Tuesday, April 5, 2022

Scarlett Fragrance Brightening Body Lotion (Review)

Setelah lama nulis di blog, aku baru sadar kalo sama sekali belum pernah mereview produk perawatan kulit atau skin care. Padahal sebetulnya aku juga tipe cewek yang suka coba-coba produk perawatan kulit. Nah kali ini aku mau review perawatan kulit khususnya perawatan tubuh atau body care dari Scarlett.

Produk body care Scarlett yang baru aku pake selama dua minggu-an ini ada tiga jenis, dan ketiganya punya fungsi yang saling mendukung. Apa aja sih produknya?

  1. Fragrance Brightening Body Lotion
  2. Brightening Shower Scrub
  3. Body Scrub

Setahu aku, Fragrance Brightening Body Lotion dari Scarlett ini punya lima (5) varian yang berbeda, yaitu Jolly, Charming, Freshy, Romansa, dan Fantasia. Sementara untuk Brightening Shower Scrubnya, tersedia sampai tujuh (7) varian, yaitu Jolly, Charming, Freshy, Cucumber, Mango, Coffee, dan Pomegranate. Yang terakhir untuk Body Scrubnya, tersedia sampai tiga (3) varian, yaitu Romansa, Coffee, dan Pomegranate.

Kebetulan dari ketiga jenis produk tersebut, masing-masingnya aku cuma coba salah satu varian aja. Untuk Fragrance Brightening Body Lotion dan Brightening Shower Scrub, aku cuma coba varian Freshy-nya. Sedangkan untuk Body scrubnya aku coba varian Romansa.

Body Care Scarlett

Baik varian Freshy maupun Romansa, keduanya diakui banyak orang punya aroma yang enak banget. Karena baru pakai produk ini sebentar, jadi memang aku belum benar-benar merasakan perbedaan signifikan dari sisi “Brightening”-nya. Ini hal yang wajar banget sih. Justru malah produk yang klaim bisa membuat kulit secara langsung menjadi jauh lebih cerah itu patut dicurigai. Hal ini karena produk tersebut kemungkinan mengandung bahan-bahan berbahaya.

Bagi kamu yang ngikutin media sosialnya dr. Listya Paramitha Sp.KK., pasti sering lihat beliau share kasus penggunaan pemutih kulit yang ternyata mengandung steroid, hidrokuinon, atau bahkan merkuri. Beliau sampai share gimana produk pemutih kulit tersebut bisa menyebabkan munculnya banyak sekali stretch mark di kulit penggunanya.

Nah balik lagi ke body care dari Scarlett, dari segi keamanan produknya, kamu nggak usah khawatir berlebihan.  Ketiga produk yang aku sebutkan di atas itu sudah mendapat izin dari BPOM bahkan sudah ada label halal nya dari MUI.

Sebelum pakai skin care, biasanya aku juga cek review produk tersebut di beberapa website, blog, youtube, atau bahkan di e-commercenya. Rata-rata produk body care dari Scarlett ini mendapat penilaian 4 sampai dengan 5, dari total poin 5. Jumlah yang vote atau memberikan ulasan juga beragam, ada yang kurang dari 10, tapi ada juga yang ratusan bahkan sampai ribuan, tergantung di mana kita lihatnya.

Dari ketiga produk perawatan tubuh ini, jujur yang paling sering aku pakai adalah lotionnya. Karena emang produk perawatan tubuh yang nggak pernah absen aku pakai yaa cuma lotion ini. Jadi aku bakal review detail lotion dari Scarlett di sini.

Body Care Scarlett

Kalau boleh jujur, aku ini bisa pakai body scrub dua minggu sekali aja udah Alhamdulillah banget. Pakai body scrub tuh butuh effort lebih nggak sih? Ehehehe. Soalnya harus gosok-gosok dulu sama nunggu beberapa menit. Tapi nggak ding, emang banyak alasan aja ini yang buat review T.T

Nah, terus shower scrubnya gimana? Nggak pernah mandi ya? ~(˘˘~) (~˘˘)~

Nganu… bukan nggak pernah mandi sih, tapi biasanya kalau pakai shower scrub emang butuh waktu lebih lama juga. Jadi takut aja kalo makin telat berangkat kerja gara-gara kelamaan mandi. Apakah kamu seperti ini, teman?

