Saturday, January 15, 2011

Indonesia Sebagai Kawasan Megabiodiversitas

Indonesia adalah negara kepulauan yang sangat strategis letaknya. Secara geografis, Indonesia terletak di daerah ekuator dan di antara dua samudra ( Hindia dan Pasifik ), serta dua wilayah zoogeografis ( Orientalis dan Australis ). Selain itu, Indonesia terletak pada 6LU-11LS dan 95BT-141BT yang memiliki iklim tropis dengan curah hujan tinggi.
Dengan letak astronomis dan geografisnya, Indonesia memiliki sedikitnya 42 macam ekosistem yang berbeda. Indonesia bahkan menduduki peringkat kedua setelah Brazil yang memiliki keanekaragaman hayati tertinggi dan peringkat ketiga di dunia karena memiliki hutan hujan tropis yang sangat luas. Kontribusi Indonesia mencapai 16,7% terhadap keanekaragaman hayati di dunia.
Karena keanekaragaman hayati yang dimiliki Indonesia cukup besar jumlahnya, Indonesia termasuk dalam salah satu kawasan megabiodiversitas. Kawasan megabiodiversitas adalah sebuah kawasan yang memiliki keanekaragaman hayati yang sangat tinggi. Jumlah spesies di kawasan megabiodiversitas tentunya sangat banyak, dan tidak terhitung jumlah tepatnya.
Melihat keanekaragaman hayati yang begitu tinggi, seharusnya Indonesia mampu menjadi sebuah negara maju. Akan tetapi, sampai detik ini status Indonesia Masih menjadi negara berkembang. Padahal jika dilogika, semua kekayaan yang dimiliki Indonesia dapat menjadikan negara Indonesia sebagai negara maju. Hal ini terjadi karena SDM yang dimiliki negara Indonesia kurang memadai. SDM yang kurang memadai juga dapat disebabkan oleh lemahnya sistem pendidikan di Indonesia.
Seharusnya, generasi muda saat ini benar-benar disorot agar dikemudian hari mereka dapat mengubah nasib bangsa Indonesia. Tetapi, yang saya ketahui jika saya berkaca pada diri sendiri, dan melihat orang-orang di lingkungan saya, semakin lama generasi muda saat ini justru lebih parah dari generasi-generasi sebelumnya. Generasi muda saat ini semakin acuh dengan kondisi alamnya. Padahal, jika terus dibiarkanhal yang terburuk pun mungkin akan terjadi.
Oleh karena itu, untuk mengatasi masalah-masalah di Indonesia terutama terhadap keanekaragaman hayati, pertama kali yang harus dilakukan adalah memperbaiki sistem pendidikan yang masih lemah. Sehingga akan terbentuk kader-kader bangsa yang bermutu, yang mampu mengolah kekayaan alam di Indonesia dengan baik.

1 comment: