Sunday, August 13, 2017

Paper Quilling Project!

Selamat malam, perkenalkan, aku adalah anggota 600.000 sarjana di Indonesia yang setelah lulus menganggur wkwk. Semoga gak lama ya, aamiin. Wait-wait, yay, kamis kemarin i'm officially graduated. Mungkin karena udah lulus sejak bulan Juni jadi waktu wisuda kemarin rasanya biasa aja. Bukannya gak bersyukur sih. I'm very grateful but when i remember 'bout -what-will-i-do-after-this-celebration-?- i'm feeling like drowned in the ditch by the reality.
Tapi gapapa, karena banyak waktu luang aku jadi punya banyak waktu untuk melakukan something that i couldn't do before. Salah satunya buat paper quilling ini. Alhamdulillah masih ada yang percaya pada kemampuanku yang satu ini. Hasilnya, bisa lah buat uang jajan tambahan walaupun sebenernya ga seberapa. Yaiyalah lebih enak nodong emak ke mana-mana :3
Sekali lagi, teknik paper quilling ini udah pernah aku jelasin ya. Mulai dari alat dan bahan, lalu cara membuat pola-nya walaupun ga semua aku jelasin. Kali ini aku cuma pengen memberikan inspirasi buat kalian yang pengen banget buat kado untuk temen kalian tapi bingung. Paper quilling ini bisa jadi salah satu solusinya. Modalnya ga gede pula. Cuma butuh kesabaran dan kreativitas aja.  
Untuk gambar yang pertama, so far yang paling susah dijelasin adalah bentuk bunga mawarnya. Selebihnya cuma gulung-gulung biasa yang dikombinasikan dengan gulungan berwarna lain atau sebelum digulung kertasnya digunting terlebih dahulu kaya bunga merah yang ada di pojok kanan. Untuk tulisannya, aku buat gulungan berbagai ukuran. Kalo kalian udah punya penggaris yang ada lubang lingkarannya, buatlah lingkaran seukuran nomor 2 sampai 7. Atau sesuaikanlah dengan ukuran tulisan kalian. Tapi lingkaran tadi cuma aku pakai buat isi separo huruf. Ini terserah kalian sih, kalo seandainya males buat yang lurus-lurus itu mendingan isi semuanya aja pake lingkaran kecil-kecil tadi.
Next, gambar kedua hampir mirip-mirip sih sama gambar pertama. Coba aku ramal dulu ya, kalian penasaran gak sih sama bentuk daunnya? Percaya ga percaya, itu asal muasalnya adalah bentuk lingkaran nomor sembilan (kalo di penggaris itu sih). Aku memulainya dari bagian tengah, setelah keenam lingkaran udah ketempel rapih, aku kasih kertas lagi sebagai outlinenya biar keliatan kalo maksudnya itu tuh bentuk daun yang tulang daunnya menjari. Di hasil yang ini aku ga ngisi setiap hurufnya karena lagi buru-buru.
Oh iya ini sekaligus bisa jadi tips n tricks buat kalian sih. Kalo lagi mager/males/deadline/buru-buru/etc, kalian bisa print hurufnya dengan warna-warna sesuka kalian. Buat gambaran kalo di hasil karyaku yang lain tuh aku cuma ngeprint hurufnya tanpa isian warna. Karena buat yang lain aku kebetulan lagi sempet ngisi setiap hurufnya dengan pola-pola kaya lingkaran kecil dan garis lurus tadi. Sedangkan tulisan Diana, S.Si ini udah ada warna abu-nya jadi aku ga isi dengan pola pun dia udah keliatan penuh. Do u get it? 
Well, hasil yang ketiga ini menurutku yang paling failed. U know why? Bagian hurufnya udah kaya buku tes buta warna gidu shay. Jadi hasil ini agak beda karna mau dikasihin ke temen cowok. Ga mungkin kan cyin aku kasih bunga-bunga di udara, huvd. Sebenernya ga failed banget si, tapi bagian hurufnya ini harusnya ga usah pake warna putih aja. Soalnya jadi mati gitu kan warnanya. Yah begitulah kalo ga totalitas. Niatnya irit warna item tapi malah jadi begitu. Dannn bentuk pinguinnya, percaya ga percaya lagi, aku buat dari bentuk lingkaran yang berbeda-beda ukurannya. Intinya gulung bentuk lingkaran lah. Soal hasil akhir bisa dipelajari lagi nanti.
And the last but not least, ini hasil aku yang menurutku paling cool wkwk. Coolkas bos? Tenang-tenang, tulisan ini yang buat bukan aku kok. Aku cuma ngasih hiasan di bagian atas sama bawahnya aja. Sekarang aku sedang merencanakan membuat kreasi paper quilling pake ilustrasi foto. Ketahuilah, di awal membuat setiap karya, aku tidak pernah tau bagaimana hasilnya nanti. I'm just keep going on. Yang penting rencana awal harus ada dulu. Biasanya sih hasil akhir pasti beda sama rencana awal. Ya karena banyak faktor. Buru-buru lah, bosen lah, mager lah, yang penting komitmen untuk menyelesaikan suatu pekerjaan harus ada. Kalo engga yaaa, ga akan pernah selesai. Hmm, mulai mempertanyakan kalimat-kalimat yang barusan ku ketik wkw. Yaudah, silahkan mencoba ya!

No comments:

Post a Comment