Baiklah daripada kepanjangan, langsung aja ini reviewnya yaa...


*****

Nama Produk:

Fragrance Brightening Body Lotion

Varian:

Freshy

Harga:

Rp 75.000 (Scarlett Whitening Official Shop)

Fragrance Brightening Body Lotion Freshy

Kemasan:

Fragrance Brightening Body Lotion varian Freshy ini sama seperti varian yang lain, dikemas dalam botol berbahan PET (Polietilen Tereftalat) yang kuat dan terdapat pump di bagian atas atau ujungnya. Tenang aja, kemasan PET ini dapat didaur ulang dan telah diakui aman bahkan untuk kemasan produk makanan. Ukuran botol yang tersedia adalah 300 mL aja, setahu aku baru ada ukuran ini sih.

Kalau boleh kubilang, tutup lotion ini punya double safety pump loh. Ini karena di bagian leher pump lotion ini ada sistem lock-unlocknya yaa. Jadi nggak perlu khawatir lotionnya bakal keluar semua kalau dimasukin ke tas. Bahkan kalau lock nya dibuka, lotionnya masih belum bisa langsung dipakai karena pump harus diputar dulu. Berarti kalau lock nya ilang, tutup pump lotion ini juga masih aman di bawa ke mana-mana.

Di bagian bawah botol lotion, terdapat kode jenis kemasan dan ada tulisan “BAS” yang dicetak timbul. Katanya sih tulisan “BAS” ini juga dapat dijadikan indikator keaslian produk Scarlett.

Karena udah mulai bahas keaslian produk Scarlett, di kemasan botol lotion ini juga terdapat tulisan Scarlett yang dicetak timbul dan huruf kapital semua. Nggak lupa, ada sticker hologram yang berisi kode dan nomor serial produk tersebut. Oh yaa, kamu bisa cek keaslian produknya di website ini: https://verify.scarlettwhitening.com/. Katanya sih kalau dilepas, bekas sticker ini akan berbentuk seperti sarang lebah.

Semua keterangan produk sudah tertulis di kemasan lotion, mulai dari nama produk, nama varian, tujuan pembuatan lotion yang tertulis untuk mencerahkan dan melembabkan kulit, komposisi atau bahan, cara pakai, kode produksi, tanggal kadaluarsa, logo halal, logo yang menunjukkan produk tersebut tidak dites pada hewan.

Kalau udah bahas logo “Not tested on animal” ini, so many story behind. Sekarang teknologi udah canggih, kalau dulu untuk memastikan keamanan produk ini perlu uji in vivo ke hewan, sekarang ujinya sudah banyak yang dikurangi bahkan diganti secara in vitro menggunakan kulit tiruan berbahan sel keratinosit asli yang dikultur dari laboratorium. 

 

Komposisi:

Bahan yang tertulis pada kemasan lotion ini mulai dari Aqua Demineralisata, Mineral Oil, Cetearyl Alcohol, Fragrance (Parfum) Components and Finished Fragrances, Stryrene/ Acrylates Copolymer, Glycerin, Cetyl Alcohol, Propanediol, Titanium Dioxide, DMDM Hydantoin, Triisopropanolamine, Niacinamide, Tocopheryl Acetate, Glutathione, Kojic Acid, sampai Cl 15985 dan Cl 16255.

Kalau dari kemasannya, sangat terlihat bahwa bahan yang diunggulkan dalam produk ini adalah Glutathione dan Vitamin E. FYI, glutathione ini disebut juga sebagai “Mother of All Antioxidant”. Manfaatnya emang banyak banget buat manusia. Yap, soalnya tubuh manusia sebetulnya secara alami memang mensintesis glutathione (biasanya disebut GSH).

Nah kalau untuk kulit sendiri, Glutathione dapat melembabkan, meningkatkan elastisitas kulit, mencegah pembentukan radikal bebas yang bisa mengarah ke kanker, dan juga memiliki efek antimelanogenesis. Antimelanogenesis gampangnya sih mampu menghambat pembentukan pigmen melanin yang memberikan warna kulit.

