Wednesday, May 20, 2015

Electrowinning? Emmm... Kata Dosen Sihhhh....

SELAMAT PAGI!
Berhubung kemaren abis kuliah elektrokimia dan dapet jatah presentasi, boleh kan ya transfer ilmu dikit. Kan katanya sampaikanlah walau satu ayat wkwkw. Emm ga gitu juga sih aku cuma takut lupa aja kemaren dosen ngomong apa jadi aku nyatetnya di sini aja lah ya. Abis kalo di catetan suka gitu, suka ilang maksudnya. Soalnya sering lupa nyimpen catetan di mana hehe. Kemaren kan udah ya aku post materi tentang electrowinning yang aku copy dari tugasku. Sekarang mau post penjelasannya, se-penangkapan aku aja sih kalo salah tangkep maapin ya :( hiks

Electrowinning itu katanya bu dosen artinya penempelan, pengendapan. Ibunya kemaren bilang "winn itu artinya penempelan" emang iya ya? Aku ga ngerti, plis jangan paksa aku :" Penempelan itu maksudnya penempelan kation dari larutan yang mau diambil logamnya ke katoda (elektroda negatif), nah kation yang menempel ke katoda ini bentuknya endapan. Makanya ibunya bilang kalo electrowinning itu penempelan sama pengendapan.
Jadi electrowinning ini dipakai untuk pengambilan suatu logam dari bijihnya. Kan Indonesia kaya banget tuh katanya, hasil tambangnya melimpah. Proses dari ngambil bijih logam sampe jadi perhiasan dan peralatan rumah tangga yang biasa kita pake itu ternyata susah, panjang, ribet, dan bikin galau yang mau mempelajari prosesnya. 
Di alam kan bijih logam masih dalam bentuk campuran, artinya kalo emas ya isinya ga cuma emas, kalo besi ya ga cuma besi, ya gitu deh pokoknya. Nah oleh karena itu kita butuh memurnikan bijihnya kan. Proses pemurniannya itu namanya electrofining. Tapi sebelum nyampe electrorefining kita harus melakukan proses electrowinning dulu buat ngambil logamnya. 
Sebenernya sih sebelum proses electrowinning ada proses pendahuluannya. Cerita singkat tentang proses pendahuluan yang aku tau itu proses leaching. Leachingnya dibaca di link itu aja ya haha jadi setelah proses leaching kita dapet larutan kompleks dari bijih yang mau kita ambil logam murninya. Kalo emas biasanya pake larutan sianida alkali, jadinya [Au(CN)2]- sedangkan kalo Cu pakenya H2SO4 nanti jadinya CuSO4. Larutan-larutan ini yang nanti jadi elektrolit pada proses electrowinning. Karena prinsipnya dengan elektrolisis, jadi katoda nantinya mengalami reduksi dan anoda mengalami oksidasi. Yang bisa dipakai untuk anoda dan katoda adalah yang sifatnya inert artinya tidak dapat bereaksi. Tujuannya biar pas proses elektrolisisnya si elektroda tidak ikut bereaksi sehingga hasilnya murni.
Kata bu dosen, penggunaan katoda sama anoda di electrowinning beda sama yang cuma elektrolisis biasa. Kalo elektrolisis boleh kok pake elektroda yang tak inert (ikut bereaksi). Tapi kalo electrowinning pakenya yang inert aja. Nah masalah katoda, anoda, sama larutan elektrolitnya udah, tinggal nyalain arus aja. Jadi potensial yang mau kita pakai itu menyesuaikan logam yang ingin kita ambil. 
Potensial yang harus kita tau di proses ini ada dua ya, potensial reduksi sama potensial kerja atau potensial dekomposisi. Potensial reduksi ini adalah potensial di mana suatu logam akan mulai mengendap, aduh istilahnya gimana ya pokoknya yang ada di buku-buku itu loh. Kalo potensial kerja itu potensial yang bener-bener kita pakai pada saat proses. Jadi misal potensial reduksi standar Cu adalah 0,67V. Nantinya yang akan kita pakai engga segitu , biasanya sih lebih. Ini ada hubungannya sama rumus V=I.R. Mungkin ini dan ini bisa membantu.
Setelah arus menyala, nanti arus akan membuat kation dari larutan mengalir ke katoda dan mengendap di sana. Kemurnian logam pada proses ini belum sampai 100%. Makanya nanti katoda pada proses electrowinning akan dipakai sebagai anoda pada proses electrorefining. Tujuannya supaya kemurniannya bisa mendekati 100% atau bahkan sampai 100%. 
Pada proses electrowinning jangan lupa atur pH sesuai larutan yang digunakan. Kalo [Au(CN)2]- tadi sih harus di atas 12,5 karena kalau pH di bawah 12,5 akan mengakibatkan korosi pada anoda. Biasanya ditambah caustic (NaOH) biar pHnya tetep tinggi.
Jadi kesimpulannya ya, kalau ingin melakukan proses electrowinning, yang perlu diperhatikan adalah potensial reduksi, potensial kerja, larutan elektrolit, sama pH larutan. Udah dulu yaaaa capek ngetiknya byeee...

5 comments:

  1. terima kasih ya 'dik buat berbagi pengetahuan kamu. khususnya elektrowinning. aku sangat terbantu.

    ReplyDelete
  2. terima kasih ya 'dik buat berbagi pengetahuan kamu. khususnya elektrowinning. aku sangat terbantu.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mas hendra jga lgi per dlm electro winning ya? Aku ikut dong mas, mslhnya aku bnr2 gak ngerti kimia.

      Delete
  3. Saya lagi proses tembaga dengan elektrowinning . Klo boleh kita kopi darat untuk sharing terimakasih

    ReplyDelete
  4. Ternyata banyak yang tertarik dengan electrowinning ya, sayangnya saya ga ambil peminatan di laboratorium itu. Jadi tidak mendalami tentang electrowinning. Hanya sekedar ikut kuliah dan dapat teorinya saja. Hehe

    ReplyDelete