Saturday, September 17, 2016

Dilan vs Ari, Pidi Baiq vs Esti Kinasih (?)


Aku gak pernah menyangka bahwa dengan bodohnya aku telah menyia-nyiakan novel ter-hits masa kini. Dua tahun lalu, waktu aku mampir toko buku buat cari kado temen, aku gak sengaja baca sinopsis novel berjudul Dilan. Motivasi terhina sepanjang masa kala itu adalah aku yakin novel Dilan akan mengingatkanku pada kenangan masa SMA, yang, hmm jujur sampai detik ini aku mengetik tulisan, adalah masa terindah yang pernah kualami. Jangan baper, masa kuliah juga indah, tapi beda feel-nya, Sayangnya, setelah aku tersenyum manis pada kasir toko buku dan mengucapkan terima kasih, aku tak pernah sempat bahkan hanya sekedar membuka segel plastik novel itu. Sombong sekali aku hahaha
Dua tahun berlalu, entah gimana awalnya maafin ya, aku ga berniatan untuk mengingatnya lagi, mulai banyak yang membicarakan novel itu. Banyak yang share info workshop dengan Pidi Baiq –Penulis-novel-Dilan-, yang menuliskan resensi novel itu di blog pribadi apalagi, aku salah satunya –yang-ikut-ikutan-nulis-tapigaje. Ga cuma di dunia maya, di dunia nyata pun banyak temen-temen yang heboh kalo lagi bahas novel yang judulnya Dilan ini.
Waktu itu aku ga sadar kalo novel yang sedang diheboh-hebohkan banyak orang ini ternyata udah nangkring di rak buku aku sejak dua tahun yang lalu. Baru setelah aku bongkar-bongkar rak dan menemukan sesobek novel berjudul Dilan, taraaaaaa! Aku seolah-olah memasang ekspresi “Lah-ini-novel-yang-lagi-hits-itu-bukan?” EH, atau seperti ini “Ini novel punya siapa deh, nangkring-nangkring sembarangan!” entahlah aku lupa. Aku gatau kenapa aku ceritain ini, yang harus kalian tau, kalian adalah golongan orang-orang yang sabar. Kenapa? Tanpa kalian sadari, kalian sudah sabar membaca tulisan gajeku ini sampai tiga paragraf. Padahal aku yakin kalian pasti udah penasaran banget pengen tau isi novel Dilan yang sebenernya. Cie. Selamat ya :3
Apa? Enggak pengen? Udah baca novelnya? Atau udah baca resensi dari blog lain? Gak apa deh aku tetep pengen bahas novel Dilan ini apapun yang terjadi. Begini, selama membaca novel Dilan, baik part satu maupun dua –sebenernya-ada-part-3-tapi-belum-baca-, aku merasa novel ini cukup menarik, dan cukup bisa membuatku melongo sambil ngakak chantique di kamar.
Ngebayangin dideketin cowok macem Dilan bikin aku inget kisah cinta alay jaman SMA, yang baru tuntas waktu kuliah. Walaupun beda sih, ga nyambung juga wkwk tapi sama-sama terjadi ketika seragam putih abu-abu itu masih muat di badan.
Dilan itu cowok unik, baru tau ada cowok ngatain gebetannya suka makan lumba-lumba, ngirim surat ke bu RT buat pernyataan cinta, nitip cokelat ke tukang koran dan pegawai PLN biar dikasih ke cewenya, ngasih kado TTS yang udah ada isinya, DILAN U’RE SO SPECIAL! Puisi-puisinya tentang Milea itu lho, kadang bikin ngakak juga. Walaupun kata pak Pidi, si Milea malah terharu. Jadi bingung, kenapa terharu? Predikat panglima tempur geng motor pada masanya, yang tiap hari cuma bawa buku tulis satu, gak sama sekali menurunkan prestasinya. Rada aneh sih, preman tapi peringkatnya satu terus. Yaudah pak Pidi aku ga nyalahin bapak kok, ini kan, novel bapak, jadi terserah bapak mau bikin cerita ini jadi kaya apa.