Sementara itu bagi kamu yang bingung vitamin E kok nggak ada di keterangan bahan ya? Vitamin E memang kadang ditulis juga sebagai Tocopheryl Acetate. Biasanya ada juga yang menuliskan dengan nama Tocopherol. Aslinya sih, vitamin E banyak bentuknya, tapi Tocopheryl Acetate ini yang cukup sering digunakan pada produk perawatan kulit.

Untuk fungsinya, vitamin E ini juga nggak kalah banyak loh, mulai dari melembabkan kulit, memperlambat penuaan, anti radang, mengurangi hiperpigmentasi, dan lain-lain. Jadi nggak hanya Glutathione aja yaa yang memberikan efek brightening dalam produk ini.

Sebetulnya kalau dibahas lebih lanjut lagi, dalam lotion ini juga terdapat Niacinamide dan Kojic Acid yang juga ternyata punya fungsi mengurangi hiperpigmentasi. Bahan-bahan tersebut mengurangi hiperpigmentasi dengan beberapa cara. Untuk Niacinamide, mekanismenya adalah dengan menghambat transfer melanosome dari melanosit ke keratinosit. Sementara untuk Kojic Acid sendiri, mekanismenya adalah dengan menghambat aktivitas tirosinase dalam sintesis melanin.

Dalam beberapa review ada yang menyebutkan kekurangan produk ini adalah nggak ada SPF nya. Padahal kalau dilihat lagi, dalam lotion ini sudah terdapat Titanium Dioksida yang sering juga digunakan sebagai bahan untuk membuat sun screen. Sayangnya memang penelitian tentang nilai SPF Titanium Dioksida ini masih sedikit. Ada satu jurnal yang aku baca menjelaskan bahwa nilai SPF dari Titanium Dioksida sudah memenuhi standar FDA (Food Drug Association).

Meskipun tergolong rendah tapi untuk digunakan kegiatan sehari-hari, lotion ini menurut aku sudah cukup melindungi kita dari sinar matahari. Kecuali memang kita mau liburan ke pantai, atau ke daerah gurun pasir, sepertinya memang butuh sun screen dengan SPF tinggi. CMIIW.

 

Tekstur, Warna, dan Aroma:

Dari segi tekstur, Fragrance Brightening Body Lotion varian Freshy ini emang creamy banget. Nah untuk warna, lotion ini terlihat berwarna kuning pudar. Sementara aromanya, udah banyak banget yang bilang lotion ini berbau mirip parfum Jo Malone English Pear & Freesia. Tapi menurutku kok sama juga yaa dengan parfum British Pear Lychee Freesia Peony.

Tekstur dan Warna Body Lotion

Cara Penggunaan:

Sama seperti lotion lain, cara pakai lotion Scarlett ini juga cukup diusapkan ke kulit. Memang kesan pertama seperti susah buat nge-blend. Tapi ternyata enggak kok. Nah kalau bisa, gunakan lotion ini setiap hari di waktu pagi dan malam. Jangan lupa simpan lotion ini pada suhu ruangan juga yaa.


Cara Pemakaian Lotion

Kesan Selama Pemakaian:

Seperti yang sudah kujelaskan di awal, karena aku baru banget pakai lotion ini, efek yang paling kerasa di aku adalah melembabkan kulit. Kadang aku merasa ada efek tone up saat pemakaian, tapi terkadang juga enggak. Mungkin tergantung jumlah pemakaian, atau pencahayaan saat itu yang sebetulnya aku masih pengen eksplor lagi soal ini.

Oh yaaa satu lagi, yaitu efek parfumnya yang menurut aku oke banget. Kamu nggak perlu pakai parfum lagi kalau udah pakai lotion ini ke seluruh tubuh. Wanginya juga awet. Nggak salah memang kalau namanya Fragrance Brightening Body Lotion.

Nah untuk efek brighteningnya, IMHO, memang belum signifikan. Tapi ini adalah hal yang wajar. Hal yang baik kan memang nggak instan bukan? Apalagi aku nggak rajin pakai shower scrub dan body scrubnya. Jadi saran aku kalau kamu bisa rajin pakai lotion, shower scrub, dan body scrubnya. Kemungkinan hasilnya bakal berbeda.

