih lanjut liat gambarnya aja deh yaw :3

No comments:

Post a Comment