Buat kalian yang belum baca, novel ini bisa jadi pedoman untuk mendekati cewek idaman kalian. Walaupun endingnya sedih gitu, Milea nikah sama orang lain dan posisinya belum move on dari si Dilan. Milea, yang sabar ya, sekarang kan udah punya suami dan anak-anak yang sayang sama kamu. Dilan sih, lupain aja, gak penting. Lah, kenapa jadi bahas ini? Lah, kenapa jadi spoiler?
Secara keseluruhan, novel ini bagus. Aku cuma butuh waktu kurang lebih empat jam buat nyelesaiin Dilan 1990. Bahasanya gampang dicerna, gaperlu mikir dua kali buat nerjemahin maksud pak Pidi dalam novel itu.
Tapi, baca novel Dilan mengingatkanku pada novel favoritku jaman SMA. Kalo kamu adalah novelova –ceritanya-penggemar-novel-, kamu pasti tau novel Jingga dan Senja, Jingga dalam Elegi karya Esti Kinasih. Ada kesamaan pada dua tipe novel ini. Antara Dilan dan Jingga, tokoh utama Dilan dan Ari sama-sama panglima tempur geng di sekolah mereka masing-masing. Seinget aku Ari juga suka tawuran.

Entah kenapa, aku merasa Esti kinasih lebih kuat dalam menggambarkan ciri-ciri fisik tokoh utamanya. Waktu baca novel Dilan, aku gak ada feeling bahwa Milea adalah gadis cantik idaman cowok-cowok. Penjelasan bahwa Milea adalah gadis cantik hanya ada di bagian awal-awal saja, selebihnya aku hanya membaca “Milea kamu cantik” “Milea cantik sekali” “Gadis cantik itu”, kata penunjuk bahwa Milea cantik bertebaran di dalam buku, tapi tidak ada penggambaran ciri-ciri fisik yang kuat seperti Esti Kinasih saat mendeskripsikan ketampanan Ari maupun kecantikan Tari.
Waktu aku baca novel JDS dan JDE, aku benar-benar merasa terlibat dalam cerita dan aku bisa membayangkan wajah Ari seperti apa. Bagaimana kerennya Ari saat menolong Tari, perlakuan-perlakuan sweet Ari yang digambarkan dengan sangat detail oleh mba Esti, membuatku heboh selama baca novel. Walaupun faktor umur mungkin juga mempengaruhi siy. Dulu kan aku masih SMA, jadi baca cerita kaya gitu berasa bagus banget karena umur aku dan tokoh dalam novel sama. Tapi sekarang, aku sudah hampir lulus kuliah, membaca kisah cinta anak SMA tak membuatku tertarik seperti dulu. Kalo dulu tiap baca cerita, dikit-dikit bilang “IIIIIIH SO SWEET!”, “MAUUUU PUNYA COWOK KAYA ARI!” sekarang cuma bisa bilang “Alah gini aja, ga romantis, ini alay, baru juga SMA, belum kuliah, ini cuma ada di novel, ga ada di dunia nyata.” AH! ARI, TARI, bagaimana kabar kalian? Udah nikah belum ya? Hahaha.

Saran aku sih, baca aja semuanya. Dilan 1990, Dilan 1991, Jingga dan Senja, Jingga dalam Elegi. Nanti kalian baru bisa membuktikan apakah penilaianku benar atau salah. Ga punya? Beli lah! Gaada duit? Yaudah pinjem aja, aku juga pinjem kok. Dari keempat novel itu, Cuma Dilan 1990 yang aku beli, lainnya pinjem hehehe. Yaudah Happy Reading yak novelova (ˆˆʃƪ)

11 comments:

  1. boleh pinjem enggak novelnya. pidi baiq emang keren sih. seniman yg cukup idealis

    ReplyDelete
  2. hmmmmm, gue nggk terlalu seneng ama novel percintaan kayak diatas, eh bener kan ?.

    gue lebih seneng ama novel yang komedi, adventure, sahabat, ama horor, karena banyak ketegangannya.

    ReplyDelete
  3. Aku sudah baca Dilan 1 dan 2. Aku suka banget yang 1. Yang kedua aku ilfil. Gatau... ilfil aja sama karakternya Dilan yang bener2 ngebosenin menurutku. Padahal di nomer 1 aku jatuh cinta.