Terus, pernah dengar pola makan dan olah raga juga dapat menyehatkan kulit nggak? Aku sering banget lihat banyak orang yang awet muda, kulitnya putih bersih glowing sehat, selain karena perawatan, pasti juga karena olah raga dan menjaga pola makannya. Hmmm… bisa diambil kesimpulan sendiri kan ya…

Pakai lotion, shower scrub, dan body lotion memang salah satu usaha, tapi semuanya memang nggak instan dan harus dibarengi sama kebiasaan yang baik. Dan membiasakan hal yang baik itu susah banget kan. Jadi kalau ada yang menuntut hasil bagus dalam waktu singkat tapi nggak ada usaha lain rasanya pengen nampol aja nih ehehehe

Pada dasarnya prinsip perawatan kulit juga cocok-cocokan. Kalau ada yang bilang skin care tersebut cocok untuk dirinya, belum tentu cocok untuk orang lain. Sebaliknya, kalau ada yang bilang nggak cocok untuk dirinya, belum tentu nggak cocok untuk orang lain.

Terakhir kesimpulannya, seperti kebanyakan orang yang sudah memberikan rekomendasi, aku juga mau merekomendasikan produk lotion yang sudah aku review ini. Kenapa? Karena walaupun aku belum bisa benar-benar membuktikan semua efeknya, tapi dari bahan-bahan yang digunakan aku percaya lotion ini akan memberikan efek yang bagus. Semua info tentang fungsi bahan lotion bisa dicek di jurnal-jurnal ilmiah yaa teman.

Bagi yang mau beli, pasti udah tau kan belinya di mana? Saran aku sih mending di official store aja untuk menghindari pembelian barang palsu. Semoga review ini membantu yaaa 😊

Referensi

20 comments:

  1. Oh berarti skincare juga cocok cocokan ya mbak, tapi sepertinya Scarlett ini cocok untuk kulit mbak Sari ya.😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa bener cocok2an sih... ada yg cocok ada yg biasa aja di kulit saya hehe

      Delete
  2. Bodycarenya scarlett emang juara sih, aromanya juara, effect whiteningnya juga juara, mana harga ramah di kantong pula. Aku suka banget ama scrubnya

    ReplyDelete
  3. Thankyou kak reviewnya jelas banget... Lg bimbang nih mau varian mana. Oksemuaaa

    ReplyDelete
  4. Aku suka aku suka.. thank inponya kakak... bermanfaat banget,

    ReplyDelete
  5. Interesting post :)
    Have a good time :)

    ReplyDelete
  6. Dulu pas awal2 muncul, aku borong semua varian produk Scarlett body care ini, saking mau tau mana wangi yg paling aku suka. Ternyata enak semua 🤣🤣. Tapi setelah dicoba, akhirnya mutusin aku lebih suka sabun dan scrub nya. Kalo lotion bukannya ga suka, tapi efek melembabkan nya masih kurang di kulit ku yg memang kering banget. Cuma wanginya oke sih...

    Sampe skr yg msh rutin aku pake scrub. Iya sih scrub effort kalo mau pake. Aku sendiri pake scrub hanya saat weekend. Sedang mau leyeh2. Ga akan mungkin dipake kalo sedang buru2 😄.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iyaaa scrubnya oke emang mbaaa. Aku malah pas awal2 munculnya underestimate sama Scarlett 😂

      Delete
  7. Aku pernah make body care yang romansa mba..he eh, enak banget wanginya Scarlett ini. Sampe aku ingat komentar suamiku.. "pake pengharum ruangan po?" Padahal krn barusan aku make handbody doang...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwkw dibilang pengharum ruangan dongg. Wanginya enak emang yg romansa...😅

      Delete
  8. Nah, bagus nih. Mulai dapat orderan dari scarlete kayaknya. Bagi2 honornya ya. He he ....

    ReplyDelete
  9. Saya juga sering coba-coba body lotion, sering penasaran dengan tekstur dan aromanya. Scarlet sepertinya memiliki berbagai aroma yang mesti dicoba nih... Juga penasaran dengan body scrubnya..

    ReplyDelete