    Btw aku belun pernah baca punya Esti. Kayanya boleh juga dibaca tuh..

    ReplyDelete
  4. Hmm ternyata novel Dilan yang kamu punya itu nganggur selama dua tahun di rak buku tanpa kamu sentuh sama sekali ya. Kasihan. Tapi setidaknya sekarang kamu sudah baca dan akhirnya jatuh cinta sama sosok Dilan.

    Novel yang berlatar belakang sma emang seru sih. Bisa ngingetin kita sama manisnya masa-masa sma. Apalagi bisa kenalan sama cowok perfect kayak Dilan di novel tersebut.

    Eh tapi kenapa kamu ceritain spoilernya dikit -_-

    ReplyDelete
  5. Ya gitu, udah lama lihat bukunya di rak. Malah cuman dilirik terus pergi. Apaan? Deketin, kek. Kenalan, peluk, terus bayar. Eh, kok kalimatnya agak itu, ya. Maksudnya dipeluk untuk dibawa ke kasir dan dibayar biar gak dianggep maling. :D

    Dilan. Dilan dan Dilan. Tokoh bandel tapi juara 1 terus. Bener, sih, tapi ya itu terserah yg nulisnya mau gimana. Kan novel dia. :D Kalo gue mah, nurut. Sekarang udah jarang baca genre novel gini. Paling soal perjalanan dan kisah dari tokoh-tokoh. Lagi ingin kembali ke masa lalu dulu.

    Soalnya, sudah terlalu banyak masa lalu yg gue lewatkan dulu.

    Btw, kisah cinta SMA gini, keknya bakal jadi baper, sih. Parah malahan. :D

    ReplyDelete
  6. Dari semua novelnya pidi baiq ga ada satupun yang aku baca.
    ternyata banyak banyak banget ya novelnya 'Dilan 1990, Dilan 1991, Jingga dan Senja, Jingga dalam Elegi'

    Btw supaya beruntun kira-kira novel yang mana dulu yang harus ane baca ya ..?

    ReplyDelete
  7. Spoiler nih, jadi mau beli kan gue hahah... keknya seru juga tuh novel, agak bosen juga beli novel yang rada-rada gitu, pengen coba novel yang sma-sma gitu hhehe.. dan keknya novel dilan ini keren.

    Udah denger sih dari twitter, tapi kok gue nemu judulnya milea bukan dilan, ini sama apa gimana??

    ReplyDelete
  8. yang buku biru tentang dilan itu gue malah belom baca. bacanya langsung ke yg warna coklat tentang milea itu. tapi denger'' juga ya seruan yg tentang milea itu sih. gue lumayan menikmati baca novel itu, tapi kalo hal itu d terapin ke zaman sekarang kayaknya nggak semudah dulu kali ya.
    dan juga, yaah... kan udah ada tuh buku ketiganya. penasaran juga, nanti si milea balikan sama dilan atau gimana. kalo balikkan, yah kayak aadc2 dong ya.
    hmm

    ReplyDelete
  9. Aku belum baca semuanyaaa ...

    Cuma kalo Dilan dengan 3 part nya sih udah sering lihat di toko buku. Mau beli uang jajan lagi dihemat hematin. Mau minjem, jarang punya teman yang doyan baca. Ada sih, tapi koleksinya metropop semua.

    ReplyDelete
  10. gue belum baca bukunay nihhh :( engga kebeli beli, gara gagar baca blog ini ,gue jadi makin ngebet en bacaaa :(

    ReplyDelete
  11. Sudah baca dilan 1 sama 2. Trs yg milea baru baca dikit ga dilanjutin lg, entah knp udh ga tertarik gitu..
    Kl aku sih prefer ke ari-tari wkwk baru baca belakangan ini jg,pas udh kuliah hahaha pdhl niatnya kuliah mau ngurang2in tuh baca teenlit. Cuman krn penasaran sm review2an orang ttg dear nathan yg katanya mirip JDS series. Jadi penasaran sama JDS. Dan di sini aku baca JDS setelah si dilan itu.
    Aku sih lebih menikmati JDS series hihi.
    Oh iyaaa buku ketiga JDs series dah keluar 😄

    ReplyDelete